Loading...

Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Penulis: Nuzulia Rubrik: Finansial

Penghasilan-Tambahan

TERUSKAN.COM – Saat ini harga – harga kebutuhan pokok semakin meningkat sebagai efek domino dari kenaikan BBM. Terkadang untuk kita yang bergaji tetap uang gaji belum tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan kita, terlebih lagi ketika kita tak lagi single melainkan sudah berkeluarga. Biaya sekolah saat ini juga cukup mahal, meskipun untuk sekolah – sekolah pemerintah mendapatkan bantuan.

Beberapa di antara kita mungkin terpikir untuk bekerja sampingan, untuk menambah penghasilan atau pemasukan. Yang terpenting, dapat mengurus keluarga dan tidak mengganggu pekerjaan kantor sebagai sumber penghasilan utama.

Loading...

Kira – kira apa ya, yang harus kita lakukan saat memilih pekerjaan sampingan? Simak tips berikut ini.

1. Lakukan survei

Dari survei kita bisa mencari jenis – jenis pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan, yang tentunya sesuai dengan kemampuan kita. Melakukan survei terhadap lingkungan sekitar juga sangat penting, apabila kita akan melakukam usaha sampingan dalam bentuk berdagang dan membuka usaha sendiri.

Dengan melakukan survei, kita bisa menangkap “pasar”. Kita bisa melihat apa yang belum ada di sekitar lingkungan kita atau hal apa yang saat ini sangat diminati masyarakat dan sedang nge-tren (booming) di masyarakat. Dengan demikian kita bisa menentukan secara spesifik barang apa yang akan kita perdagangkan.

Dengan survei kita juga bisa melihat “calon kompetitor” kita, melihat harga barang, dan seperti apa barang yang diperdagangkan sehingga kita dapat membuat barang yang sama namun dengan kreasi yang unik dan kemasan yang berbeda dengan barang yang saat ini sudah beredar di pasaran.

2. Sesuaikan dengan hobi/kegemaran

Dengan memilih pekerjaan sampingan yang sesuai dengan hobi ata kegemaran, akan mempermudah kita dalam melakukan pekerjaan karena tentu kita akan mengerjakan pekerjaan tersebut dengan senang hati, bahkan ketika apa yang dilakukan hanya mendatangkan keuntungan yang tak seberapa.

3. Sesuaikan dengan kesibukan/waktu luang

Hal ini sangat penting agar pekerjaan sampingan yang kita lakukan tak bertabrakan dengan pekerjaan utama yang saat ini kita tekuni. Atau jikalau masih kuliah tidak terbentur dengan aktivitas kuliah.

Menyesuaikan waktu juga penting, apalagi jika kita sudah berkeluarga. Jangan sampai keluarga kita terbengkalai karena kita melakoni pekerjaan sampingan ini.

Waktu untuk mengerjakan pekerjaan sampingan, bisa kita lakukan seusai pulang kantor, atau pada akhir minggu, tergantung pekerjaan sampingan seperti apa yang kita lakukan.

4. Pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan

Beberapa pekerjaan sampingan yang bisa kita lakukan seperti menjadi penulis lepas jika kita hobi menulis, menjadi photographer lepas, web desainer, guru les privat (biasanya banyak dilakukan mahasiswa untuk menambah uang saku), membuka online shop,berjualan kue, berjusalan pulsa elektrik, menjadi reseller barang, dan masih banyak lagi pekerjaan sampingan lainnya yang bisa kita lakukan.

**

Tentunys perhatikan kemampuan kita saat melakukan pekerjaan sampingan, jangan sampai kita melakukan pekerjaan melebihi kemampuan kita. Selamat mencoba dan semoga sukses!