Loading...

Hari AIDS Sedunia: Tips Pencegahan Penularan AIDS

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

Tips Pencegahan Penularan AIDS

TERUSKAN.COM – Hari AIDS Sedunia adalah hari khusus dimana orang-orang yang berada di segala penjuru dunia bersatu dan secara bersama-sama menyebarkan kesadaran tentang penyakit mengerikan ini.

Pada hari ini, orang-orang mencoba melakukan upaya yang terbaik untuk mendukung korban penyakit ini dan memeranginya bersama-sama. AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) merupakan tahap akhir dari infeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus).

Loading...

Setiap tahun, tepatnya pada tanggal 1 Desember, orang-orang memperingati Hari AIDS Sedunia. Dan umumnya diperingati dengan penggunaan pita merah. Anda mungkin telah membaca, melihat atau mendengar sebagian orang berusaha menyebarkan kesadaran tentang bahaya dari penyakit AIDS dan HIV.

Nah, terdapat sekumpulan tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit ini dan menghindari penularannya. Pada Hari AIDS Dunia ini, sebarkanlah kesadaran ini dan buatlah dunia bebas dari penyakit AIDS.

Mitos Tentang AIDS

Ada banyak mitos yang telah hinggap di pikiran orang-orang mengenai cara dan penularan AIDS. Nah, mitos ini sebenarnya tidaklah akurat karena AIDS tidak menyebar dengan mudah hanya melalui sentuhan.

Mitos-mitos tersebut antara lain:
– Berbagi pakaian dan kamar mandi dapat menyebabkan AIDS.
– Menyentuh pasien AIDS sangatlah berbahaya.
– AIDS dapat menular melalui batuk dan bersin.
– Gigitan nyamuk menyebabkan AIDS.
– Berenang di kolam renang yang sama dengan pasien AIDS dapat menyebabkan penularan.
– Berjabat tangan dengan penderita AIDS.
– Makan makanan atau berbagi dengan pasien AIDS.

AIDS tidak menyebar melalui semua mitos tersebut. Penyakit ini penularannya disebabkan melalui transfusi darah, melakukan hubungan intim tanpa menggunakan kondom, suntik jarum yang digunakan tidak steril, sering bergonta-ganti pasangan seks, penularan oleh ibu ke anak, dan lain-lain.

Cara Mencegah Penularan AIDS

Nah, setelah mengetahui bagaimana AIDS ditularkan, Anda juga sebaiknya memahami beberapa cara yang tepat untuk mencegah penularan AIDS dan HIV.

Abstain/menahan diri: Ini adalah salah satu tips terbaik untuk mencegah AIDS dan penyakit menular seksual lainnya. Tidak melakukan hubungan intim bisa menjadi trik terbaik untuk menghindari kemungkinan Anda terkena infeksi dan penyakit HIV.

Menggunakan perlindungan: Untuk mencegah infeksi AIDS dan HIV, Anda harus selalu menggunakan alat kontrasepsi sebagai perlindungan tubuh. Bahkan jika Anda terbawa dengan suasana hati, jangan lupa untuk menggunakan kondom. Penggunaan kondom saat bercinta mungkin memang akan membuat Anda sedikit kurang nyaman, tetapi sebaiknya jangan menghindari tips pencegahan ini demi menjaga kesehatan Anda.

Cukup miliki satu pasangan: Jadikanlah diri Anda monogami dengan hanya setia pada satu pasangan saja. Lakukan kontak fisik hanya dengan pasangan Anda, sebab melakukan hubungan intim dengan terlalu banyak mitra, terutama tanpa menggunakan perlindungan, tentu dapat benar-benar berbahaya.

Jangan berbagi jarum suntik: Jarum suntik yang digunakan secara bergantian dengan kebersihan yang tidak terjamin dapat sangat berisiko. Penyebaran AIDS dapat ditularkan melalui transfusi darah, maka dari itu berhati-hatilah sebelum menggunakan jarum suntik.

Hindari ASI: Menurut US Department of Health and Human Services, ASI dapat mengandung virus HIV, sehingga sebaiknya menghindari kontak ASI dengan membran mukosa mulut. Jadi, para ibu yang memiliki balita, segeralah memeriksakan diri Anda terlebih dahulu agar penularan AIDS tidak terjadi.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya penularan infeksi HIV/AIDS. Sebarkanlah tips-tips di atas untuk meninngkatkan kesadaran orang-orang tentang bahaya AIDS.