Loading...

7 Gerakan Tubuh Yang Mendukung Aktivitas Seharian

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Keluarga, Kesehatan

TERUSKAN.COM – Kamu ingin merasa segar seharian meskipun dipenuhi dengan berbagai aktivitas? Jika iya, maka ada sejumlah gerakan sederhana yang dapat kamu lakukan setiap pagi secara rutin untuk membakar semangat tubuh. Dijamin gerakan ini dapat membuatmu merasa segar.

Berikut adalah ulasan tentang gerakan sederhana selama 10 menit yang akan mendukung aktivitas seharian. Simak dan terapkan ya.

7 Gerakan Tubuh Untuk Mendukung Aktivitas Seharian

Loading...

1. Senam leher

Gerakan ini dapat kamu lakukan pertama kali setelah bangun tidur. Gerakan ini cukup sederhana yaitu mengangkat ke-dua bahu hingga mendekati telinga dan tahan napas selama 3 detik. Lalu jatuhkan bahu dan buang napas Anda. Lakukan berulang kali sebanyak 5x.

Kemudian, miringkan kepala ke kanan hingga telinga Anda menyentuh bahu kanan, dan lakukan juga ke bahu kiri. Ulangi sampai 5x. Kemudian letakkan tangan anda di pinggang dan tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan secara perlahan, lalu tundukkan kepala hingga dagu menempel di dada Anda.

2. Senam tangan

Gerakan kedua yang bisa memperlancar aktivitas kamu yaitu senam tangan. Gerakan ini bisa membantu memperlancar peredaran darah.

Kamu bisa memulai dengan gerakan memukul telapak tangan dengan tangan lainnya. Kemudian pukul punggung tangan beberapa kali. Selanjutnya tekan tarik ujung ruas jari ke bagian belakang dengan telapak tangan yang lainnya, lalu kibaskan tanganmu beberapa kali.

3. Jogging kecil

Kamu bisa melakukan lari-lari kecil mengelilingi komplek rumah. Jika malas keluar rumah, kamu bisa lari kecil bolak balik di area rumah. Kamu juga bisa naik dan turun tangan beberapa kali.

Gerakan ini dapat membantu memperlancar pernafasan serta peredaran darah, membakar lemak, memperkuat jantung, mengencangkan otot paha, punggung dan kaki

4. Gerakan loncat-loncat

Jika kamu malas lari, kamu bisa melakukan gerakan loncat-loncat usai bangun tidur. Gerakan loncatnya juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Langkah pertama, kamu harus berdiri tegak dengan posisi kaki sejajar. Lalu kamu bisa meloncat tinggi-tinggi dengan membuka kedua lengan tangan dan kaki. Lakukan gerakan ini selama 1 menit untuk membantu membakar lemak

5. Gerakan pinggul dan kaki

Gerakan pinggul ini cukup sederhana. Tarulah kedua tangan di pinggang. Kemudian putar pinggul searah jarum jam sebanyak 10 kali dan lakukan ke arah yang berlawanan. Selanjutnya goyangkan pinggang ke kiri dan ke kanan masing-masing 5 kali hitungan. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 2 sampai 3 kali

6. Push up 10 kali

Push up yaitu gerakan menahan beban tubuh dengan kedua tangan. Kamu dapat menelungkupkan badanmu dan meletakkan kedua tangan sejajar sementara kedua kakimu menjulur ke belakang. Kemudian, angkat dan topang kedua tubuh menggunakan kedua tangan, lalu angkat juga tubuh bagian bawah. Lakukan push up sebanyak 10 kali. Gerakan ini dianggap efektif untuk membantu melatih menguatkan otot tangan

7. Sit up

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat ingin sit up yaitu mengambil posisi tiduran di atas alas. Kemudian tekuk kedua kaki dengan sudut 90 derajat dengan telapak kaki menempel di lantai. Lalu lipat kedua tangan dan letakkan di bawah kepala Anda dan angkat badan mendekati luntut. Ketika tubuh turun, anda bisa memanfaatkannyauntuk mengambil napas. Lalu saat badan dinaikkan, buanglah napas.

Lakukan gerakan tersebut sebanyak 10 kali. Gerakan sit up ini mampu membantu mengencangkan otot perut dan membakar lemak pada perut.