Loading...

5 Tips Keuangan Keluarga Yang Sehat

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Finansial

keuangan keluarga

TERUSKAN.COM – Kehidupan sehari-hari sebuah keluarga tidak pernah luput dari masalah finansial. Uang memegang peranan penting dalam kelancaran hidup.

Hal ini tidak lain disebabkan hampir semua yang dibutuhkan oleh manusia dalam hidup terkait dengan uang. Makan, minum, sekolah, pergi bekerja, tempat tinggal, pergi wisata dan sebagainya membutuhkan uang.

Loading...

Tak heran bila sebagian orang mengatakan bahwa uang adalah sumber kehidupan. Saking besarnya peranan uang dan tidak ada yang bisa dilakukan tanpa uang. Namun, memiliki uang juga bukan berarti kehidupan akan baik-baik saja.

Tidak semua keluarga yang bisa mengatur keuangan mereka dengan bijak sehingga meskipun mereka memiliki uang tetap saja mereka menghadapi masalah keuangan.

Untuk mencapai kehidupan yang lancar dengan dukungan finansial yang baik, beberapa tips mengatur keuangan keluarga di bawah ini mungkin akan berguna :

Sumber uang masuk rutin

Memiliki sumber pendapatan yang rutin adalah sebuah keharusan. Jika tidak, bagaimana akan bisa memenuhi kebutuhan yang selalu menuntut untuk dipenuhi setiap waktu. Untuk mendapatkan pemasukan yang lancar dan tetap bisa dengan bekerja pada orang lain maupun berbisnis sendiri.

Tidak peduli apakah menjadi karyawan atau pengusaha, hal yang ditekankan disini adalah selalu ada uang masuk. Calon pemasukan itu sangat penting.  Tetaplah pertahankan pekerjaan Anda saat ini dan terus tingkatkan kinerja agar pemasukan bisa normal dalam jangka panjang.

Minimalisirlah kekhawatiran Anda. Jika saat ini Anda sedang menjadi karyawan dan ingin menjadi pengusaha, jangan terburu-buru resign. Lebih baik mempertahankan pekerjaan tetap Anda sementara waktu sampai bisnis Anda stabil.

Membeli karena kebutuhan

Salah satu penyebab masalah keuangan yang kurang disadari oleh sebagian besar orang adalah tidak bisa membedakan antara apa yang ia butuhkan dengan apa yang ia inginkan. Mereka menyamakan antara want dan need. Inilah hal yang paling berbahaya terhadap keuangan.

Ketahuilah bahwa apa yang Anda inginkan belum tentu Anda butuhkan. Keinginan lebih cenderung menurutkan nafsu dan mencelakakan karena menjauhkan dari logika.

Orang yang membeli berdasarkan keinginan tidak memiliki kesadaran yang baik, mereka hanya memenuhi kehendak hati saja. Membeli apa yang dibutuhkan itu jauh lebih baik dan menghindarkan seseorang dari sikap berfoya-foya atau menghambur-hamburkan uang.

Jangan tergoda berhutang

Hutang merupakan masalah yang membinasakan dan menyengsarakan sebagian besar orang. Mereka kehilangan ketenteraman hidup karena hutang yang menumpuk. Sekarang banyak cara yang dilakukan oleh pelaku bisnis untuk menarik minat masyarakat berhutang. Jika Anda yakin hutang itu tidak akan mengganggu kehidupan sehari-hari, tidak masalah.

Begitu juga, jika hutang bisa membuat hidup Anda lebih baik, maka tidak ada salahnya berhutang. Juga banyak pelaku bisnis yang sukses karena hutang. Namun, jika Anda bukan seorang pebisnis yang berpengalaman dan memiliki pemasukan yang tidak tetap, hindarilah berhutang.

Jaga pemasukan tetap lebih besar

Semua orang setuju bahwa semakin besar pemasukan, semakin lebih baik hidup mereka.Anda tentu sudah sering mendengar peribahasa, besar pasak daripada tiang. Harus selalu waspada, jangan sampai pengeluaran jumlahnya melebihi dari pendapatan.

Hemat dan sederhana

Apapun pekerjaan seseorang, tidak pernah terlepas dari resiko seperti PHK dan  bangkrut. Selain itu, kondisi kesehatan yang tidak baik juga bisa menyebabkan seseorang kehilangan pekerjaan.

Sakit, PHK dan gulung tikar tidak pernah diketahui kapan datangnya. Sebelum itu terjadi, tetaplah pertahankan hidup hemat dan sederhana.

***

Kehidupan seseorang berbanding lurus dengan keadaan keuangannya. Untuk memiliki kehidupan yang lebih baik, jauh dari rasa khawatir dan bahagia, kelolalah keuangan keluarga sejak dini sebelum hal-hal buruk terjadi.