Loading...

Cara Tepat Menggunakan Henna Untuk Kecantikan Kuku

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Fashion, Kecantikan, Wanita

manfaat henna

TERUSKAN.COM – Saat Anda menyebutkan kata henna, itu akan berhubungan dengan suatu perayaan. Baik itu festival, pernikahan atau pertemuan keluarga kecil, henna atau yang biasa disebut dengan daun pacar ini tentu menempati ruang khusus di hati kaum wanita. Pada dasarnya, aplikasi henna merupakan sesuatu yang menyenangkan dan membuat hati ceria.

Wanita menghias tangan dan kaki mereka dengan berbagai desain. Karena tampilannya yang unik dan terlihat rumit, orang biasanya meminta jasa seniman khusus untuk dibuatkan henna, karena tentu saja setiap wanita pasti ingin memiliki warna dan desain henna terbaik.

Loading...

Selain diterapkan pada tangan atau kaki, sekarang ini henna juga banyak diaplikasikan pada kuku sebagai pengganti kuteks atau cat kuku.

Mungkin Anda menggunakan henna hanya dengan tujuan kecantikan, namun tahukah Anda bahwa benda ini rupanya juga dapat berfungsi sebagai penguat kuku. Selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kilau pada rambut, perawatan kuku dengan henna juga adalah cara yang alami untuk merawat kuku.

Manfaat Menggunakan Henna

Maka dari itu, berikut paparan manfaat henna serta bagaimana metode penggunaan henna yang tepat.

Warna alami

Ini jelas salah satu poin plus yang bisa Anda dapatkan dengan penggunaan henna sebagai pewarna kuku. Meskipun waktu yang diperlukan cukup lama dan tidak secepat penggunaan cat kuku, namun henna akan memberikan tampilan warna alami dan aman yang tentu saja tidak akan memberi efek buruk pada kuku Anda.

Hampir tidak ada penyebab kerugian atau reaksi negatif dengan penggunaan henna. Selain itu, Anda juga dapat mengontrol warna yang Anda inginkan, dari oranye, merah hingga coklat gelap.

Penguat kuku

Seperti kulit dan rambut, kuku juga terdiri dari bahan protein yang disebut keratin. Karena alasan ini, henna cenderung mampu menguatkan kuku seperti halnya dengan kulit dan rambut.

Pewarna alami ini dapat mengikat dengan untaian keratin dan bekerja guna memperkuat kuku, sehingga perawatan kuku alami dengan menggunakan henna tentu akan melampaui manfaat dari setiap produk perawatan kuku buatan lainnya.

Perlindungan terhadap jamur

Ketika terdapat sebuah produk alami yang menjanjikan perawatan yang berkhasiat memperkuat kuku, mengapa tidak menggunakannya. Henna adalah salah satu produk alami tersebut yang baik untuk kesehatan kuku. Disamping untuk memperkuat, henna juga dapat membantu melawan terjadinya infeksi jamur.

Pada zaman dahulu, perempuan harus bekerja di ladang dengan tangan kosong tanpa menggunakan sarung tangan. Ini menyebabkan wanita rentan terhadap berbagai macam infeksi jamur. Namun dengan penggunaan henna pada kuku jari, mereka bisa mencegah terjadinya seluruh infeksi tersebut.

Cara Tepat Menggunakan Henna

Berikut adalah metode atau cara tepat penggunaan henna:

a). Pertama-tama siapkanlah seluruh bahan yang Anda perlukan, seperti henna, air beserta dengan cairan lemon. Henna harus cukup tebal untuk diterapkan dengan mudah pada kuku.
b). Campurkan henna dengan cairan lemon, namun pastikan bahwa henna yang Anda siapkan tidak terlalu berair namun juga tidak begitu padat.
c). Setelah menyiapkan bahan, cucilah jari-jari dan kuku Anda hingga bersih.
d). Singkirkan semua kutikula.
e). Oleskan lapisan petroleum jelly di sekitar kuku Anda untuk menghindari kulit dari berbagai noda akibat henna.
f). Kemudian terapkan pasta henna pada kuku secara perlahan dan hati-hati.
g). Setelah diterapkan, biarkan pasta henna mongering dengan sendirinya. Lalu Anda dapat menutupi ujung jari setelah henna kering.
h). Pada tahap ini, Anda dapat mengontrol warna henna sesuai dengan yang Anda inginkan, semakin lama Anda membiarkan henna mongering pada jari Anda, maka akan semakin gelap warna yang dihasilkan. Jadi, warna akan tergantung pada seberapa lama waktu yang Anda gunakan untuk mengeringkan.
i). Saat henna kering, hapuslah lapisan henna dari kuku Anda dengan menggunakan air bersih.

Ini adalah warna alami yang menjanjikan perawatan luar biasa untuk kuku Anda. Tidak hanya berfungsi untuk mempercantik kuku, tetapi juga membuatnya menjadi lebih kuat.