Loading...

5 Masker Rambut Alami Untuk Kepala Berketombe

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kecantikan

Masker Rambut Alami

TERUSKAN.COM – Ketombe bisa menjadi mimpi buruk bagi siapa saja. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada rambut dan kulit kepala, serta pemicu utama terjadinya rambut rontok. Jika ketombe menjadi salah satu masalah terbesar Anda, jangan membiarkannya begitu saja tanpa melakukan pengobatan apa pun.

Saat Anda mendapati ketombe, lakukan perawatan sesegera mungkin. Untungnya, saat ini ketombe dapat dikontrol dan diobati secara alami.

Loading...

Selain penyiksaan emosional, ketombe akan menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit kepala. Beberapa orang dengan ketombe yang parah mungkin akan memiliki masalah sosial atau harga diri.

Namun, mulai sekarang Anda tidak perlu terlalu khawatir, sebab sebagian besar masalah ketombe dapat diobati di rumah dengan menggunakan obat-obatan alami.

Anda dapat membuat masker rambut untuk mengusir ketombe. Masker rambut alami adalah jalan keluar yang mudah untuk mengatasi masalah ketombe. Tidak hanya dapat menghapus ketombe tetapi juga mempercepat pertumbuhan rambut, membuat rambut Anda terasa lembut dan tampak lebih berkilau.

Berikut adalah beberapa masker rambut alami yang mudah dibuat untuk mengusir ketombe:

Masker kelapa dan minyak zaitun

Minyak kelapa adalah agen anti-jamur yang sangat baik, efektif menghilangkan ketombe dan melembabkan kulit kepala yang kering. Masker rambut alami ini juga baik untuk digunakan pada segala jenis rambut khususnya rambut kering dan keriting.

Cara pembuatannya, yaitu campurkan minyak kelapa dengan minyak zaitun dan terapkan secara lembut dari akar hingga ke ujung rambut Anda. Diamkan selama lebih dari satu jam, setelah itu bungkus rambut Anda dengan topi mandi. Kemudian bilas kepala dengan sampo herbal ringan serta kondisioner.

Masker madu, yogurt dan lemon

Masker rambut alami untuk ketombe ini dapat melakukan keajaiban dalam mencegah serta mengobati kulit kepala berketombe. Beberapa tetes madu atau minyak almond dengan tambahan jus lemon akan menjadi kombinasi yang sempurna.

Cara pembuatannya, yaitu campur setengah cangkir yogurt dengan satu sendok makan jus lemon beserta madu ke dalam wadah mangkuk. Aduk hingga merata lalu terapkan pada rambut. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat, kemudian terapkan sampo herbal untuk menyingkirkan bau yogurt.

Masker telur

Telur, dengan kandungan protein yang tinggi, merupakan salah satu bahan alami yang mampu menuntas habis ketombe di kulit kepala Anda. Selain menyingkirkan ketombe, telur juga memiliki khasiat untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Cara pembuatannya, yaitu ambillah putih telur dan campurkan dengan minyak zaitun. Kocok hingga merata sampai campuran berbentuk pasta. Terapkan pada seluruh kulit kepala, dan diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air dingin dan sampo ringan.

Masker bunga kembang sepatu

Kembang sepatu merupakan agen anti-ketombe yang sangat baik. Bunga ini juga dapat memberikan volume untuk rambut Anda sehingga terlihat lebih sehat dan berkilau.

Cara pembuatannya, yaitu Siapkan bunga kembang sepatu secukupnya, lalu rebus bunga dan daun ke dalam air dan tunggu hingga air menjadi dingin dengan sendirinya. Haluskan bunga dan daun dengan campuran dari air tersebut hingga menjadi pasta, tambahkan pula sedikit minyak hangat.

Terapkan pasta yang telah halus pada kulit kepala Anda, lakukan hal ini sambil memberi pijatan lembut selama 45 menit. Bilas dengan air. Selain menghilangkan ketombe, perawatan ini juga dapat membuat rambut Anda jadi lebih lembut dan halus.

Masker gandum

Masker gandum merupakan salah satu masker terbaik bagi Anda yang memiliki kulit kepala berminyak, berketombe, serta sering mengalami iritasi kulit kepala dan peradangan. Masker rambut ini melindungi folikel rambut dengan menghilangkan minyak berlebih.

Cara pembuatannya, yaitu campurkan gandum, susu segar, dan minyak almond. Haluskan bersama-sama sampai menjadi pasta. Kemudian oleskan secara lembut pada rambut Anda. Bilas setelah 20 menit dengan air hangat. Lakukan dua kali seminggu.