Loading...

7 Tips Bangkit Dari Kegagalan Bisnis

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Bisnis

kegagalan bisnis

TERUSKAN.COM – Bisnis itu identik dengan ketidakpastian terutama bisnis yang masih seumur jagung dan dilakukan karena coba-coba. Memang ada pebisnis yang berhasil memiliki pendapatan pasif dari bisnisnya.

Akan tetapi, pebisnis yang seperti itu masih sedikit karena mereka memiliki insting bisnis yang kuat dan kecerdasan finansial diatas rata-rata. Dikatakan demikian, tidak lain karena mereka berhasil membuat uang bekerja untuk mereka.

Loading...

Sementara, pebisnis kecil cenderung dihadapkan pada ketidakjelasan hasil. Bisnis mereka belum stabil sehingga tak jarang ketika menghadapi berbagai hal, bisnis langsung mandeg. Kegagalan bisnis adalah momok yang menakutkan bagi pengusaha muda. Namun, harus diketahui bahwa pebisnis yang mapan saat ini hampir dipastikan telah melewati berbagai kegagalan dalam bisnis mereka di masa lalu.

Bangkit dari kegagalan adalah salah satu kunci menjadi pengusaha sukses. Bagi Anda yang saat ini sedang bingung karena mengalami kegagalan bisnis, cobalah simak beberapa tips bagaimana bangkit dari kegagalan bisnis berikut ini:

Deteksi sumber masalah

Tak bisa dipungkiri bahwa kegagalan terjadi disebabkan oleh masalah. Jika tidak ada masalah, tentunya tidak ada kegagalan. Akan tetapi, terkadang seorang pebisnis pemula tidak memahami apa masalah yang membuat bisnisnya hancur.

Banyak hal yang menjadi pemicu kegagalan. Dari sekian banyak penyebab tersebut, pasti ada penyebab utama. Temukan penyebab terbesar mengapa Anda gagal agar Anda bisa mengambil keputusan setelahnya.

Temukan strategi yang lebih baik

Jika sebuah strategi tidak mendatangkan hasil yang maksimal, cobalah mengganti strategi lain yang Anda yakini akan berpengaruh besar dalam bisnis. Berpikirlah kreatif dan aktif menemukan jalan terbaik.

Ladang baru yang lebih potensial

Kegagalan bisnis bisa jadi disebabkan oleh bidang yang digarap kurang potensial. Lakukan berbagai survei mendalam terhadap berbagai bisnis. Banyak hal yang mengubah prospek bisnis setiap waktunya.

Jika bidang yang Anda dalami kurang potensial, tidak ada alasan untuk mempertahankannya. Memilih bidang bisnis itu tidak bisa semata karena kita suka tapi apa yang dibutuhkan pasar.

Tak perlu malu selama punya niat baik

Ketika gagal, banyak orang yang malu. Mereka takut dibicarakan dan ditertawakan oleh orang-orang dilingkungan mereka terutama pesaing mereka. Sadarilah bahwa sukses atau belum suksesnya seseorang saat ini adalah proses.

Mungkin saat ini Anda gagal tapi esok belum tentu. Anda hanya perlu malu jika tidak punya niat yang baik untuk melaksanakan tanggungjawab.

Sadar bisnis itu menuntut kesabaran

Berbisnis itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Banyak orang yang mengatakan membesarkan sebuah usaha itu seperti merawat seorang bayi dari kecil hingga dewasa dan bisa mandiri. Anggapan ini tidaklah berlebihan tapi menunjukkan bahwa bisnis itu memang membutuhkan kesabaran dan butuh waktu.

Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan

Kegagalan bisnis mungkin membuat seseorang terlilit hutang tapi yakinlah bahwa tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Para pebisnis yang sukses di dunia saat ini bahkan menghabiskan sebagian besar hidup mereka untuk melunasi hutang-hutang. Hal ini sama sekali tidak menyurutkan mimpi mereka untuk mendapat hidup yang lebih baik.

Cari alternatif pemasukan

Ketika bisnis yang selama ini menyokong kebutuhan rumah tangga bangkrut, otomatis Anda mengalami masalah finansial. Jika masih punya sedikit tabungan, mungkin tidak terlalu susah bagi Anda bangkit. Jika tidak, carilah pekerjaan lain terlebih dahulu untuk memenuhi kebutuhan harian dan melunasi hutang-hutang.

***

Setiap bagian dalam hidup ini tidak penah luput dari masalah. Fokuslah pada bagaimana menyelesaikan masalah daripada memikirkan masalah itu sendiri. Belajarlah dari kegagalan Anda saat ini agar esok lebih baik. Semoga Anda bisa segera keluar dari masalah bisnis Anda.