Loading...

Manfaat Sehat Buah Matoa Untuk Tubuh

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

manfaat matoa

TERUSKAN.COM – Matoa (Pometia pinnata) adalah salah satu tanaman buah khas Papua. Matoa tergolong sebagai pohon besar yang memiliki ketinggian rata – rata 18 meter dengan diameter lingkar rata – rata 100 cm. Buah ini panen hanya satu kali dalam setahun. Mulai berbunga pada bulan Juli hingga Oktober dan berbuah 3 atau 4 bulan setelahnya.

Terdapat 2 jenis buah matoa yaitu matoa kelapa dan matoa papeda. Ciri yang membedakan dari kedua jenis buah matoa ini adalah terletak pada tekstur buahnya. Untuk rasa, keduanya berasa sangat manis dan segar

Loading...

Matoa kelapa dicirikan dengan daging buah sangat kenyal seperti rambutan aceh, diameter buah 2,2 – 2,9 cm dan diameter biji 1,25 – 1,40 cm. Sedangkan matoa papeda dicirikan dengan daging buah sedikit lembek dan lengket, berdiamater buah 1,4 – 2,0 cm.

Penyebaran buah matoa di Papua terdapat di seluruh wilayah dataran rendah sampai ketinggian mencapai 1200 meter dpl. Tumbuh subur pada daerah dengan kondisi tanah sedikit kering (tidak mudah tergenang oleh air) dan memiliki lapisan tanah yang cukup tebal.

Iklim yang diperlukan untuk pertumbuhan pohon ini adalah iklim bercurah hujan cukup tinggi. Matoa juga banyak dijumpai pada beberapa daerah di Sulawesi, Maluku dan Papua New Guinea, karena tanaman ini sangat mudah beraptasi dengan cuaca panas maupun dingin.

Manfaat buah matoa untuk kesehatan adalah :

1). Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah matoa berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan karena buah ini kaya akan kandungan vitamin C.

Vitamin C berperan aktif untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap gangguan beberapa penyakit tertentu. Apabila daya tahan tubuh meningkat maka anda akan terhindar dari serangan virus beberapa jenis penyakit.

2). Menghilangkan stres

Buah matoa dapat menghilangkan stres. Di dalam buah matoa terkandung zat yang ampuh digunakan sebagai media penenang pikiran.

Salah satu zat tersebut adalah vitamin E yang dapat membantu mengurangi stres dan kelelahan pikiran. Konsumsi langsung buah matoa segar secara rutin dapat membantu anda tetap merasa sehat.

3). Mengurangi risiko sakit jantung

Buah matoa membantu mengurangi resiko terkena sakit jantung. Apabila anda adalah seseorang dengan pola makan yang kurang sehat karena terlalu sibuk beraktifitas, maka dengan mengonsumsi buah matoa segar dapat membantu mengurangi resiko terkena sakit jantung.

4). Mengobati disentri

Buah matoa mengobati sakit disentri. Untuk mengobati disentri dengan menggunakan buah matoa, anda dapat memanfaatkan daunnya. Caranya sangat mudah yaitu sediakan daun matoa lalu direbus hingga zat – zat dalam daun larut di air.

Selanjutnya minum larutan ini hingga sakit anda sembuh, obat alami ini sudah dipercaya sejak jaman dahulu sebagai salah satu obat herbal.

**

Itulah beberapa manfaat dari tanaman buah matoa untuk kesehatan. Anda dapat mengkonsumsinya dalam keadaan segar, bisa juga dengan  diolah menjadi makanan atau minuman yang bercita rasa lezat dan bergizi.

Semoga artikel ini bermanfaat.