Loading...

Tips Memilih Backpack Untuk Traveling

Penulis: Nuzulia Rubrik: Wisata

Tips Memilih Backpack

TERUSKAN.COM – Backpack, yang lebih populer dengan nama ransel atau tas punggung, tentu sudah tak asing lagi bagi kita. Apalagi jikalau kita adalah pehobi travelling, backpack sudah seperti “teman hidup” yang mengiringi setiap langkah.

Backpack selalu menjadi pilihan utama bagi para pehobi jalan – jalan. Alasan kebanyakan adalah menggunakan backpack lebih ringkas dan lebih praktis, apalagi jika harus menjelajah medan yang cukup berat.

Loading...

Sebagai pengguna backpack, tentu kita harus mengetahui ciri-ciri backpack yang bagus agar sesuai dengan kebutuhan dan kemauan kita dan kita tidak salah saat akan membeli backpack.

Ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli backpack. Apa saja? Simak yuk uraian berikut ini.

1. Tentukan berapa lama bepergian

Menentukan berapa lama kita akan bepergian untuk bertraveling ria berkaitan erat dengan jenis dan volume backpack, karena hal – hal yang kita butuhkan juga akan berbeda.

Tentukan apakah kita akan traveling selama 1- 2 hari saja, antara 2-3 hari, 2-5 hari atau 1 minggu, 1 bulan, atau bahkan lebih. Tentukan pula seperti apa lokasi yang akan kita kunjungi.

2. Sesuaikan dengan keperluan

Untuk durasi traveling yang pendek antara 1 – 2 hari, biasanya tempat yang dikunjungi seperti museum, pantai, ataupun bukit (mendaki). Keperluan yang paling umum yang harus ada seperti pakaian, obat – obatan, dan alat pribadi secukupnya. Backpack dengan volume 20-50 L tentu sudah cukup untuk menampung semua kebutuhan kita, tidak perlu menggunakan backpack yang terlalu besar.

Untuk durasi traveling 2-3 hari, gunakan backpack dengan volume 50 – 60 L. Jika akan traveling 3 – 5 hari, dengan perkiraan durasi yang lebih panjang, keperluan kita pun akan berbeda, seperti baju ganti yang mungkin jadi lebih banyak. Dengan memperhatikan durasi dan medan yang akan kita tempuh, bisa kita gunakan backpack hingga 80 L.

Untuk durasi yang lebih dari 5 hari, (bisa antara 2 minggu sampai 1 bulan atau bahkan lebih) yang cukup untuk traveling keluar negeri, keperluan pasti lebih berbeda lagi.

Jika kita menjelajah ke Jepang di saat musim dingin misalnya, selain keperluan dasar, kita juga butuh jaket tebal untuk melindungi tubuh dari hawa dingin. Dengan durasi yang sepanjang ini, backpack ukuran 80+L dapat kita gunakan untuk menampung kebutuhan kita.

3. Perhatikan pilihan jenis

Ada 2 pilihan jenis backpack seperti top road dan front road. Top road, adalah backpack dengan bukaan atas. Front road adalah backpack dengan bukaan depan (seperti koper).

Baik top road maupun front road mempunyai kelebihannya sendiri – sendiri. Dengan top road tidak perlu meletakkan di tanah untuk membuka sisi lebarnya. Sedangkan front road lebih mudah untuk packing/mencari baranng, karena permukaannya yang lebar jadi nggak perlu mengubek – ubek seisi tas.

4. Perhatikan panjang punggung

Perhatikan panjang punggung apakah Ekstra Small (<15”), Small (16-17”), Medium, (18 – 19”) dan Tall (20”+). Hal ini untuk kenyamanan kita sebagai pengguna.

Sebelum kita memutuskan membeli backpack jangan sungkan untuk mencoba dengan memasukkan beban di dalamnya, dan pasang dengan benar untuk menyesuaikan dengan tubuh kita, agar nyaman saat digunakan. Jangan lupa lihat kualitas barang, seperti jahitannya, supaya mendapatkan backpack yang bagus, awet, dan tahan banting.

Selamat memilih!