Loading...

8 Tips Menjadi Sales Handal

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Dunia Karir, Finansial

sales

TERUSKAN.COM – Salah satu lowongan pekerjaan yang paling banyak disediakan oleh perusahaan adalah posisi sebagai sales. Hampir semua perusahaan atau pelaku bisnis yang membutuhkan lebih banyak sales untuk memasarkan produk dan jasa mereka.

Dari sejumlah alasan, salah satu alasan penting kenapa lowongan untuk posisi sales ini melimpah ruah adalah keberhasilan perusahaan terletak pada keberhasilan sales. Penjualanlah yang menentukan akan berjalan atau tidaknya perusahaan di masa depan.

Loading...

Sayangnya, menjadi sales membuat sebagian orang ketakutan karena menjadi sales itu identik dengan menawarkan produk dari door to door. Ketakutan itu muncul karena mereka akan sering mengalami penolakan. Apalagi sebagian masyarakat begitu anti dengan salesman. Belum menawarkan sudah ditolak mentah-mentah.

Nah, jika Anda susah mencari pekerjaan dan menemukan lowongan sales, tidak ada salahnya mencoba. Berikut beberapa tips untuk menjadi sales yang handal :

Ketahui produk dengan baik

Pilihlah menjadi sales dari sebuah perusahaan yang produknya memang berkualitas dan memiliki banyak manfaat bagi konsumen. Produk yang berkualitas bisa dijadikan salah satu alasan untuk menggaet pembeli. Selain itu, pahami semua hal tentang produk sehingga Anda bisa menjawab dengan leluasa dan meyakinkan ketika konsumen bertanya.

Pandai merayu konsumen

Miliki keahlian bercanda atau rasa humor untuk mengakrabkan diri dengan konsumen. Seorang sales harus memiliki kepribadian yang hangat, mudah senyum, ramah dan mudah menjalin komunikasi.

Ketika terjalin kedekatan dengan calon pembeli, pembeli kemungkinan hatinya akan tergerak untuk membeli. Sales yang kaku dan terlalu berjarak dengan pembeli tidak akan membuat pembeli berminat.

Strategi yang tidak biasa

Banyak orang yang memberikan kunci sukses dalam karir yaitu berpikir diluar kotak. Ini memang benar. Terkadang untuk mencapai keberhasilan, seseorang harus memiliki ide dan strategi yang berbeda dengan orang lain.

Cobalah sesekali mengevaluasi hasil kinerja Anda, renungkan dan gali beberapa ide untuk menemukan strategi jitu untuk menarik konsumen sebanyak mungkin.

Semangat dan antusias

Semangat dan antusias membuat sebuah pekerjaan menjadi menyenangkan dan terasa lebih ringan. Jika semangat kurang, tidak ada gairah untuk menjalani pekerjaan, maka pekerjaan itu akan menjadi sesuatu beban. Cintailah dan syukurilah pekerjaan yang saat ini Anda miliki.

Fulltime sales

Pekerjaan yang dilakoni secara sambilan atau setengah-setengah hasilnya jauh dari maksimal. Jika ingin menjadi ahli dalam penjualan dan mendapatkan hasil yang luar bisa, mau tidak mau Anda harus fokus menjadi seorang sales.

Kenali kenapa sales lain berhasil dan gagal

Untuk mewujudkan impian menjadi sales handal, juga tidak ada salahnya belajar dari sales lain. Coba gali dan cari tahu kenapa seorang sales berhasil mendapatkan banyak konsumen. Kemudian, praktekkan cara mereka atau temukan cara baru yang lebih baik dari mereka.

Tahu kelebihan dan kelemahan pesaing

Dunia bisnis dan karir tidak bisa dipisahkan dengan persaingan. Satu perusahaan dengan perusahaan lain, mereka saling berlomba untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya.

Sebagai calon sales handal, sebaiknya Anda mengetahui apa saja kelebihan dan kelemahan para pesaing Anda. Dengan cara inilah Anda bisa mengambil sebuah strategi khusus untuk menarik pelanggan.

Bermental baja

Sebagaimana yang telah dikatakan sebelumnya, profesi menjadi sales itu identik dengan seribu satu penolakan. Jadi, untuk menjadi sales handal, seseorang harus bermental baja dan tidak mudah menyerah.

***

Apapun profesi yang dimiliki oleh seseorang, sejatinya tidak ada yang benar-benar mulus dan mudah. Semua pekerjaan itu membutuhkan perjuangan dan kerja keras. Semoga beberapa tips di atas membantu dalam menjemput keberhasilan Anda dalam karir.