Loading...

Khasiat Alami Kayu Cendana Untuk Kulit

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kecantikan

Khasiat Alami Kayu Cendana

TERUSKAN.COM – Cendana adalah produk yang sangat umum yang sudang seringkali disebutkan dalam berbagai produk kecantikan. Beberapa produk yang di dalamnya mengandung cendana antara lain sabun, krim, dan masker wajah.

Aroma dari bahan ini sangat berbeda dan menyenangkan bila dihirup untuk waktu yang cukup lama. Inilah mengapa kayu cendana juga banyak dijadikan sebagai bahan sempurna untuk dupa dan penyegar ruangan.

Loading...

Nah, jika Anda merasa bingung memilih produk yang pas untuk Anda yang didalam terkandung kayu cendana, Anda bisa membuat sendiri campuran alami ini di rumah untuk perawatan kulit, karena cara ini tentunya terbukti lebih aman. Di samping itu, setiap bahan campuran juga diyakini dapat sesuai jenis kulit apapun.

Jadi, berikut adalah beberapa manfaat kayu cendana untuk kulit sempurna:

• Anti-tanning

Tanning dapat menyebabkan penggelapan kulit dan juga pengembangan tanda-tanda awal penuaan. Untuk menyingkirkan efek tanning pada kulit, cendana menjadi pilihan yang tepat.

Campurkan bubuk cendana dengan madu, air jeruk nipis dan dadih. Aduk merata dan oleskan pada wajah, biarkan selama setidaknya lima belas menit. Setelah itu bilas wajah dan Anda akan memiliki kulit halus dengan efek tanning yang semakin berkurang.

• Anti-penuaan

Masker wajah sangat dianjurkan untuk membantu mengendalikan pelebaran pori-pori kulit. Tips perawatan kulit sering menyebutkan cendana sebagai bahan bermanfaat untuk menjaga kekencangan kulit dan mengatasi penuaan kulit.

Siapkan campuran kuning telur, madu, bubuk kayu cendana dan beberapa minyak esensial. Terapkan pada wajah sebagai masker dan bersihkan setelah kering.

• Pelunakan kulit

Minyak cendana dapat digunakan sebagai bahan untuk memijat kulit guna mendapatkan kulit yang lebih lembut. Bubuk cendana juga dapat Anda campurkan dengan minyak pijat favorit Anda, oleskan di wajah lalu diamkan selama sekitar dua belas jam.

Ini baik dilakukan saat akan  tidur di malam hari.

• Menyembuhkan biang keringat

Bila kulit Anda dipenuhi dengan biang keringat, itu berarti bahwa kulit Anda membutuhkan efek pendinginan untuk melawan masalah tersebut, dan cendana adalah pilihan yang terbaik.

Buatlah pasta dengan mencampurkan bubuk cendana dengan air dan oleskan pada daerah-daerah kulit yang banyak terdapat biang keringat. Pasta ini benar-benar aman untuk digunakan oleh anak-anak dan orang dewasa.

• Menyembuhkan jerawat

Ada begitu banyak masker wajah yang menawarkan khasiat untuk menyembuhkan jerawat. Namun cendana menjadi salah satu bahan yang sangat efektif untuk masalah ini. Anda dapat mencampur bubuk cendana dengan kunyit. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga menjadi pasta kemudian oleskan pada wajah.

• Menenangkan kulit

Apabila Anda sering mengalami penderitaan akibat kulit gatal, Anda bisa memilih cendana sebagai solusi yang baik. Buatlah pasta dengan mencampurkan bubuk cendana, kunyit dan cairan lemon. Terapkan pada kulit yang gatal dan biarkan selama sekitar tiga puluh menit.

Dengan ini, gatal akan segera mereda dan Anda juga akan melihat pengurangan kulit kemerahan akibat gatal.

• Membuat kulit bercahaya

Bahan alami selalu membuat kulit menjadi lebih tenang dan bahagia. Sama halnya dengan kayu cendana, bahan alami ini jika dicampurkan dengan bahan-bahan seperti bubuk almond, susu, madu, air jeruk nipis atau kunyit, dapat membuat kulit wajah menjadi lebih bersih dan tampak bercahaya.

**

Tips perawatan kulit sebaiknya selalu dilakukan dengan penggunaan produk alami dan buatan sendiri. Campuran cendana yang Anda olah sendiri untuk kecantikan kulit, tentu akan lebih terjamin keamanan dan kesehatannya tanpa perlu mengkhawatirkan efek sampingnya.