Loading...

Tips Pengobatan Mata Berair Dan Belekan Pada Bayi

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Keluarga, Kesehatan

perawatan mata bayi

TERUSKAN.COM – Mata berair dan belekan sekarang ini menjadi satu dari sekian masalah yang sering terjadi pada bayi. Hal ini tentu banyak mengkhawatirkan para orang tua yang merasa tersiksa jika melihat anak mereka berada pada kondisi yang kurang menyenangkan.

Masalah kesehatan seperti ini disebut juga dengan epifora, dimana mata terus berair karena penyumbatan pada saluran lakrimal. Sekarang ini, banyak bayi yang mengalami epifora, mata mereka berair dan menjadi lengket akibat belekan.

Loading...

Namun pada bayi, mata berair dan belekan bisa Anda atasi tanpa perlu pengobatan tertentu, khususnya bagi anak yang belum genap berusia satu tahun. Karena hal ini biasanya diakibatkan oleh saluran air mata yang belum sepenuhnya sempurna.

Penelitian menunjukkan bahwa 1 dari 5 bayi yang dilahirkan bisa mengalami masalah ini, dan mempengaruhi satu atau kedua mata mereka. Keadaan ini biasanya tidak begitu serius, terutama bila bola mata bayi Anda tetap sehat dan putih. Anda mungkin hanya harus membersihkan belek pada mata bayi Anda setiap beberapa menit.

Pengobatan

Apabila masalah ini menyerang bayi Anda, baiknya Anda menunggu terlebih dahulu sampai saluran air mata bayi Anda selesai berkembang. Hal ini dapat terjadi dalam beberapa minggu, tetapi bisa memakan waktu beberapa bulan pada beberapa bayi.

Jika mata bayi terus lengket akibat belek, sekalah matanya dengan menggunakan kapas basah, ambil kapas lalu basahi dengan air steril (air dingin yang telah direbus). Sapukan kapas sambil memberikan pijatan halus pada saluran air mata setiap beberapa jam, cukup gunakan tekanan yang lembut pada bagian luar hidung.

Namun ingat untuk membersihkan tangan Anda terlebih dahulu sebelum melakukan pemijatan. Ini dapat membantu untuk membersihkan penyumbatan apapun dan dapat membantu saluran air mata bayi untuk berkembang lebih cepat.

Jika ternyata saluran air mata bayi Anda masih mengalami penyumbatan selama lebih dari 12 bulan, itu berarti bahwa Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter Anda atau merujuk pengobatan bayi Anda ke spesialis mata.

Ketika Anda mendapati bayi terlalu sering menggosok mata mereka dan tampak kesakitan, atau saat bayi merasa tidak mampu membuka mata jika terdapat cahaya, itu bisa berarti bahwa bayi Anda mengalami konjungtivitis.

Spesialis dapat melakukan prosedur dimana terdapat instrumen yang sangat tipis yang kemudian dimasukkan ke dalam saluran air mata untuk membantu penyembuhannya. Bicaralah dengan dokter Anda jika kondisi mata bayi sangat buruk, karena hal ini akan menyulitkan bayi Anda.

Hal yang harus diperhatikan

Anda mungkin akan mendapati bola mata bayi Anda tampak sedikit merah karena peradangan ringan, ini biasanya tidak akan memerlukan perawatan khusus, namun tetap butuh pembersihan sesering mungkin.

Kadang-kadang mata lengket dapat berkembang menjadi konjungtivitis (infeksi mata). Mata dapat terlihat meradang dan merah yang kemudian membuat bayi Anda merasa gatal dan berusaha menggosok mata mereka.

Konjungtivitis biasanya tidak begitu serius, tapi sangat menular dan perlu perawatan dari dokter. Tetes mata antibiotik bisa diresepkan untuk membantu konjungtivitis.

Dan sekali lagi, perlu Anda ingat untuk mencuci tangan sebelum dan setelah menerapkan obat tetes mata, pastikan pula bahwa Anda menggunakan handuk yang berbeda untuk bayi Anda guna menghindari penyebaran infeksi.