Loading...

Tips Jika Anda Bingung Menentukan Mahar Pernikahan

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Wedding

mahar-pernikahan

TERUSKAN.COM – Mahar tidak bisa dipisahkan dengan akad nikah. Bisa dikatakan mahar adalah salah satu hal penting untuk terwujudnya sebuah pernikahan antara laki-laki dan perempuan.

Meskipun istilah mahar sudah familiar dan semua orang mengetahui tapi dalam prakteknya masih saja banyak yang bingung dalam menentukan mahar.

Loading...

Sungguh kurang bijaksana bila menghabiskan banyak waktu hanya untuk memikirkan mahar apa yang akan diberikan padahal mungkin banyak hal penting lainnya yang menuntut segera diselesaikan.

Tips Menentukan Mahar

Nah, untuk mendukung efektivitas dan efisiensi dalam menentukan serta memilih mahar pernikahan, berikut ini ada beberapa tipsnya untuk Anda.

Sesuaikan dengan keuangan

Jika Anda tidak memiliki banyak uang, sebaiknya menghindarkan sikap memaksakan diri untuk memberikan mahar tertentu yang mustahil Anda sanggupi. Tidak perlu gengsi dan malu jika kemampuan Anda mungkin jauh dibawah orang lain.

Bagaimanapun, setelah menikah kebutuhan suami dan isteri akan bertambah. Untuk itu mereka harus merencankan masa depan dan tidak terfokus pada mahar saja.

Memang hal terbaik adalah memberikan mahar yang lebih tinggi untuk isteri tapi jangan sampai malah membuat Anda dalam kesulitan besar umpamanya dengan berhutang. Berikan semaksimal yang Anda bisa saja.

Bicaralah dengan pihak perempuan

Pada sebagian kasus, mahar ditentukan oleh laki-laki dan perempuan tinggal menerima saja apapun mahar yang diberikan. Pada kasus lain, ada juga pihak isteri yang memintar mahar tertentu.

Juga tidak asing sekarang bila calon suami mengajak calon isteri berbicara terlebih dahulu tentang mahar. Hal ini memungkinkan tercapainyasebuah kesepakatan yang bisa menenangkan hati kedua belah pihak.

Apa konsep dan misi Anda

Bagi sebagian orang, pemilihan mahar dihubungkan dengan konsep dan misi tertentu yang sesuai dengan prinsip hidupnya. Mereka meyakini bahwa setiap barang yang akan dijadikan mahar itu memiliki makna tersendiri. Dengan keyakinan itu mereka secara khusus memilih sebuah mahar.

Coba diingat apakah Anda juga memiliki konsep yang spesial tentang mahar Anda. Ini akan menuntun dalam menentukan mahar yang tepat dan sesuai dengan kehendak hati nantinya.

Berbeda itu tidak masalah

Sebaiknya hindarkan diri memilih mahar karena ikut-ikutan dengan orang lain. Ini pernikahan Anda sendiri. Jadi, jadilah diri Anda dengan berani mengambil sebuah pilihan meskipun itu berbeda dengan orang lain.

Ide Pilihan Mahar

Selain tips di atas, beberapa pilihan mahar di bawah ini mungkin akan sangat membantu dalam menentukan mahar.

Perangkat ibadah

Pada umumnya mahar yang banyak dipakai di tengah masyarakat adalah mushaf Alqur’an dan seperangkat alat shalat meliputi mukena dan sajadah. Sebagian orang memberikan mahar ini dengan tujuan bisa mengingatkan isteri pada agama dan memakai barang tersebut ketika beribadah.

Hasil karya

Orang-orang yang bertalenta dan memiliki kreativitas tinggi terkadang ingin memberikan mahar yang unik kepada pasangannya yaitu hasil ciptaan atau karyanya sendiri. Memang bagi orang-orang tertentu hasil karya jauh lebih berkesan dibanding dengan mahar yang dibeli.

Uang dan perhiasan

Selain benda-benda penunjang ibadah, uang dan perhiasan juga sering dijadikan sebagai mahar. Emas, perak dan berlian memiliki makna tersendiri bagi sebagian orang. Namun, ada juga perempuan yang tidak suka memakai perhiasan sehingga kurang berkenan dengan mahar ini. Jika mereka menerima, mungkin hanya untuk disimpan saja.

Benda produktif

Hewan ternak dan pohon merupakan beberapa benda produktif yang sering digunakan. Hewan ternak biasanya dipakai oleh mereka yang berada di pedesaan. Sementara, mas kawin pohon masih sedikit aneh tapi sudah ada beberapa orang yang melakukannya.

Ilmu dan jasa

Selain benda yang tampak, ada juga lho orang yang menggunakan keahlian, ilmu dan jasanya sebagai mahar. Salah satu mahar unik lainnya yang masih terkait dengan ilmu adalah buku. Mahar berupa buku juga memiliki kesan yang tidak kalah dibanding jenis mahar lainnya.

***

Demikianlah beberapa tips dan pilihan mahar yang bisa Anda pertimbangkan. Semoga tips di atas membantu mempermudah acara pernikahan Anda.