Seperti Apa Sekolah di 2013?

Drama School 2013Drama School 2013

Hallyu

Pernah mendengar kata Hallyu? Hallyu adalah istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya pop Korea secara global di seluruh negara seperti negara–negara  di Asia, Amerika, Eropa termasuk Indonesia. Masuknya budaya pop Korea di Indonesia ditandai dengan munculnya girlband/boyband yang dipopulerkan oleh artis Korea dan kemudian ditiru oleh remaja Indonesia.

Siapa yang tidak familiar dengan drama Full House dan Boys Before Flower? Yap, selain musik, drama Korea merupakan bagian dari Hallyu. Bagi penyuka K – Pop, tentu masih ingat dengan drama terlaris tahun lalu seperti Secret Garden, King 2 hearts, My Princess, Gumiho dan masih banyak lagi. Tentu saja Anda penasaran drama apa lagi yang bakal ngetop di 2013 bukan?

School 2013

School 2013, salah satu drama Korea terbaru tahun ini. Serial School 2013 merupakan Sekuel ke 5 atau Season 5 setelah awal tayang tahun 1999 sampai dengan 2002.  Apa yang membuat drama School 2013 spesial? Berbeda dengan drama–drama lainnya yang melulu tentang cinta segitiga, romance atau konflik rumah tangga, School 2013 menceritakan potret kehidupan sekolah di Korea yang sebenarnya. Drama ini mengangkat isu-isu yang dihadapi remaja di sekolah menengah atas, konflik antara guru dan murid serta berbagai permasalahan yang timbul dari sekolah itu sendiri.

Drama yang tayang setiap Senin dan Selasa di KBS 2 ini dibintangi oleh Jang Nara yang berperan sebagai Jung In Jae, seorang guru di SeungRi School dengan kontrak 5 tahun. Dia menjadi wali kelas 2 di sana. Daniel Choi yang berperan sebagai Kang Se Chan, guru kontrak yang karismatik dan ditakuti oleh murid – muridnya. Ada juga Lee Jong Seok, Kim Woo Bin, park Se Young, dan Hyo Yong yang berperan sebagai murid SeungRi school. Masing–masing karakter mereka benar–benar mewakili karakter murid sekolah yang sebenarnya dengan berbagai permasalahannya.

Alur Cerita

Setiap alur cerita/plot di setiap bagian dalam drama ini akan membuat Anda terharu sebab drama tersebut memperlihatkan apa yang terjadi di lingkungan sekolah yang sesungguhnya yang tidak diketahui oleh orang banyak. Ini ditampilkan melalui adegan–adegan yang memperlihatkan kekerasan antara guru dan murid, adegan bullying, serta adegan konflik antara anak dan orang tua yang sangat ambisius terhadap masa depan anaknya dan dilema guru terhadap sistem pendidikan. Isu penting lainnya yang diangkat dalam drama ini yakni tentang tingginya standar masuk universitas yang memaksa setiap siswa untuk belajar keras dan mampu bersaing dengan teman–temannya yang lain.

Seperti yang dikutip dari KBS world, School 2013 lebih fokus pada hubungan antara guru, siswa dan orang tua serta dilema dan masalah yang dihadapi siswa di sekolah. Menurut sang sutradara, “ School 2013 dibuat dari berbagai sudut pandang, mulai dari sudut pandang, guru, murid, orang tua dan sekolah itu sendiri secara umum.”

Drama ini sangat recommended. Kenapa? Karena menonton drama ini seperti menonton realita. Ini terlihat seperti drama tapi sesungguhnya Anda melihat realita sebenarnya yang terjadi di sekolah.

Selamat menonton!

(photo: koreandrama.org)

4 Komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *