Loading...

7 Cara Alami Untuk Detoksifikasi Tubuh

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Kesehatan

detoksifikasi tubuh

TERUSKAN.COM – Banyak dari kita menganggap dan percaya bahwa detoksifikasi merupakan suatu perawatan yang wajib dilakukan dalam durasi 3-4 hari atau bahkan seminggu untuk membersihkan tubuh keseluruhan. Namun, kontras terhadap hal itu, banyak dokter dan ahli kesehatan mengatakan jika detoksifikasi merupakan proses berlanjut yang dibutuhkan tubuh secara reguler.

Faktanya, sangatlah vital untuk mengambil setiap langkah tiap hari sebagai upaya untuk menghindari dan meminimalisasi toksin dalam tubuh.

Loading...

Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk detoksifikasi alami setiap harinya, dilansir dari Magforwomen.com.

Beralih ke makanan organik

Salah satu cara termudah untuk melakukan detoksifikasi setiap hari adalah mengubah pola makan dan mulai beralih ke makanan organik. Makanan organik tentunya lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia dan pengawet sebagai bahan baku reguler.

Selain itu, makanan organik cenderung lebih bersih dan sehat, seperti halnya yang pernah dimakan nenek moyang kita 50 tahun lalu.

Banyak minum air

Banyak orang meremehkan kekuatan segelas air. Nah, ini saatnya bagi anda untuk menyadari bahwa meminum banyak air dan selalu merasa haus setiap waktu, sangatlah penting untuk membuang toksin dari tubuh anda secara reguler. Kekurangan air tidak hanya membuat dehidrasi, namun juga membentuk akumulasi toksin berbahaya dalam tubuh.

Tidur cukup

Tubuh kita membutuhkan tidur cukup dan beristirahat setiap malam sebagai cara pembersihan alami. Ini sangat penting, pola tidur yang nyenyak pada malam hari bermanfaat untuk mendorong buang air besar dan air kecil pada pagi harinya di mana semua racun dalam tubuh air keluar bersamaan.

Jika anda bekerja terlalu larut, anda tak hanya mengganggu jadwal tidur anda, namun juga mengacaukan pola hidup alami dalam tubuh.

Gunakan sedikit kosmetik

Percaya atau tidak, kosmetik yang anda gunakan mengandung banyak kandungan kimia yang dapat meresap melalui pori-pori kulit lalu masuk ke tubuh anda. Meski tak terlalu bahaya bagi tubuh, sangatlah disarankan agar anda bisa menggunakan seminimal mungkin kosmetik.

Saat ini, banyak sekali kosmetik berbahan alami yang bisa anda temukan dan beli di pasaran, jadi anda pun bisa beralih ke bahan-bahan yang lebih alami.

Olahraga

Olahraga selalu menjadi cara ampuh untuk tetap menjaga vitalitas tubuh, begitu pun dalam upaya mengeluarkan aneka racun dari dalam tubuh. Tak perlu terlalu berat, hanya berjalan kaki atau menggunakan tangga dibanding lift saat di gedung, sudah cukup membantu tubuh anda bergerak dan berkeringat.

Lakukan apapun yang bisa anda lakukan, termasuk olahraga secara aktif dalam kegiatan reguler anda. Faktanya, melakukan kegiatan fisik selama setengah jam setiap harinya cukup berguna dan akan membuat anda tetap merasa segar dan relaks.

Terapi air

Terapi air secara kontras adalah praktik membasahi tubuh anda dengan temperatur air panas dan dingin secara bergantian. Jadi, setelah 3-4 menit berada di dalam guyuran air hangat, lalu bilas dengan air dingin selama 1-2 menit, dan kembali lagi di guyuran air hangat. Anda pun nantinya harus mengakhiri dengan air dingin.

Cara ini akan membesarkan pembulu anda, dan memompa keluar toksin secara lebih mudah, serta menjaga imunitas tubuh anda.

Bersihkan tubuh dengan baik

Terakhir, namun penting adalah bersihkan tubuh anda dengan baik melalui skrub setiap mandi, untuk membuang sel-sel kulit mati agar kulit anda lebih bersinar. Hal ini juga akan mendorong sirkulasi darah yang baik dan memompa keluar toksin.

Selain tubuh, anda pun juga harus menyikat lidah anda saat menyikat gigi, karena lidah bisa menjadi tempat bersemanyam bakteri dan toksin yang akan menyebabkan masalah pada tubuh nantinya.