Loading...

6 Cara Alami Atasi Sakit Tenggorokan Pada Bayi

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Keluarga, Kesehatan

bayi sakit tenggorokan

TERUSKAN.COM – Bayi sangat sering mengalami infeksi tenggorokan ringan atau berat. Penyebabnya tentu datang dari berbagai hal, misalnya bayi Anda mengambil sesuatu dari lantai dan kemudian memakannya. Ini bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya infeksi tenggorokan.

Selain itu, Anda juga harus memastikan untuk memberi makanan yang tepat pada bayi. Biasanya terdapat orang tua yang acuh dan kurang memberi perhatian pada apapun yang dikonsumsi bayi mereka. Padahal jenis makanan tertentu dapat berpengaruh buruk terhadap tenggorokan bayi.

Loading...

Hal yang paling menyedihkan adalah, saat bayi menderita sakit tenggorokan, mereka tidak dapat mengonsumsi makanan atau minuman apa pun. Hal ini disebabkan karena rasa sakit dan peradangan pada tenggorokan yang membuat bayi tidak mampu mencerna makanannya.

Dan karena sistem tubuh bayi belum begitu mampu menyerap pengobatan berbasis kimia dengan sempurna, Anda dapat memilih pengobatan rumah untuk menyembuhkan sakit tenggorokan pada bayi.

Jahe dan Madu

Jahe dan madu merupakan pengobatan alami yang dapat Anda buat di rumah guna mengobati sakit tenggorokan yang menyerang bayi Anda. Madu dikenal mampu menenangkan peradangan di tenggorokan, dan jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif melawan terjadinya infeksi.

Untuk membuat pengobatan ini, parutlah jahe hingga menjadi bubuk halus dan tambahkan madu secukupnya. Biarkan bayi Anda menghisap campuran tersebut.

Minyak Mustard

Selain jahe dan madu, minyak mustard juga berkhasiat mengatasi sakit tenggorokan pada bayi. Pertama-tama, hangat minyak mustard, kemudian oleskan pada tenggorokan bayi disertai dengan pijatan lembut.

Pengobatan ini sangat membantu untuk mengatasi infeksi pada bayi.

Air Hangat

Air hangat telah diakui menjadi solusi terbaik untuk menyembuhkan sakit tenggorokan, bukan hanya pada bayi, tetapi juga baik untuk orang dewasa. Air hangat dapat membunuh bakteri di tengoorokan sehingga memberi efek menenangkan.

Minyak Kayu Putih

Siapkan sebuah wadah lalu tuangkan sedikit minyak kayu putih yang sudah dihangatkan. Ambillah kain halus kemudian celupkan kain tersebut ke dalam wadah yang berisi minyak kayu putih.

Sapukan kain pada leher bayi sambil memberi pijatan lembut. Anda juga dapat mengoleskan minyak kayu putih pada daerah punggung dan perut bayi Anda untuk penyembuhan yang sempurna.

Bawang Putih

Hancurkan beberapa suing bawang putih lalu rebus ke dalam air. Setelah mendidih, biarkan air rebusan bawang putih dingin dengan sendirinya.Setelah itu, dengan bantuan pipet, masukkan beberapa tetes air ke dalam mulut bayi.

Hal ini akan mengurangi rasa sakit dan membantu bayi untuk dapat menelan cairan dan makanan.

Lemon dan Madu

Campurkan beberapa tetes cairan lemon dengan madu secukupnya, lalu letakkan sedikit pada lidah bayi Anda dan biarlan bayi menelannya. Pengobatan ini sangat efektif mengatasi rasa sakit pada tenggorokan.

**

Itulah beberapa penyembuhan yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi sakit tenggorokan khususnya pada bayi. Jika bayi Anda menangis sepanjang malam akibat sakit tenggorokan dan merasa lapar karena tidak mempu mencerna makanan, segeralah mencoba pengobatan alami di atas.

Apabila pengobatan tersebut rupanya tidak memberikan perkembangan positif, kunjungi dokter ahli untuk melakukan pemeriksaan pada bayi.