Loading...

Cara Mencuci dan Merawat Spring Bed

Penulis: Nila Rubrik: Keluarga

springbed

TERUSKAN.COM – Spring bed merupakan tempat tidur yang paling banyak dipakai karena memiliki per yang berfungsi sebagai penahan untuk menjaga bentuk tulang punggung tetap tegak ketika sedang tidur. Sedangkan busa spring bed mempunyai jangka waktu lebih panjang dan awet dipakai apabila dibandingkan dengan kasur busa biasa dan kasur kapuk.

Bahan – bahan spring bed lebih baik dan lebih mudah ditemukan daripada bahan kasur busa biasa atau kasur kapuk. Meskipun demikian, anda tetap harus merawatnya supaya lebih awet saat digunakan.

Loading...

Cara Merawat Spring Bed Agar Tahan Lama

Berikut adalah beberapa cara efektif dalam melakukan perawatan spring bed.

1). Cara mencuci spring bed. Pada bagian ujung kepala spring bed adalah bagian yang paling mudah kotor. Untuk membersihkannya, keluarkan spring bed ke tempat yang banyak ada sinar matahari.

Tegakkan spring bed, lalu semprotkan cairan pembersih wangi mild soap dan luruhkan dari atas ke bawah terutama pada bagian – bagian yang kotor. Usahakan ini dilakukan secara rutin seminggu sekali.

2). Hindarkan dari udara lembab. Apabila spring bed terkena tumpahan air secara tidak sengaja, harus segara dikeringkan dengan cara dijemur.

Namun anda harus tetap ingat, jangan menjemur spring bed langsung di bawah terik sinar matahari ( di siang hari ). Cukup diangin – anginkan saja atau gunakan kipas angin. Lakukanlah perawatan ini 3 bulan sekali.

3). Jika tidak ada waktu lebih untuk menjemur spring bed secara rutin setiap minggu, maka supaya tidak mudah kotor, kasur spring bed sebaiknya anda pakai dalam kamar AC dan ditutup dengan sprei kasur biasa. Atau gunakan matrass protektor.

4). Spring bed perlu dibersihkan dengan memakai vacuum cleaner untuk menyedot debu – debu halus dan tungau yang bisa mengganggu kesehatan saluran pernapasan anda.

Usahakanlah menghindarkan spring bed dari bahaya kebanjiran karena spring bed akan mudah menjadi rusak jika terlalu banyak terkena air. Per menjadi berkarat dan busanya mudah lengket.

5). Minimal 2 minggu sekali anda memutar dan membalik spring bed dengan tujuan agar spring bed menjadi rata. Namun perlu diingat bahwa tidak semua jenis spring bed dapat dirawat dengan cara memutar dan membalik.

Pada merk tertentu bacalah cara merawat spring bed yang tertempel pada label petunjuk perawatan. Khusus untuk kasur busa dari bahan lateks, anda tidak perlu harus memutar atau membaliknya.

6). Larang anak – anak anda agar tidak bermain loncat – loncatan di atas kasur spring bed karena dapat merusak pir atau pegas yang ada di dalam kasur. Jangan memberikan beban terlalu banyak pada bagian ujung kepala spring bed anda.

Tidur yang sehat merupakan tidur dalam kondisi nyaman, nyenyak dan terlelap terutama pada malam hari, karena hal ini besar pengaruhnya terhadap kesegaran badan anda esok hari.

Selain memperoleh ketenangan pikiran dan tubuh, faktor lain yang berpengaruh besar terhadap kesempurnaan tidur anda adalah tempat tidur dan asesorisnya. Oleh karenanya, penting untuk menyimak tips – tips tersebut di atas sehingga spring bed terawat rapi dan tetap nyaman dipakai buat tidur.

Semoga bermanfaat.