Loading...

Kombinasi Bahan Makanan yang Harus Dihindari

Penulis: Lailatul Ibadiyah Rubrik: Kesehatan

kombinasi makanan

TERUSKAN.COM – Karena kesibukan dan rutinitas yang padat, seringkali kita mengabaikan kombinasi makanan yang kita konsumsi setiap hari. Namun tidak semua menu yang kita pilih mengandung semua asupan yang baik untuk tubuh tersebut baik dikonsumsi bersamaan.

Kombinasi makanan yang salah dapat mengakibatkan gangguan pencernaan ringan, mulai dari sakit perut, diare, susah buang air besar, maupun perut kembung.

Loading...

Gangguan pencernaan ringan dapat sembuh paling lama dalam 2 hari. Sedangkan efek jangka panjang di antaranya sesak nafas, kulit kering, inflamasi kronis, insomnia, lemas, dan masalah pencernaan akut.

Untuk itu berikut kami menyajikan beberapa daftar kombinasi makanan yang harus Anda hindari sebisa mungkin.

Yogurt dan Buah Asam

Hindari konsumsi buah asam dengan produk olahan susu. Asam dalam buah yang tercampur dengan enzim dari susu lama kelamaan dapat membentuk racun dalam perut.

Pada awalnya racun ini dapat ditolerir oleh enzim yang ada dalam lambung dan usus, namun jika jumlahnya terlalu banyak dan pembentukan racun tersebut hampir setiap hari, dapat menyebabkan gangguan pencernaan, alergi, dan batuk ringan.

Disarankan Anda memilih yogurt tawar, campur dengan madu, kenari, dan kismis. Hindari kombinasi yogurt dan buah buahan asam seperti berry. Selain itu jangan mendinginkan yogurt buah Anda, biarkan dalam suhu ruangan.

Kombinasi Cereal, Susu dan Jus Jeruk

Jus jeruk mengandung asam yang dapat merusak enzim yang mencerna zat tepung dalam sereal. Selain itu asam pada jus jeruk juga mengubah susu menjadi mucus, yang berakibat pada munculnya lendir pada tenggorokan yang nantinya memicu batuk dan peradangan.

Anda disarankan minum jus jeruk 30 menit sebelum makan zat tepung dan produk olahan susu.

Buah Setelah Makan

Buah tidak bagus dikombinasikan dengan makanan lain. Buah mengandung gula sederhana yang mudah dicerna, sehingga tidak akan lama berada dalam sistem pencernaan. Makanan lain yang kaya akan lemak, protein, dan zat tepung akan berada lebih lama dalam perut, karena membutuhkan proses pencernaan lebih lama.

Mengonsumsi buah setelah makan, akan membuat proses pencernaan buah menjadi lebih lama dan membuat gula dalam buah berada dalam perut untuk waktu lebih lama dan nantinya akan berfermentasi.

Keju dan Omelet Daging

Kombinasi antara 2 jenis protein tidak disarankan. Satu jenis protein saja akan membutuhkan pencernaan yang lama. Sebaiknya ganti keju atau daging dengan sayuran.

Pisang dan Susu

Kombinasi pisang dan susu dapat membentuk racun yang menyebabkan bertambahnya berat badan dan memperlambat respon tubuh. Jika Anda menginginkan mengkombinasikan pisang dan susu, pilih pisang yang benar benar masak dan tambahkan cardamon dan nutmeg.

Lasagna

Protein hewani dan zat tepung membutuhkan enzim berbeda dan tingkat keasaman yang berbeda untuk dapat dicerna. Ketika keduanya dimakan bersama, maka tubuh akan dipaksa untuk memilih mencerna protein, namun tidak untuk zat tepung.

Menurut Herbert Shelton, zat tepung yang tidak dicerna akan berfermentasi dan didekomposisi, dalam waktu lama akan menghasilkan racun. Jika Anda menginginkan menikmati lasagna, menambahkan sayuran hijau akan membuatnya lebih baik.

Kacang dan Keju

Kombinasi kedua bahan ini menghasilkan gas dan dapat menyebabkan kembung. Hindari mengkonsumsi kombinasi makanan ini jika Anda memiliki sistem pencernaan yang lemah atau sedang dalam proses detoksifikasi.