Loading...

7 Tips Perjalanan ke Selandia Baru

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Wisata

selandia baru

TERUSKAN.COM – Banyak orang mengenal Selandia Baru sebagai salah satu negara terindah di dunia dan kerap disebut sebagai area Tuhan atau negeri Tuhan. Sampai saat ini banyak orang salah kaprah, hanya menganggap bahwa Selandia Baru adalah sebuah pulau kecil dekat Australia dan tidak menganggapnya sebagai sebuah negara.

Begitu banyak yang bisa anda lakukan dan lihat di Selandia Baru, anda tak akan banyak menemukan negara di mana anda bisa berjemur di pinggir pantai pada pagi hari sekaligus menanjak gunung es pada sore harinya.

Loading...

Jika anda punya rencana berlibur pada akhir tahun ini, Selandia Baru sangat bisa anda pertimbangkan sebagai tempat wisata tujuan berikutnya.

Nah, berikut adalah beberapa tips perjalanan ke Selandia Baru di mana setiap pengunjung harus tahu.

Dua pulau yang berbeda

Terdapat dua pulau berbeda, utara dan selatan yang merupakan lokasi berbeda dan pengalaman berbeda. Pilihan pulau yang anda kunjungi dapat dipengaruhi waktu tahun.

Pada musim panas (Desember-Januari), jika anda menyenangi pantai dan olahraga air, pulau di bagian utara bisa menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi. Jika anda ingin mencari pemandangan indah, anda pun bisa memilih pulau bagian selatan pada saat musim gugur atau semi.

Anda tak perlu beri tip

Memberi uang tip di Selandia Baru bukan merupakan perkara besar, seperti halnya di banyak negara lainnya. Jadi, anda tak perlu merasa heran, jika ada seseorang yang menolak pemberian anda.

Banyak orang di sana berpikir bahwa memang sudah menjadi pekerjaan mereka untuk memberi pelayanan terbaik, jadi mereka tak akan menerima tip anda.

Perjalanan jauh dan panjang

Terlepas dari negara mana pun anda melakukan perjalanan, sebagai informasi, menuju ke Selandia Baru bisa ditempuh dalam jangka waktu yang cukup lama dengan penerbangan pesawat. Bahkan jika anda berangkat dari Amerika Serikat (AS) atau Eropa, bisa menempuh perjalanan beberapa hari, bahkan dibutuhkan peralihan dan rehat untuk kembali melakukan perjalanan.

Sedangkan, dari Eropa membutuhkan dua penerbangan bisa ditempuh sekitar 12 jam setiap perjalanannya. Dari Indonesia, jika anda ingin transit di Australia waktu yang dibutuhkan kurang dari 72 jam oleh maskapai tertentu.

Bagi anda yang ingin perjalanan langsung, anda bisa pilih juga maskapai yang menyediakan jasa tersebut, meski perjalanan yang anda lakukan akan berasa panjang dan lama tanpa rehat.

Bersiap jet lag

Anda tentu tak akan pernah merasakan apa itu jet lag, sampai anda benar-benar merasakan terbang ke bagian dunia lain. Selandia Baru merupakan negara dengan 12 jam berhadapan dengan waktu Greenwich, jadi bisa dipastikan anda akan mengalami jet lag baik saat berangkat atau pun sekembalinya dari sana.

Dengan perjalanan yang cukup lama dan panjang tersebut, maka persiapkanlah segala sesuatunya agar tubuh anda tetap fit, misalnya istirahat cukup, bawa minyak aromaterapi, olahraga ringan sebelum berangkat dan beberapa hal lainnya bisa anda lakukan.

Tak dibutuhkan banyak kas

Tak ada larangan anda mengambil mata uang asing di Selandia Baru, namun anda tak perlu terlalu banyak membutuhkan uang kas. Bank buka pada kerja antara jam 9 pagi hingga 4.30 sore hari. Kartu debit atau kredit sangat diterima di sana, selain juga begitu banyak.

Petunjuk buku

Menemukan sebuah akomodasi di Selandia Baru memang bukan sebuah masalah besar. Namun, jika anda melakukan perjalanan di musim panas, tentu ide baik untuk menggunakan buku pentunjuk agar lebih mudah.

Selain anda bisa menemukan harga yang lebih murah, anda pun akan lebih banyak dapat pilihan, karena bisa jadi akan sangat sibuk pada musim puncak.

Maksimalkan perjalanan

Ketika anda mendapat kesempatan untuk menikmati waktu perjalanan dan wisata ke Selandia Baru, maksimalkan hari-hari anda menikmati pemandangan dan segala sesuatunya di sana.

Hal ini mengingat biaya tiket pesawat yang mahal dan perjalanan yang begitu lama dan panjang, tentu akan terbayar semua ketika anda bisa menikmati gunung menjulang dengan puncak bersalju, lembah cantik di antara pegunungan, danau luas yang tenang dan biru, belum lagi bermacam bunga yang tumbuh indah di sepanjang jalan.

Bagi anda penggemar trilogi film The Lord of the Rings, bukankah sebuah mimpi bisa berada di sana. Apa yang ditawarkan Selandia Baru disebut-sebut jauh lebih berharga dibandingkan anda menghabiskan waktu di Australia.