Loading...

Kiat Mudah Agar Anak Rajin Menggosok Gigi

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Keluarga, Kesehatan

Agar Anak Rajin Menggosok Gigi

TERUSKAN.COM – Salah satu kendala yang sering ditemui orang tua adalah menghadapi anaknya yang tidak mau menggosok gigi. Ini bisa disebabkan karna rasa malas ataupun karena tidak paham tentang bagaimana pentingnya membersihkan gigi. Jikapun mau, anak biasanya terburu-buru dan asal cepat selesai dalam menggosok giginya.

Padahal, gigi anak sangat rentan terhadap jenis penyakit gigi seperti keropos, karies ataupun berlubang karena sisa makanan tidak dibersihkan dan dibiarkan begitu saja. Kondisi ini akan menjadi sarang empuk bagi kuman dan bakteri untuk berkembang.

Loading...

Jika Anda putus asa untuk mengajaknya mau menggosok gigi, maka ia bisa saja mengalami masalah-masalah tersebut. Oleh karena itu, kita perlu mencari siasat agar anak mau menggosok giginya dengan senang dan tidak dengan jalan dipaksa.

Katakan Bagaimana Pentingnya Menggosok Gigi

Poin pertama yang perlu Anda lakukan agar anak mau menggosok gigi adalah dengan mengatakan bagaimana pentingnya menggosok gigi bagi kesehatannya. Ceritakan pula apa dampak buruk yang terjadi jika ia tidak mau menggosok gigi.

Anda bisa memberikan contoh seperti gambar gigi yang rusak karena tidak pernah dibersihkan. Biasanya anak akan langsung mengerti dan takut giginya terlihat seperti itu, sehingga ia akan mulai menggosok giginya. Selain itu, ajarkan pula kepadanya bagaimana cara menggosok gigi yang baik dan benar.

Berikan Sikat Gigi Lucu

Anak biasanya suka dengan segala hal yang lucu dan menarik, dan termasuk juga dalam hal sikat gigi. Karena itu, agar anak rajin menggosok gigi, maka berikan ia sikat gigi dengan gambar yang lucu dan menarik seperti gambar kartun yang ia sukai.

Atau ajak dia untuk membeli dan memilih sikat giginya sendiri yang ia sukai. Ini akan membuatnya semakin bersemangat untuk menggosok gigi.

Menggosok Gigi Bersama

Anak biasanya juga akan bertambah semangat jika Anda ikut menggosok gigi dengan mereka. Ajak mereka menggosok gigi bersama dan saling bercanda agar Anak merasa bahwa menggosok gigi itu menyenangkan. Selain itu, menggosok gigi bersama berarti Anda berusaha menjadi contoh yang baik, karena anak memiliki kecendrungan untuk meniru apa yang dilakukan orang tuanya.

Hanya saja, jika anak terbiasa menggosok gigi bersama, maka ia tidak akan mau menggosok gigi jika sendiri. Jika Anda punya waktu, tidak ada salahnya jika menggosok gigi bersama anak agar Anda juga terbiasa untuk membersihkan gigi.

Paling tidak sampai ia benar-benar sudah membiasakan diri untuk menggosok gigi dan beranjak remaja. Biasanya, anak remaja sudah mau menggosok giginya sendiri tanpa didampingi orang tua.

Berikan Hadiah dan Kejutan

Sebagai permulaan untuk memupuk kebiasaan anak menggosok gigi, Anda bisa memberinya hadiah. Anak biasanya sangat senang dengan hadiah meskipun hadiah yang Anda berikan adalah hadiah yang kecil. Hadiah yang bisa Anda berikan seperti misalnya mainan yang dia sukai ataupun jenis hadiah lainnya.

Selain hadiah berupa barang, Anda juga bisa memberikan hadiah seperti pergi kesuatu tempat atau melakukan kegiataan bersama-sama. Ini tidak hanya agar anak rajin menggosok gigi tetapi agar kebersamaan dan komunikasi antara Anda dan anak bisa berjalan dengan baik.

**

Nah, itulah beberapa kiat jitu agar anak mau dan rajin menggosok giginya. Dengan diajarkan kebiasaan yang baik sejak dini, maka anak akan terus membawa kebiasaan sehat itu sampai ia remaja dan dewasa. Ia akan mendapatkan gigi cantik dan sehat yang didambakan semua orang. Semoga artikel ini bermanfaat.