Loading...

Tips Dan Cara Melindungi Kulit Ketika Berenang

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Keluarga, Kesehatan

berenang

TERUSKAN.COM – Berenang adalah salah satu latihan terbaik yang dapat Anda pilih untuk mencapai kebugaran tubuh secara keseluruhan. Tidak hanya membakar kalori, tapi juga mengaktifkan otot-otot di seluruh tubuh.

Selain itu, ini adalah salah satu latihan yang menjamin cedera fisik paling minimum. Bahkan mereka yang memiliki penyakit fisik ringan disarankan untuk berenang karena risiko yang dapat terjadi sangatlah kecil.

Loading...

Meskipun begitu, ada satu hal yang perlu diperhatikan orang saat sedang berenang, yaitu bagaimana melindungi kulit Anda. Kekhawatiran ini muncul karena kaporit yang dicampur dalam air kolam renang.

Kaporit dalam air kolam renang ditujukan untuk melindungi kulit terhadap infeksi. Namun kaporit ini juga dapat menjadi penyebab penyakit lain seperti kulit kering dan gelap, khususnya bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, risikonya tentu lebih besar.

Akan tetapi, fakta ini seharusnya tidak mencegah dan menghentikan Anda untuk terus melakukan olahraga ini. Sebab ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melindungi kulit saat sedang berenang. Perawatan kulit setelah berenang tentu merupakan bagian penting dari rezim.

Kulit adalah organ terbesar dari tubuh dan sangat penting untuk melindungi kulit terutama saat berenang, dengan cara-cara berikut:

• Waterproof tabir surya

Kombinasi air yang mengandung kaporit dengan sinar matahari bisa menjadi malapetaka bagi kulit. Tidak hanya menggelapkan, tetapi juga akan merusak kulit. Dalam rangka untuk melawan efek ini, sangat dianjurkan untuk menerapkan lapisan tipis tabir surya waterproof atau anti air, sebelum Anda berenang.

• Minyak kelapa

Kulit kita memiliki lapisan tipis minyak alami yang berfungsi sebagai penghalang terhadap virus dan bakteri guna menjaga kulit agar tetap sehat. Ketika berenang di air yang mengandung kaporit, lapisan ini meninggalkan kulit dan rentan terhadap infeksi.

Dengan menerapkan sedikit minyak kelapa, lapisan kulit Anda akan terjaga dan perlindungan kulit akan semakin bertambah.

• Tetap terhidrasi

Selalu sediakan sebotol air atau minuman glukosa saat Anda sedang berenang. Satu atau dua teguk setiap beberapa menit setelah berenang akan membantu menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dan mencegah kulit menjadi kering.

• Perlindungan sebelum dan sesudah berenang

Anda tidak hanya harus melindungi kulit saat berenang. Sebelum menyentuh air kolam dan setelah berenang, Anda pun tidak boleh luput dalam melakukan berbagai perlindungan terhadap kulit.

Mandilah terlebih dahulu sebelum berenang untuk mempersiapkan tubuh dan kulit Anda. Setelah berenang pun begitu, bersihkan tubuh Anda sebaik mungkin dengan menggunakan sabun dan sampo agar tidak ada kaporit serta bakteri yang tersisa di tubuh.

• Vitamin C

Konsumsi vitamin C sangat baik untuk kulit mereka yang seringkali berenang. Secara internal, vitamin C efektif untuk membangun kekebalan tubuh terhadap infeksi. Anda juga sebaiknya menerapkan krim yang mengandung vitamin C pada kulit dan rambut segera setelah sesi berenang.

• Melembabkan kulit

Perawatan kulit setelah berenang sangat penting mengingat kulit telah terkena bahan kimia dan sinar matahari saat berenang. Cara paling ideal adalah dengan mandi dan kemudian mengaplikasikan pelembab kulit yang baik. Anda dapat memilih pelembab antioksidan yang juga kaya akan vitamin C dan vitamin E.

• Perawatan kulit alami

Selain dari produk perawatan kulit yang Anda beli di toko, terdapat pula item tertentu yang bisa ditemukan di rumah dan dapat sangat membantu dalam merawat kulit Anda. Misalnya saja madu, lemon, air mawar dan gliserin. Produk alami tersebut baik untuk melawan efek gelap dari kulit akibat sinar matahari.

**

Semua hal memiliki sisi baik dan sisi buruk, sama halnya dengan berenang. Tapi hal tersebut tidak berarti bahwa Anda harus menghentikan kegiatan berenang karena terdapat resiko yang buruk bagi kesehatan kulit.

Solusi yang terbaik adalah dengan melindungi kulit saat berenang dan merawatnya setelah berenang.