Loading...

7 Tips Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Saat Musim Hujan

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

Musim Hujan

TERUSKAN.COM – Sekarang ini musim penghujan sudah mulai menampakkan diri, dan flu menjadi salah satu hal yang harus Anda antisipasi.

Cuaca yang dingin tentu menjadi peringatan yang memberi kesadaran bahwa Anda perlu mulai mencari dan melakukan tips-tips yang berguna tentang cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Karena suka atau tidak, Anda tidak memiliki kemampuan untuk menghindari pergantian musim ini.

Loading...

Maka dari itu, Anda harus menghindari flu dan gejala lain yang sering terjadi saat musim hujan, dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti cara berikut:

1. Makanan yang baik

Makan dengan baik adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada musim hujan. Pilihlah makanan alami yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Seluruh makanan sehat ini akan membantu menyehatkan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Pastikan Anda menghindari makanan serta minuman olahan, karena dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Pada musim huan ini, usahakan untuk mengonsumsi sup hangat setiap hari.

2. Air

Hanya karena musim panas sudah berakhir, tidak berarti Anda tidak perlu lagi minum banyak air. Di musim hujan, sangat penting untuk tetap terhidrasi agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Mungkin, Anda sudah tahu bahwa air memainkan peran penting dalam membawa sel darah putih di seluruh tubuh Anda.

Jadi, pastikan Anda minum cukup air setiap hari. Jika Anda tidak dapat minum air jernih, Anda dapat menambahkan irisan lemon atau jeruk nipis ke dalam air Anda untuk meningkatkan rasa dan manfaat kesehatan.

3. Vitamin C

Ya, vitamin C juga mampu memberi peran dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Cara terbaik untuk mendapatkan vitamin C setiap hari adalah dengan mengonsumsi buah-buahan segar serta berbagai sayuran. Pilihlah kiwi, jeruk, berry, dan sayuran hijau untuk dimasukkan dalam menu harian Anda.

4. Berolahraga

Olahraga tentu saja juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Kebanyakan orang merasa terlalu sibuk dan mengaku tidak punya waktu untuk berolahraga walaupun hanya untuk beberapa menit, padahal sebenarnya cukup dengan berolahraga selama 30 menit setiap harinya, Anda dapat terhindar dari flu dan gejala penyakit lainnya.

5. Tidur Yang Cukup

Tidur merupakan faktor penting untuk mendapatkan hidup sehat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dalam dunia yang serba cepat sekarang ini, orang-orang seringkali terjebak dengan kesibukan masing-masing dan sulit untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Padahal, bila Anda merasa terlalu lelah, kekebalan tubuh Anda akan menurun sehingga lebih rentan terhadap penyakit. Ingat, tubuh Anda membutuhkan waktu istirahat setiap malam untuk meremajakan kembali kulit dan mengembalikan stamina Anda.

6. Vitamin D

Karena pada saat musim hujan, sinar matahari akan menjadi langka di beberapa wilayah, maka dari itu Anda akan sulit untuk menyerap vitamin D alami dari sinar matahari.

Jadi sangat penting memenuhi asupan vitamin D dengan mengonsumsi makanan seperti salmon, almond, susu kedelai, telur, dan tahu. Luangkan waktu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda guna mengetahui jumlah vitamin D yang tepat untuk tubuh Anda.

7. Tetap Positif

Hal ini mungkin terdengar sulit dipercaya, tapi pikiran yang positif benar-benar menjadi salah satu faktor yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sikap serta pikiran positif dapat membantu menjaga tubuh agar terhindar dari pilek dan flu.

Stres dan pikiran yang negatif memiliki pengaruh besar pada fungsi sistem kekebalan tubuh Anda. Itu sebabnya, penting untuk menumbuhkan sikap positif setiap hari, terlepas dari musim apa pun itu. Sebuah sikap yang sehat akan mempromosikan kebiasaan gaya hidup sehat.

Ingatlah bahwa sistem kekebalan tubuh yang kuat adalah kunci untuk memiliki kesehatan yang lebih baik dan hidup lebih lama. Jadi waspadalah selalu dan ikuti tips di atas khususnya saat musim hujan seperti sekarang ini.