Loading...

Menu Makanan Sehat Dan Praktis Untuk Sarapan

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Keluarga, Kesehatan, Resep

TERUSKAN.COM – Kerapkali kita menyepelekan sarapan dan beraktivitas dengan perut kosong. Kalaupun sarapan, kita malah memilih sarapan yang hanya sekedar mengganjal perut. Tidak jarang juga kita memilih makanan yang cepat saji dan praktis sebagai menu utama untuk sarapan. Padahal, sarapan yang sehat akan memberi nutrisi dan energi bagi tubuh agar bisa lebih produktif.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat sarapan yang sehat dan praktis. Penasaran? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Menu Makanan Sehat Dan Praktis Untuk Sarapan

Loading...

1. Easy toast with toppers

Pada dasanya, kamu bisa memakai topping apapun sesuai dengan selera. Selai buah, selai kacang atau nutella yang ditambahkan beberapa jenis buah di atasnya. Untuk membuat roti bakarnya, kamu bisa menggunakan roti gandum, tawar, atau baguette.

Langkah pertama adalah memanggang roti menggunakan toaster. Kemudian di atasnya ditambahkan topping di atas roti, lalu makanan pun siap disantap.

Atau kamu juga bisa membuat French toast dengan bahan-bahan susu dan telur lalu dipanggang di atas oven atau teflon, kemudian tambahkan sirup maple atau madu.

2. Straw-bana toast with peanut butter

Bahan :
1. Selai kacang
2. Dua lembar roti tawar
3. Pisang
4. Stroberi

Cara membuat makanan ini cukup mudah. Pertama-tama bakar roti gandum dengan toaster. Lalu oleskan selai kacang di atas roti dan tambahkan beberapa potongan stroberi dan pisang di atasnya.

3. Berry-mint Toast

Bahan :
1. Dua lembar roti tawar gandum
2. Daun mint
3. 1 cup stroberi

Cara membuat:
1. Blender buah stroberi dan daunt mint sampai halus dan oleskan pada roti
2. Dapat juga dengan membuat avocado whip yaitu dengan bahan-bahan alpukat laluditumbuk dan tambahkan sedikit perasan lemon dan garam. Oleskan pada roti.

4. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu menu sarapan yang paling dikenal. Tidak hanya mengandung banyak nutrisi, oatmeal juga efektif menurunkan kadar kolesterol. Akan tetapi, masih banyak yang enggan mengkonsumsinya karena rasanya hambar.

Jika anda ingin mengkonsumsi oatmeal, maka mungkin kamu bisa membuatnya dengan cara lain yaitu menggunakan bahan-bahan seperti susu dan madu, lalu sajikanlah bersama kacang-kacangan atau buah-buahan.

5. Bana-Oats Porridge with Kiwi

Bahan :
1. 1 cup oatmeal
2. Skimmed milk
3. Satu buah pisang
4. Buah kiwi
5. 1 sdm madu

Cara membuatnya yaitu pertama-tama masak oatmeal dan susu di dalam kuali. Lalu campurkan buah pisang yang sudah dihaluskan dan aduk sampai merata. Angkat adonan jika sudah berbentuk seperti bubur dan sajikan di atas mangkuk. Hiaslah bubur oatmeal dengan menggunakana beberapa potongan kiwi dan tambahkan sedikit madu

6. Overnight Swiss Muesli

Bahan :
1. Buah apel, kiwi, pisang
2. 2 cup muesli dan oats
3. 1 cup skimmed milk
4. 1 cup low-fat yoghurt

Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan oat, susu, madu, yoghurt dan aduk sampai merata. Simpanlah adonan di dalam kulkas dan wadah tertutup selama 1 malam. Kemudian sajikan bahan tersebut di atas piring dan tambahkan beberapa potongan buah.

7. Fruit salad with yoghurt

Bahan :
1. Kiwi, Pir, Stroberi, anggur, tomat, semangka (Anda bisa menambahkan sesuai dengan selera). Cuci bersih buah dan potong sesuai dengan keinginan.
2. Plain yoghurt dan perasan jeruk lemon sebagai dressing

Cara membuatnya yaitu dengan meletakkan buah-buahan tersbeut di dalam mangkok. Kemudian masukkan yoghurt dan perasan jeruk lemon. Lalu salad pun siap dihidangkan.