Loading...

6 Tips dan Trik Dekorasi Pernikahan Murah

Penulis: Yuanita Rubrik: Wedding

Trik Dekorasi Pernikahan Murah

TERUSKAN.COM – Setiap orang ingin agar pernikahannya berkesan. Acara yang diharapkan bisa berlangsung sekali seumur hidup ini kemudian dikemas begitu istimewa dengan dekorasi yang tertata apik.

Tapi, kendalanya tentu ada pada dana yang terbatas. Pos dana terbesar pernikahan adalah pada dekorasi dan katering. Pelaminan, bunga hias, sewa tempat, sewa meja-kursi, tentu semua itu mahal harganya. Tapi, Anda masih bisa menyiasatinya.

Loading...

Ini dia tips dan trik dekorasi pernikahan murah.

1. Resepsi pernikahan di rumah

Untuk sewa tempat saja bisa menghabiskan dana puluhan juta rupiah. Itu belum termasuk sewa alat-alat seperti kursi pengantin, pangung, dan sound system. Jadi, akan lebih baik jika mengadakan pesta pernikahan di rumah saja. Jika sekiranya area rumah atau halaman tidak mencukupi, bisa menggunakan jalan sekitar.

Jangan lupa untuk mengurus izinnya ke perangkat (RT/RW) setempat. Tidak perlu merasa gengsi. Justru dengan begini tetangga sekitar akan lebih mudah menghadiri pernikahan Anda.

2. Dekorasi pernikahan tema pesta kebun

Punya halaman rumah yang cukup luas? Sebaiknya ini dimanfaatkan untuk konsep resepsi pesta kebun. Dengan konsep pernikahan pesta kebun, Anda tidak perlu lagi menyewa gedung ataupun tenda. Konsep pernikahan pesta kebun memang sebaiknya diadakan di musim panas, sehingga tidak ada resiko terkena hujan. Tapi, dalam dekorasi pernikahan ini, Anda harus pandai mendekorasi halaman rumah.

Untuk membuatnya berkesan, perlu ada pergola, untaian bunga, hiasan tanaman di setiap meja, lalu dipercantik dengan garland (tali dengan untaian bunga atau kertas atau apapun yang indah) yang dihubungkan antara pohon satu ke pohon lainnya.

3. Wedding organizer ala pertemanan

Menggunakan jasa wedding organizer tentu dibutuhkan banyak dana. Untuk ini, tidak jarang kedua mempelai harus berhutang terlebih dahulu, atau meminta bantuan dana dari orang tua. Daripada menggunakan jasa wedding organizer, Anda sebenarnya bisa membuat acara pernikahan sendiri.

Dengan bantuan beberapa orang teman, Anda bisa mengatur seperti apa dekorasi pernikahan yang diinginkan. Cara ini akan membuat Anda lebih mudah berkoordinasi, lebih mudah mengarahkan acara sesuai keinginan, dan tentunya dengan dana yang hemat.

4. Memaksimalkan konsep yang unik

Ada banyak konsep unik untuk dekorasi pernikahan, bisa dibuat sesuai minat Anda. Anda yang penggila mainan robot bisa membuat dekorasi penuh dengan pernak-pernik bertema robot. Anda yang pecinta kaktus bisa mendekorasi pernikahan dengan replika kaktus raksasa dan meletakkan kaktus di setiap meja tamu.

Anda yang pecinta kerajinan daur ulang, bisa menggunakan aneka barang bekas untuk disulap menjadi barang unik dengan seni kriya atau seni instalasi. Konsep-konsep ini tidak membutuhkan biaya yang mahal, jika bisa memaksimalkan barang yang sudah ada atau barang yang mudah diperoleh.

5. Memilih waktu pernikahan selain malam hari

Jika Anda menikah di pagi—sore hari, maka Anda tidak perlu menyewa terlalu banyak lighting. Lighting terbukti menghabiskan banyak dana untuk sewa lampu maupun generatornya. Lebih baik menikah di saat ada cahaya matahari, dengan tambahan lampu secukupnya.

6. Kemewahan dekorasi pernikahan

Banyak orang menilai bahwa semakin dekorasinya mewah, maka pernikahan itu akan semakin berkesan. Rasanya gengsi jika tidak membuat dekorasi dengan tenda yang mewah, bunga-bunga segar, meja-kursi yang bagus, dan sebagainya. Padahal, berkesannya sebuah pernikahan itu terletak pada restu dan kebahagiaan.

Tidak masalah Anda menggunakan tenda yang biasa saja, asalkan acara berlangsung dengan khusyuk. Pakailah dekorasi yang sederhana, yang penting para hadirin merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan.

**
Bagaimana? Apakah sudah mendapat ide untuk dekorasi pernikahan Anda? Semoga tips dekorasi pernikahan murah ini bisa bermanfaat.