Loading...

10 Tips Tetap Sehat di Musim Pancaroba

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Kesehatan

pancaroba

TERUSKAN.COM – Memasuki akhir tahun, kondisi cuaca di beberapa wilayah Indonesia yang kerap berubah-ubah di mana panas menyengat di siang hari lalu diakhiri hujan lebat di sore hingga malam hari, tentunya ini sangat memengaruhi kondisi fisik seseorang.

Tak heran jika tubuh akan sangat rentan terserang berbagai penyakit di musim pancaroba seperti, flu, gangguan saluran pernapasan, gangguan pencernaan, demam tinggi disertai batuk dan panas dalam. Beberapa penyakit tersebut meski tergolong tidak terlalu berat, pastinya akan mengganggu aktivitas anda sehari-hari.

Loading...

Temperatur yang berubah-ubah adalah salah satu kondisi yang memicu virus dan bakteri untuk masuk dan berkembang di dalam tubuh. Penyakit-penyakit di musim pancaroba tersebut akan terus berulang seiring perubahan musim.

Namun, anda tak perlu khawatir selama mampu mencegah dan mengantisipasinya. Berikut adalah beberapa tips sehat dan fit agar tubuh mampu bertahan di musim pancaroba ini.

Banyak minum air

Pastikan asupan cairan yang anda konsumsi memenuhi kebutuhan keseharian tubuhan. Tubuh akan selalu memberi sinyal kapan membutuhkan cairan, misalnya timbul rasa haus dan gejala dehidrasi.

Konsumsi makanan bergizi

Selain konsumsi air yang cukup, tetap mengonsumsi makanan bergizi juga menjadi keharusan. Pastikan makanan anda mengandung komponen lengkap, seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Selain sehat, kebersihan makanan yang dikonsumsi juga patut diperhatikan.

Suplemen

Jika anda merasa sulit memenuhi kebutuhan gizi harian, maka tak ada salahnya anda mengonsumsi suplemen tambahan terutama di musim pancaroba.

Beberapa yang dibutuhkan adalah, vitamin C dan zinc merupakan suplemen yang biasa dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Pilih suplemen yang tepat dan minumlah sesuai kebutuhan.

Istirahat cukup

Istirahat sangat diperlukan setiap harinya agar tubuh benar-benar mampu mengembalikan energi yang telah dikeluarkan. Tentu saja, semakin minim waktu istirahat anda, maka akan rentan daya tubuh anda menurun.

Hindari stres

Stres dapat memicu tubuh kita menjadi depresi dan menurunkan imunitas. Di saat ini dengan berbagai tekanan pekerjaan dan lalu lintas di kota-kota besar, tentu tak mudah untuk menghindari stres.

Maka, anda pun perlu belajar mengelolanya secara tepat, agar mampu mencegah dampak negatifnya, seperti sulit tidur atau nafsu makan berkurang yang pada akhirnya mengganggu daya tahan tubuh kita.

Olahraga

Berolahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, pun dalam upaya menjaga daya tahan tubuh di musim pancaroba. Cobalah melakukan olahraga ringan  atau menggerakkan bagian tubuh selama 30 menit sehari, minimal dengan berjalan kaki atau keliling kompleks sekitar rumah anda.

Jaga kebersihan tubuh

Agar tak tertular penyakit dari sekitar lingkungan, upayakan untuk selalu menjaga kebersihan tubuh anda, misalnya mencuci tangan sebelum makan dengan antiseptik atau sabun. Hal ini akan membantu anda terhindar dari virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut, hidung, atau kulit.

Jaga kebersihan lingkungan

Lingkungan sekitar anda pun juga harus dijaga kebersihannya, misalnya, membersihkan area kamar tidur, dan rumah secara rutin. Cuci dan ganti seprei, sarung bantal, dan guling paling tidak 2 minggu sekali agar debu yang menempel tak semakin menumpuk.

Gunakan pakaian sesuai cuaca

Saat udara dingin, gunakanlah pakaian yang tebal agar tubuh terlindungi dari paparan udara dingin. Sebaliknya, jika cuaca panas, jangan lupa gunakan topi, syal, atau payung untuk melindungi kulit dan kepala anda dari teriknya paparan sinar matahari langsung.

Pakai masker

Jika anda tengah berada di linngkungan berdebu dan udara kotor, atau sedang sakit, jangan lupa gunakan masker. Dengan demikian, setidaknya anda akan terhindar dari menghirup langsung udara yang sudah tercemar, baik asap rokok, asap knalpot kendaraan, asap pembakaran sampah dan lainnya.