Loading...

8 Cara Agar Baterai Smartphone Tidak Cepat Habis

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Teknologi

Baterai ponsel

TERUSKAN.COM – Daya smartphone yang cepat habis memang menjadi masalah. Risiko terparah adalah anda tidak dapat menghubungi siapapun saat tertimpa musibah. Akan tetapi sebenarnya baterai smartphone yang boros dapat dicegah dengan penggunaan bijak.

Di bawah ini ada beberapa trik agar baterai smartphone tidak cepat habis.

Loading...

1. Aktifkan Airplane Mode Ketika Mengisi Daya

Sebagian besar charger ponsel memberikan daya agar Anda tetap bisa menggunakan ponsel meski dalam keadaan charging. Oleh karena itulah, anda tidak perlu mematikan ponsel ketika mengisi baterai.

Sebaiknya anda mematikan jaringan data dan mengaktifkan airplane mode. Ini akan membuat baterai ponsel anda terisi dengan cepat dan simpanan daya pun juga lebih awet.

2. Jangan tunggu daya baterai habis total

Baterai yang digunakan pada ponsel sekarang ini terbuat dari bahan dasar lithium. Usia baterai lithium akan berkurang jika daya dibiarkan habis sampai 0%. Sehingga ada baiknya isi baterai ketika daya sudah berada di.bawah 20%. Jika sudah penuh, segera cabut ponsel dari charger.

3. Hindari penggunaan mode getar

Mode getar di smartphone adalah alternatif yang sering dipilih untuk tetap berkomunikasi tanpa mengganggu orang sekitar. Akan tetapi faktanya mode getar ini malah membuat baterai smartphone menjadi cepat habis. Untuk mengantisipasinya, maka gunakan HP mode mute atau silent.

4. Matikan fitur Wi-Fi, GPS dan Bluetooth ketika tidak digunakan

Pastikan bahwa fitur-fitur di atas selalu berada dalam posisi off saat tidak digunakan. Jika tidak, maka fitur-fitur tersebut akan memperbaharui sinyal dan jaringan secara terus menerus yang akan membuat daya baterai ponsel terkuras lebih cepat.

5. Pilih hitam sebagai warna latar layar ponsel

Layar yang diterapkan pada smartphone sekarang ini hampir keseluruhan berjenis Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode (AMOLED). Jenis layar ini akan memancarkan cahaya sendiri per piksel.

Nah jika layar smartphonemu hitam, maka seluruh piksel HP akan dimatikan sehingga daya baterai pun lebih hemat.

6. Gunakanlah charger sesuai dengan jenis baterai

Sejumlah smartphone memiliki jenis charger yang sama. Akan tetapi perlu diingat bahwa charger yang tidak sesuai dengan HP hanya akan membuat baterai cepat bocor. Oleh karena itulah pastikan chargernya sesuai dengan spesifikasi baterai. Jangan sampai voltase yang dimiliki charger lebih tinggi dari baterai hp anda.

7. Ketika sedang mencharger HP, letakkan di atas benda yang tidak menyerap panas

Hindarilah menaruh ponsel di atas benda yang menyerap panas saat dicharger. Selain akan memperpendek usia baterai, kemungkinan hangus juga lebih besar. Ketika sedang dicharge, suhu baterai akan naik.

Hindarilah meletakkan ponsel di atas benda yang menyerap panas seperti kasur, bantal atau badan anda. Sebaiknya letakkan ponsel di atas meja kayu atau buku.

8. Jangan sering menggunakan powerbank

Powerbank memang menjadi solusi saat baterai hp habis. Akan tetapi mengisi daya baterai lewat stop kontak jelas lebih dianjurkan karena arusnya lebih stabil dan aman yang tidak akan menimbulkan panas pada ponsel.

Selain itu, baterai smartphone juga bisa terisi dengan cepat. Penggunaan powerbank sebaiknya jangan terlalu sering dan tidka sampai penuh. Isilah hingga bertambah sekitar 20% saja.