Loading...

7 Tips Melamar Pekerjaan Secara Online

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Dunia Karir

melamar pekerjaan

TERUSKAN.COM – Melamar pekerjaan secara online bisa jadi cukup merepotkan, khususnya jika anda mengirim resume setiap harinya dan tak ada satu pun balasan atau respon. Anda pun harus paham bahwa sebagian besar perekrut saat ini menggunakan apa yang disebut Applicant Tracking System (ATS).

Pada dasarnya, ATS ini bersifat multifungsional, situs berbasis program untuk mengumpulkan semua lamaran, menyaring setiap kandidat dan mengawal seorang manajer selama proses seleksi. Sistem tersebut tentu saja akan membantu para perekrut melakukan pekerjaan mereka lebih efisien secara elektronik guna mengumpulkan setiap lamaran yang masuk.

Loading...

Jika anda melamar pekerjaan secara online, kebanyakan lamaran anda akan mengendap sementara pada beberapa sistem pelacakan. Berikut adalah 7 tips yang bisa anda pertimbangkan ketika melamar suatu pekerjaan secara online dilansir allwomenstalk.com.

Sesuaikan resume dengan jenis pekerjaan

Salah satu tips penting sebelum melamar pekerjaan secara online adalah pastikan resume anda sesuai pada setiap lowongan pekerjaan yang tertera di situs tersebut. Cobalah meluangkan waktu lebih untuk memeriksa setiap resume yang anda kirim sempurna untuk setiap posisi yang dilamar.

Jika anda ingin terlihat mencolok dalam ATS, pastikan juga anda bisa mencocokan setiap kata-kata pada resume dengan kata-kata pada posisi lowongan kerja.

Cek ejaan

Ketika anda telah menyelesaikan pemeriksaan cepat resume, coba lakukan sekali lagi. Mungkin saja orang dapat memahami apa maksud yang ingin anda katakan, sekalipun anda melakukan salah ketik, namun mesin tentu tidak akan memaklumi hal itu.

Bukan hal tak mungkin, jika lamaran anda bisa secara otomatis terbuang ke sistem sampah. Lakukan juga pengecekan tiap kata dan huruf, terlebih jika aplikasi yang anda buat dibuat dalam bahasa asing.

Masukkan detil informasi

Dalam upaya untuk membandingkan setiap pelamar, ATS akan menaruh sksi berbeda, misalnya untuk informasi kontak, pengalaman kerja, dan pendidikan.

Lengkapi juga resume anda dengan berbahai penghargaan, sertifikasi, keanggotaan profesional yang pernah anda capai atau geluti saat ini. Pastikan anda memasukkan bagian-bagian penting, sehingga ATS akan menyadari resume anda.

Buat surat lamaran asli

Jadilah kreatif dan susunlah surat lamaran yang asli, sehingga anda mampu membuat kesan bagi perusahaan potensial. Pastikan juga anda memeriksa dengan seksama surat lamaran untuk memenuhi setiap persyaratan posisi yang anda lamar, buatlah dengan spesifik setiap keahlian dan daya jual anda.

Anda juga bisa mengambil beberapa langkah ke depan, misalnya dengan menjelaskan relevansi keahlian anda dengan deskripsi pekerjaan posisi yang dilamar.

Simpan profil diri

Meskipun banyak perekrut akan merekomendasikan anda untuk mengecek resume dan surat lamaran untuk setiap posisi pekerjaan yang dilamar, anda pun harus tetap menyimpan profil asli anda untuk setiap aplikasi di perusahaan yang sama, khususnya jika mereka menggunakan ATS. Beberapa profil dalam satu sistem perusahaan dapat menyebabkan kebingungan.

Isi semua kolom

Ketika anda melamar pekerjaan secara online, pastikan anda mengisi semua kolom isian. Dengan demikian, anda tak hanya memberi informasi yang dapat membantu anda mencolok, namun anda pun dapat mengungkapkan segala ketertarikan dan minat anda pada posisi yang ditawarkan tersebut. Anda harus tahu, banyak perekrut yang melewatkan profil kandidat yang tak mengisi kolom penuh.

Rapikan profil di sosial media

Saat ini banyak para perekrut yang mencari tahu mengenai calon kandidat mereka melalui profil di sosial media sebelum  memutuskan untuk mengundang wawancara.

Pastikan anda merapikan profil anda, dan tak ada foto atau pernyataan-pernyataan negatif yang pada akhirnya menyurutkan perekrut untuk memanggil anda dalam sebuah wawancara atau bahkan mempekerjakan. Jika anda menggunakan sosial media secara bijak, sebetulnya hal itu akan membantu anda terkoneksi dengan para perekrut potensial.