Loading...

7 Bumbu Penyedap Alami untuk Masakan

Penulis: Lailatul Ibadiyah Rubrik: Resep

rempah-rempah

TERUSKAN.COM – Dalam dunia kuliner, selain tampilan pada masakan, rasa juga menjadi hal penting yang tidak dapat diabaikan, sehingga membuat masakan yang terasa sedap di lidah pun menjadi suatu keharusan.

Tak jarang kita menambahkan bahan penyedap buatan yang dijual di pasaran pada masakan. Bahan penyedap buatan ini mengandung kombinasi bahan kimia salah satunya MSG (Monosodium Glutamat) yang mampu menciptakan rasa sedap pada masakan.

Loading...

Menurut penelitian, tubuh hanya dapat menerima 3 gram MSG dalam sehari, jika melebihi batasan tersebut dampak jangka panjang seperti kanker usus dan radang alat pencernaan akan mengancam tubuh.

Hal ini dapat Anda hindari dengan mengganti bahan penyedap buatan Anda dengan bahan penyedap alami yang sangat mudah Anda temukan sehari hari.

Kaldu Ayam/Sapi

Anda dapat membuat sendiri kaldu ayam atau sapi di rumah, caranya dengan merebus daging ayam atau sapi dengan campuran bumbu dan rempah seperti garam, gula, serai, dan ketumbar. Air rebusan inilah yang nantinya dapat anda gunakan sebagai bahan penyedap masakan Anda.

Terasi

Terasi terbuat dari fermentasi ikan laut maupun udang yang memiliki rasa sedap alami. Pada resep masakan tradisional, terasi kerap digunakan untuk penyedap sambal, masakan bersantan, dan juga tumisan.

Udang

Anda dapat membuat kaldu udang dengan merebus udang selama 30 menit. Selain itu, Anda dapat mengeringkan udang kecil kemudian dihaluskan dengan food processor untuk mendapatkan kaldu bubuk. Kaldu ini nantinya dapat langsung Anda gunakan sebagai campuran masakan Anda.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki aroma khas yang dapat menambah rasa sedap pada masakan Anda. Anda dapat menumis bawang putih yang dicincang halus atau dihaluskan terlebih dahulu untuk mendapatkan aroma sedap, sebelum kemudian Anda memasukkan bahan bahan lain.

Selain itu, untuk kuah sup yang sedap, Anda dapat merebus air dan bawang putih hingga mendidih terlebih dahulu sebelum merebus sayuran.

Keju

Keju memiliki rasa asin yang didapat dari hasil fermentasi susu. Rasa asin gurih inilah yang dapat menambah rasa sedap pada masakan seperti spagetti, pizza, maupun nasi goreng favorit Anda.

Namun Anda harus memperhatikan jenis jenis keju yang dijual di pasaran, karena tidak semua jenis keju cocok dikombinasikan dengan bahan makanan tertentu.

Gula Pasir

Rasa manis pada gula akan menyeimbangkan rasa asin yang dihasilkan garam pada masakan Anda, yang nantinya akan menciptakan rasa sedap. Anda dapat langsung mencampurkan gula dan garam pada bumbu halus, atau ketika Anda melakukan proses memasak.

Selain gula pasir, Anda dapat mendapatkan rasa manis dari kecap manis yang bisa menjadi alternatif bumbu masakan Anda seperti tumisan dan masakan berkuah bening.

Lada

Lada selain memiliki rasa pedas, juga memiliki kemampuan untuk menciptakan rasa sedap yang dikombinasikan dengan gula dan garam. Penggunaan lada sendiri tidak perlu terlalu banyak karena rasa pedas yang dihasilkan akan menjadi berlebihan.

Anda dapat menggunakan biji lada atau lada bubuk yang bisa langsung Anda gunakan.

**

Selain bahan bahan di atas, Anda dapat menggunakan saus tiram untuk menggantikan terasi pada masakan berkuah, Anda juga dapat menggunakan kecap asin sebagai pengganti garam. Selamat mencoba!