Loading...

4 Tips Kuliah Bagi Karyawan

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Dunia Karir, Pendidikan

tips kuliah

TERUSKAN.COM – Sebagian orang beranggapan bahwa kembali belajar setelah bekerja bertahun-tahun merupakan hal yang mustahil. Selain selama ini mereka lebih banyak disibukkan oleh urusan pekerjaan, mereka juga khawatir tidak bisa menguasai materi perkuliahan karena sudah lama sekali tidak belajar.

Ditambah dengan jam kerja yang padat dan tugas-tugas kerja ke luar daerah, membuat mereka semakin percaya bahwa kuliah bagi seorang karyawan itu tidak mungkin.

Loading...

Beberapa perusahaan memang menyediakan fasilitas dan kesempatan bagi karyawan mereka untuk melanjutkan pendidikan baik dalam maupun luar negeri. Namun, sebagian perusahaan terutama perusahaan kecil tidak memiliki program tersebut sehingga seorang karyawan harus benar-benar mandiri.

Nah, bagi Anda yang bekerja setelah tamat SMA dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana, tidak ada salahnya mengikuti tips kuliah bagi karyawan di bawah ini.

Masalah biaya

Hal utama terkait keinginan Anda untuk kuliah sambil bekerja adalah masalah biaya kuliah. Karyawan yang sudah menabung sekian tahun untuk biaya kuliah memang tidak ada kendala. Namun, mereka yang hanya punya sedikit pegangan mungkin akan sedikit kesulitan. Otomatis nantinya selain mengeluarkan biaya hidup juga biaya kuliah. Pengeluaran lebih besar.

Bagi yang terkendala biaya, cobalah mengajukan proposal beasiswa ke perusahaan mana tahu mereka bisa membantu. Bagaimanapun hal ini juga untuk peningkatan kualitas dan kerja karyawan nantinya.  Selain itu, sekarang banyak bermunculan kampus swasta khusus karyawan dengan biaya murah.

Terkait aktivitas tubuh

Bekerja, pekerjaan lainnya dirumah tangga serta kuliah secara tidak langsung menuntut tubuh beraktivitas lebih. Jagalah kesehatan dan jangan sampai kelalahan.

Kondisikan semua kegiatan dengan baik agar stamina tetap terjaga. Terus mengkonsumsi makanan yang sehat, perbanyak minum air putih dan atur pola makan agar terus berenergi.

Manajemen waktu

Anda memiliki kewajiban utama sebagai seorang karyawan, ketika memutuskan untuk kuliah sambil bekerja, maka Anda dituntut untuk lebih cerda mengatur waktu. Tentu saja pimpinan perusahaan tidak akan menerima kalau pekerjaan terbengkalai atau prestasi kerja menurun lantaran mengambil studi.

Usahakanlah mengambil kuliah di kampus yang secara khusus menyediakan kelas untuk karyawan seperti hari Sabtu dan Minggu. Jika tidak menemukan kampus yang sesuai di daerah Anda, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengikuti program kuliah online atau e-learning. Program ini sangat efektif bagi karyawan.

Sebelum dan setelah di kampus

Selain masalah diatas, urusan sebelum dan setelah diterima di kampus membuat sebagian orang khawatir. Persiapkanlah diri sebelum mengikuti tes penerimaan masuk ke sebuah universitas. Anda bisa membeli soal-soal ujian masuk perguruan tinggi.

Mereka yang sudah bekerja biasanya mengikuti jalur mandiri bukan UMPTN maupun SBMPTN. Jalur mandiri tidak berhubungan dengan pemerintah tetapi seleksi dilakukan oleh kampus yang bersangkutan.

Jika diterima, teruslah berlatih beberapa kemampuan dasar dalam belajar. Kalau belum mengerti cara membuat paper perkuliahan, belajarlah dari buku-buku panduan yang banyak dijual di toko buku atau bertanya kepada teman yang sudah mahir.

Usahakanlah memiliki banyak teman dan memiliki nomor kontak mereka sehingga Anda bisa mendapatkan berbagai informasi terutama nomor ketua kelas. Berbagai sebab terkadang menyebabkan dosen tidak jadi masuk kelas, jangan sampai Anda ketinggalan informasi biar lebih hemat waktu dan energi.

**

Siapapun yang punya kesungguhan pasti bisa mencapai tujuannya termasuk seorang karyawan selama tidak ada kendala utama seperti finansial. Jika finansial tidak mendukung dan tidak mendapatkan beasiswa, memang dikhawatirkan kuliah akan terbengkalai dan putus di tengah jalan.