Loading...

Tips Merawat Rambut Kering dan Mengembang

Penulis: Nuzulia Rubrik: Kecantikan, Wanita

cara-merawat-rambut

TERUSKAN.COM – Mempunyai rambut yang sehat dan indah adalah dambaan setiap wanita. Pun bagi mereka yang menggunakan hijab. Seperti kata pepatah, rambut adalah mahkota bagi para wanita. Maka, para wanita pun berlomba – lomba untuk merawat rambut untuk mendapat rambut yang sehat dan indah.

Berbagai macam perawatan rambut dilakukan dari yang sederhana hingga menggunakan teknologi yang mutakhir. Dan untuk soal yang satu ini, wanita juga tak enggan untuk merogoh koceknya dalam – dalam untuk mendapatkan rambut sehat idamannya.

Loading...

Akan tetapi, bagi beberapa wanita, untuk mendapatkan rambut yang sehat itu memiliki kendala. Beberapa permasalahan rambut seperti rambut yang berminyak, mudah kusut, mengembang, sulit diatur, bercabang, dan lain – lain menghantui para wanita dalam usahanya merawat rambut untuk mendapatkan rambut yang sehat.

Masalah ini tentu saja membuat wanita tak pede dalam berpenampilan. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan para wanita untuk mengatasi masalah rambut tersebut khususnya bagi mereka yang rambutnya mengembang.

Apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut yang kering mengembang? Berikut tipsnya.

1. Keramas secara rutin dengan shampoo yang tepat

Keramas atau membersihkan rambut secara rutin, perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan rambut. Setidaknya keramas dan bersihkan rambut secara rutin setiap hari sekali. Disarankan, gunakan shampoo yang mengandung banyak vitamin E. Vitamin E terkenal dapat memperbaiki rambut rusak.

2. Jaga kelembaban rambut

Salah satu yang menyebabkan rambut menjadi mengembang adalah rambut yang kering. Maka, agar tak kering, jaga kelembaban rambut anda. Gunakan kondisioner untuk membantu menjaga kelembaban rambut.

Caranya, gunakan kondisioner sehabis keramas, paling tidak seminggu sekali. Jangan sampai mengenai kulit kepala saat menggunakannya ya, karena bisa membuat rambut lepek dan berminyak. Pastikan pula untuk membilasnya dengan bersih. Jangan sampai ada sisa kondisioner yang masih menempel pada rambut setelah dibilas.

3. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan:

Terdapat beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat rambut agar tak mudah mengembang. Beberapa di antaranya yaitu

• Susu. Gunakan susu asli yang dicampur dengan air. Balurkan ke rambut sampai rambut terasa basah. Balurkan hingga merata. Diamkan selama 1 jam, kemudian keramas dengan menggunakan air bersih.

• Santan kental dan jeruk nipis. Campur santan kental dengan perasan air jeruk nipis secukupnya. Gunakan campuran santan kental dan perasan air jeruk nipis ini sebagai masker rambut. Tak lupa, tetap pastikan ramuan ini terpakai merata ke seluruh helai rambut. Kemudian, diamkan selama 30 menit dan keramaslah dengan air bersih.

4. Makanan  yang dapat menyehatkan rambut

Mengonsumsi banyak makanan sehat seperti buah dan sayur dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Makanan sayuran hijau seperti bayam bagus untuk menjaga kesehatan rambut. Sebaiknya hindari junk food karena kurang bergizi.

**

Selamat mencoba