Loading...

8 Manfaat Markisa Kuning Untuk Kesehatan

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

buah markisa kuning

TERUSKAN.COM – Buah markisa adalah salah satu buah yang cukup familiar di Indonesia. Buah markisa memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi karena mengandung vitamin C.

Selain itu, buah markisa juga mengandung nutrisi lainnya seperti mineral, vitamin, protein, kalsium, energi, lemak, serat, fosfor, zat besi, asam sitrat, beta karoten, riboflavin, tiamin, niasin, asam askorban dan masih banyak lagi.

Loading...

Sehingga tidak mengherankan jika buah markisa sangat baik bagi kesehatan tubuh dan mampu mencegah serta mengatasi berbagai penyakit. Buah markisa kuning memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia.

Berikut ini ada beberapa manfaat buah markisa kuning untuk kesehatan tubuh, antara lain :

1. Memperlancar sistem pencernaan

Buah markisa kuning mengandung serat yang tinggi sehingga sangat baik dalam mengatasi masalah pencernaan seperti diare, buang air besar, sembelit dan wasir.

Mengonsumsi buah markisa ini sangat efektif untuk membersihkan saluran pencernaan dan usus sehingga kesehatannya pun dapat terjaga dengan baik

2. Mengobati asma

Jika anda mengonsumsi buah asma secara rutin, maka masalah sesak nafas atau asma pun dapat terobati. Hal ini lantaran buah markisa mengandung vitamin C dan zat lainnya yang mampu memblokir histamine yang memicu asma.

3. Mencegah dan memberantas sel kanker

Buah markisa kaya akan zat antikosidan, di mana zat antioksidan ini adalah senyawa yang baik dalam mencegah serangan radikal bebas dan menghancurkan sel-sel kanker di dalam tubuh manusia.

4. Mengatasi anemia

Buah markisa mengandung zat besi yang efektif dalam mencegah dan mengatasi anemia. Hal ini dikarenakan zat besi mampu membantu pembentuk sel darah merah did alam tubuh.

Jika sel darah merah di dalam tubuh berkurang, maka anda pun akan sering mengalami pusing dan cepat lelah.

5. Mengatasi insomnia

Bagi anda yang mengalami masalah susah tidur, sepertinya baik untuk mulai rutin mengonsumsi buah markisa. Hal ini dikarenakan buah markisa memberikan efek ngantuk bagi mereka yang mengonsumsinya. Sehingga bagi Anda yang merasa memiliki insomnia, rutinlah mengonsumsi buah markisa untuk mengatasinya.

6. Menjaga daya tahan tubuh

Mengonsumsi buah markisa secara rutin juga mampu menjaga ketahanan tubuh. Oleh karena itulah tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus maupun perubahan cuaca.

7. Membantu menurunkan berat bedan

Jika Anda sedang menjalankan program diet, maka buah markisa ini bisa membantu melancarkan misi Anda. Hal ini karena buah markisa kaya akan serat dan vitamin C juga rendah lemak sehingga efektif dalam membakar lemak yang ada di dalam tubuh.

8. Sumber energi

Bagi anda yang sering merasa kelelahan karena melakukan berbagai aktivitas, maka buah markisa ini bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda. Buah markisa dipercaya mampu membangkitkan kembali stamina tubuh yang hilang. Buah markisa juga mengandung mineral yang baik dalam mencegah dehidrasi.

Nah itulah berbagai manfaaat buah markisa kuning yang baik bagi kesehatan tubuh. Sebenarnya masih ada banyak manfaat kesehatan yang dihasilkan dengan mengonsumsi buah markisa.

Jadi mulai sekarang anda bisa mulai rutin mengonsumsi buah markisa karena kandungan mineral di dalamnya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Apalagi buah markisa kuning ini juga cukup mudah ditemukan di supermarket atau toko buah.