Loading...

5 Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan

Penulis: Nuzulia Rubrik: Kesehatan, Wanita

Manfaat Daun Katuk

TERUSKAN.COM – Daun katuk, tanaman yang satu ini adalah salah satu tanaman yang cukup terkenal di Indonesia, apalagi di kalangan Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah sejak lama, tanaman ini dikenal sebagai tanaman yang dapat membantu memperlancar ASI. Dengan mengonsumsi daun katuk diharapkan ASI yang dikeluarkan oleh Ibu menyusui akan semakin banyak.

Daun katuk, yang memiliki nama binomial Sauropus androgynus, adalah tanaman sayuran tanaman sayuran yang cukup terkenal di Asia Tenggara, karena khasiatnya yang dapat digunakan untuk memperlancar dan meningkatkan produksi ASI.

Loading...

Terdapat beberapa kandungan yang terdapat dalam daun katuk, yang menyebabkan mengapa tumbuhan satu ini menyehatkan. Di antaranya adalah beberapa vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K.

Daun katuk juga mengandung protein. Selain itu, daun katuk juga mengandung mineral seperti kalsium, kalium, besi, fosfor dan sederet kandungan mineral lainnya.

Lalu apa saja sih, manfaat dari daun katuk?

1. Memperlancar ASI

Sudah bukan rahasia umum lagi, kalau daun katuk banyak digunakan oleh para Ibu menyusui untuk memperlancar ASI. Mengapa bisa demikian? Daun katuk mengandung steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar proklatin. Kadar proklatin yang tinggi akan meningkatkan, mempercepat, dan memperlancar produksi ASI.

2. Menegah penyakit mata dan menjaga kesehatan kulit

Hal ini dikarenakan tumbuhan yang satu ini memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, yang salah satu khasiatnya adalah dapat menjaga kesehatan mata dan kulit.

3. Meningkatkan kualitas sperma

Di dalam tumbuhan katuk terdapat beberapa senyawa, terhitung terdapat tujuh senyawa yang dapat meningkatkan hormon steroid bagi kaum pria. Dengan meningkatnya hormon steroid akan meningkatkan kualitas sperma dan juga mengakibatkan produksi sperma meningkat, yang tentunya akan menambah kesuburan pria.

4. Menjaga kesehatan tubuh

Selain kandungan yang dipaparkan di atas, ternyata daun katuk juga mengandung klorofil, yang terbanyak dari tumbuhan lainnya. Klorofil dapat membersihkan jaringan tubuh sekaligus mngatasi parasit, bakteri, dan virus yang terdapat di dalam tubuh. Turunan klorofil feoditin dapat berguna sebagai antioksidan yang dapat digunakan untuk menangkal radikal bebas.

5. Mencegah osteoporosis

Manfaat dari daun katuk lainnya antara lain dapat mencegah terjadinya osteoporosis, karena dalam daun katuk terkandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang.

Selain itu, dapat pula digunakan untuk mengobati anemia, mengobati bisul, sebagai obat pelangsing, mengobati darah kotor, dan masih banyak lagi manfaat kesehatan yang terkandung dalam daun katuk.

**

Demikianlah 5 manfaat daun katuk untuk kesehatan tubuh. Tentunya, untuk mendapatkan manfaat dari daun katuk, mengkonsumsi tumbuhan yang satu ini tidak boleh berlebihan.

Jika mengonsumsi daun katuk secara berlebihan, bukan manfaat kesehatan yang akan anda dapatkan melainkan protensi keracunan papaverin. Papaverin merupakan senyawa alkaloid yang terkandung pada daun katuk dan juga terkandung dalam candu (opium).

Jadi hati-hati ya, konsumsilah daun katuk secukupnya saja sesuai kebutuhan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.