Loading...

Makanan Sehat Penyembuh Sakit Kepala

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

Obat-Alami-Untuk-Atasi-Sakit-Kepala

TERUSKAN.COM – Sakit kepala memang sangat menyesakkan, tidak peduli apa penyebabnya. Segala aktivitas akan terganggu bahkan terhambat begitu sakit kepala menyerang. Studi telah membuktikan bahwa ada makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menenangkan sakit kepala.

Jenis Sakit Kepala

Pada dasarnya terdapat dua jenis sakit kepala. Yang pertama adalah sakit kepala primer, ini merupakan jenis sakit kepala yang disebabkan oleh aktivitas yang berlebih dari struktur nyeri pada kepala.

Loading...

Jenis sakit kepala ini tidak disebabkan oleh penyakit, tetapi karena konsumsi alkohol, daging merah, postur tubuh yang buruk, kebiasaan tidur yang tidak benar atau akibat stres.

Jenis lainnya adalah sakit kepala sekunder, rasa sakit pada kepala akan timbul karena terdapat penyakit dalam tubuh, yang kemudian membangkitkan saraf sensitif di kepala. Sinusitis akut, tumor otak, dehidrasi, serta infeksi telinga merupakan beberapa dari banyak alasan yang dapat memicu terjadinya sakit kepala ini.

Ada berbagai cara untuk mencegah sakit kepala. Mengkonsumsi pereda nyeri, minum banyak air, minum secangkir kopi, kompres, memijat kulit kepala dan berlatih teknik relaksasi adalah beberapa cara yang dianggap ampuh unntuk sakit kepala, khusunya untuk jenis primer. Tapi, sakit kepala sekunder dapat diobati hanya dengan perhatian medis yang tepat untuk mendapatkan prognosis yang baik.

Makanan Sehat Penyembuh Sakit Kepala

Berikut ini adalah beberapa makanan sehat untuk meredakan bahkan menyembuhkan sakit kepala, yang dapat menjadi solusi efektif bila Anda lakukan pada waktu yang tepat:

Kentang Panggang

Ini adalah salah satu makanan yang efektif meredakan sakit kepala, terutama jika rasa sakit ditimbulkan akibat konsumsi alkohol. Alkohol adalah diuretik yang menjadi unsur utama penyebab dehidrasi dan hilangnya elektrolit dalam tubuh, yang mana akan berujung pada sakit kepala.

Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium seperti kentang panggang adalah salah satu cara untuk membantu meringankan sakit kepala Anda.

Semangka

Salah satu alasan utama penyebab sakit kepala adalah dehidrasi. Jadi, konsumsi pil sebenarnya bukanlah cara yang terbaik. Anda dapat memilih semangka, salah satu makanan sehat untuk sakit kepala.

Setiap makanan yang mengandung kadar air yang tinggi seperti sup, melon, mentimun, tomat dan selada juga dapat menjadi solusi. Buah semangka kaya akan mineral seperti magnesium, yang merupakan kunci untuk mencegah terjadinya sakit kepala.

Kopi

Kopi juga mampu meredakan sakit kepala, terutama bila rasa sakit disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol. Namun harus Anda perhatikan jumlah asupan kopi, batasi hingga satu cangkir saja. Apabila Anda mengkonsumsi terlalu banyak, maka ini akan menyebabkan dehidrasi dan dapat memperparah sakit kepala Anda.

Kacang almond

Almond adalah salah satu makanan sehat yang tidak hanya efektif untuk mengatasi sakit kepala, namun juga berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit lainnya. Almond kaya akan magnesium, yang dapat membantu memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah yang menegang.

Saat Anda menderita migraine, almond dapat menjadi pilihan terbaik, makanan seperti pisang, alpukat, serta kacang-kacangan lainnya juga akan sangat membantu.

Salsa pedas

Salsa merupakan makanan yang efektif untuk mengobati sakit kepala terutama yang disebabkan oleh kemacetan sinus, makanan pedas akan membantu mendorong keluarnya lendiri dan saluran udara serta menurunkan tekanan. Makanan panas dan pedas lainnya seperti cabai juga akan efektif.

Bersantai

Menkonsumsi beberapa makanan dan minuman diatas merupakan solusi pemulihan cepat untuk menyingkirkan sakit kepala. Namun, jika ternyata solusi tersebut tidak membuahkan hasil, cobalah sejenak mengistirahatkan tubuh dan pikiran.

Lakukan hal-hal yang Anda senangi untuk meningkatkan suasana hati dan menyingkirkan sakit kepala.