Loading...

6 Kemampuan Penting Ketika Kuliah

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Pendidikan

TERUSKAN.COM – Kuliah sebagai jalan untuk menuntut ilmu haruslah mendapat perhatian dari mahasiswa itu sendiri. Bagaimanapun kampus juga merupakan tempat untuk memperjuangkan mimpi-mimpi. Tercapai atau tidaknya impian seseorang ditentukan oleh cara mereka menuntut ilmu.

Terkait bagaimana mengejar mimpi, secara umum, ada dua tipe mahasiswa. Pertama, mahasiswa yang kuliah asal-asalan. Mereka kuliah tidak dari hati tapi mungkin hanya karena mengikuti teman-temannya atau untuk sekedar gengsi saja. Kedua, mahasiswa yang memang bersungguh-sungguh belajar di perguruan tinggi.

6 Kemampuan Penting Ketika Kuliah

Loading...

Nah, bagi Anda yang benar-benar ingin sukses dan survive belajar di universitas, paling tidak Anda harus memiliki  kemampuan penting saat kuliah berikut ini :

Membaca cepat dan tepat

Setiap harinya mahasiswa diuntut untuk membaca berbagai buku terkait pelajaran.  Memang semua mahasiswa bisa membaca tapi tidak semua mahasiswa yang bisa membaca secara cepat dan tepat. Kecepatan dan ketepatan dalam membaca sebuah teks akan sangat membantu mahasiswa mencapai hasil belajar yang maksimal.

Setiap harinya, seorang mahasiswa akan disibukkan oleh banyak hal. Selain urusan pribadi dan tugas, mahasiswa tertentu juga aktif mengikuti berbagai organisasi.

Ada juga yang bekerja karena kuliahnya tidak dibiayai oleh orang tua. Kadang mereka tidak punya banyak waktu untuk membaca. Di sinilah keterampilan membaca cepat berperan penting. Dengan waktu yang terbatas, seorang mahasiswa tetap bisa memahami maksud dari sebuah buku.

Menulis atau mencatat efektif

Sebagaimana diketahui, setiap mata kuliah memiliki jam terbatas dan akan mengalami pergantian dosen serta kelas. Mahasiswa yang tidak cekatan dalam menulis, bisa ketinggalan kereta. Meskipun bisa meminjam catatan teman dan mengerjakannya di rumah tetap saja itu tidak efisien karena menghabiskan waktu yang sebenarnya bisa digunakan untuk urusan lain.

Sesuatu yang seharusnya dikerjakan di kampus, sedapat mungkin tidak dibawa ke rumah kecuali memang pekerjaan rumah. Untuk bisa memahami pelajaran  dengan baik, dianjurkan mahasiswa bisa mencatat poin-poin penting saja. Jangan sampai menghabiskan waktu mencatat hal-hal yang bukan merupakan fokus atau inti dari pelajaran.

Memahami dan menyimpulkan

Selain membaca dan menulis, seorang mahasiswa juga harus memiliki kemampuan dalam memahami dan menyimpulkan sesuatu baik yang berasal dari buku, makalah, pembicaraan dosen dan teman. Semakin mudah dan lihai mahasiswa memahami teks maupun kata, semakin mudah ia menguasai materi pelajaran.

Mendengar secara maksimal

Salah satu metode pembelajaran di perguruan tinggi adalah ceramah dan diskusi. Ceramah biasanya dilakukan oleh dosen dan mahasiswa lebih banyak mendengarkan apa yang disampaikan oleh dosen tersebut.

Begitu juga dalam diskusi, beberapa kelompok akan menyampaikan ide-ide mereka. Untuk itu, diperlukan kemampuan mendengar yang baik agar semua pesan yang disampaikan dapat diserap secara utuh.

Mudah mengingat

Di akhir sesi biasanya dosen akan membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk bertanya tentang apa yang telah ia sampaikan. Dalam sebuah diskusi kelompok juga diberikan waktu bagi teman yang lain untuk mengomentari, bertanya dan memberikan masukan.

Jika seorang mahasiswa tidak bisa mengingat apa yang telah disampaikan, tentunya ia tidak akan bisa bertanya.  Hal ini juga akan merugikan mahasiswa itu sendiri nantinya ketika menghadapi ujian karena tidak ada satu pun pelajaran yang tertinggal di kepalanya.

Menyampaikan ide dengan lancar

Dis amping keterampilan di atas, salah satu kemampuan yang tidak kalah penting untuk dimiliki mahasiswa adalah berkomunikasi yang efektif. Mahasiwa di perguruan tinggi dituntut untuk lebih aktif dan bisa menyampaikan ide-idenya dengan tepat kepada orang lain baik dalam bentuk tulisan maupun lisan.

***

Melakukan  sesuatu  secara coba-coba dengan berbekal keterampilan itu berbeda hasilnya. Jika Anda memiliki kesungguhan untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi, mau tidak mau, Anda harus berusaha ekstra memiliki 6 keterampilan di atas.

Semoga bermanfaat ya.