Loading...

Tips dan Ide Desain Kamar Mandi Mungil

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Desain

kamar mandi mungil

TERUSKAN.COM – Banyak orang beralasan bahwa ia tidak suka dengan kamar mandinya karena kecil sehingga membuatnya tidak nyaman dan tidak leluasa.

Sebenarnya ini tidak akan terjadi jika Anda mau mensiasati bagaimana kamar mandi mungil atau kecil itu berubah menjadi cantik dan indah sehingga Anda menjadi nyaman untuk berada di dalamnya apakah untuk mandi, luluran, dan kepentingan lainnya.

Loading...

Pada dasarnya, ukuran kamar mandi tidak terlalu menentukan apakah Anda akan nyaman berada di dalamnya atau tidak. Kamar mandi ukuran kecil tidak mesti membuat Anda tidak nyaman dan sebaliknya, ukuran kamar mandi yang besar juga belum tentu bisa membuat Anda nyaman.

Jadi, intinya adalah tergantung bagaimana cara mendesain kamar mandi mungil agar jadi lebih nyaman.

Sesuaikan Ukuran Bathtub atau Bak Mandi

Hal pertama yang penting Anda perhatikan adalah sesuaikan ukuran bathtub atupun bak mandi dengan ukuran kamar mandi Anda. Jika ukuran kamar mandi Anda minimalis, maka alangkah baiknya jika Anda menggunakan bathtub atau bak mandi ukuran kecil.

Biasanya bak mandi dan bathub ini dijual dengan berbagai ukuran sehingga Anda bisa leluasa mencocokkannya dengan ukuran kamar mandi Anda. Poin ini tidak terlalu menjadi persoalan jika Anda memakai shower.

Atur Segala Sesuatu dengan Rapi

Kamar mandi yang sempit akan semakin sempit jika Anda tidak bisa mengatur segala perlengkapan dengan rapi. Letakkan segala sesuatunya dengan rapi dan kurangi pemakaian ‘atribut’ yang tidak begitu penting karena bisa menambah sempitnya kamar mandi Anda.

Cukup dengan gantungan handuk, cermin, tempat sabun, gosok gigi atau sejenisnya maka sudah bisa membuat kamar mandi mungil Anda menjadi lebih luas.

Jika Anda ingin bunga atau tanaman, maka Anda juga bisa meletakkan tanaman dengan pot kecil ditempel di dinding ataupun diletakkan dipojok kamar mandi.

Berikan Warna Terbaik

Pemilihan warna dinding kamar mandi juga berpengaruh nyaman atau tidaknya Anda didalam kamar mandi mungil. Ada baiknya jika Anda menggunakan warna yang cerah seperti krem, coklat muda, putih atau hijau agar kamar mandi terlihat lebih luas dan mata Andapun dimanjakan dengan warna-warna menarik tersebut.

Anda juga bisa menyesuaikan pilihan warna dinding dengan warna bak mandi atau bathtub agar terlihat lebih indah. Jika perlu, hindari paduan warna yang kontras atau berlawanan.

Perhatikan Kebersihan

Salah satu faktor kenyamanan adalah bagaimana kebersihan kamar mandi tersebut. Sebesar apapun kamar mandi Anda, tetap saja akan membuat Anda merasa tidak nyaman jika kondisinya kotor. Sebaliknya, kamar mandi yang mungil bisa menjadi tempat yang cantik dan nyaman jika Anda bisa menjaga kebersihannya setiap hari.

Untuk kebersihan udara, Anda juga bisa membuat fentilasi agar udara bisa bebas keluar masuk. Jika perlu, Anda juga bisa menaruh pewangi kamar mandi agar Anda lebih nyaman didalamnya.

Pintu Transparan

Pintu transparan berguna untuk membuat ruang kamar mandi mungil terasa lebih besar karena mata Anda tidak dibatasi hanya didalam kamar mandi, tapi Anda juga bisa melihat ruangan diluar kamar mandi.

Selain itu, dengan memilih pintu yang terbuat dari kaca, maka cahaya dari luar ruangan bisa masuk dengan mudah sehingga kamar mandi terkesan lebih luas.

**

Nah, itulah beberapa kiat dalam menjadikan kamar mandi mungil menjadi cantik, indah dan membuat Anda merasa nyaman didalamnya. Poin-poin tersebut tidak hanya membawa kenyamanan bagi Anda, tetapi juga ikut mengambil Andil pada kebersihan dan kesehatan Anda dan keluarga.

Jika kamar mandi Anda bersih dan nyaman, maka kesehatan Andapun tidak akan terganggu karena kuman-kuman ataupun bakteri juga tidak bersarang di sana.

Semoga artikel ini bermanfaat.