Loading...

6 Pengobatan Efektif Mengatasi Asam Urat

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

obat asam urat

TERUSKAN.COM – Asam urat, diproduksi oleh pemecahan purin, dibawa ke dalam darah dan kemudian melewati ginjal. Asam urat ini biasanya keluar dari tubuh bersamaan saat Anda buang air kecil, namun ada kalanya asam urat hanya tinggal dalam tubuh Anda dan seiring dengan berjalannya waktu, jumlah asam urat akan terus meningkat.

Ini sangat berbahaya bagi siapa saja yang mengalaminya, mengingat bahwa asam urat yang tinggi berarti sebuah masalah besar bagi kesehatan tubuh.

Loading...

Sangat penting untuk mengontrol asam urat tinggi. Tapi, sebelum Anda belajar untuk mengendalikannya, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab timbulnya asam urat.

Lazimnya, penyakit ini disebabkan karena masalah genetik sehingga bahkan dengan melakukan pencegahan apapun, terkadang Anda tidak dapat menghindari. Obesitas dan ketidakmampuan ginjal untuk menyaring sisa makanan juga menjadi penyebab asam urat dalam tubuh.

Setelah menyadari beberapa penyebab tersebut, Anda perlu menemukan cara yang tepat untuk mengendalikan asam urat, simaklah beberapa cara berikut yang efektif untuk mengatasi penyakit ini.

Mengonsumsi Makanan Kaya Serat

Menurut penelitian, makanan yang kaya akan serat dapat membantu mengontrol asam urat dalam tubuh. Jadi, jika Anda ingin mengatasi asam urat yang tinggi, jangan lupa untuk menyertakan banyak makanan serat dalam menu harian Anda.

Anda dapat mulai dengan mengonsumsi gandum, bayam, brokoli dan makanan sehat lainnya dalam rangka meningkatkan asupan serat dalam tubuh Anda.

Memasak Dengan Minyak Zaitun

Ya, untuk melakukan perawatan terhadap asam urat, Anda dapat mencoba untuk memasak dengan menggunakan minyak zaitun. Cara ini dikatakan lebih sehat daripada menggunakan mentega atau minyak nabati.

Minyak biasa akan menghasilkan lemak tengik yang cenderung membunuh Vitamin E dalam makanan yang Anda masak yang kemudian pada gilirannya menghasilkan asam urat. Jadi, mulailah menggunakan minyak zaitun saat memasak atau memanggang makanan.

Hindari Konsumsi Kue Terlalu Banyak

Cemilan yang manis seperti kue tentu akan terasa nikmat apalagi jika dipadukan dengan teh hangat. Tapi, sudah waktunya untuk segera menghindari atau paling tidak mengurangi konsumsi makanan ini.

Mengapa? karena makanan ini berperan dalam menimbulkan asam urat tinggi dalam tubuh Anda. Untuk mengontrol asam urat tinggi, yang Anda butuhkan adalah dengan membatasi konsumsi kue manis.

Mengonsumsi Air

Air adalah solusi untuk sebagian besar masalah kesehatan tubuh. Minumlah sekitar 2 hingga 3 liter air dalam sehari untuk mengontrol asam urat tinggi dalam tubuh Anda.

Mengapa air? Ketika Anda mengkonsumsi air, asam urat memerah keluar dari ginjal Anda dalam bentuk urin. Jadi usahakan untuk minum banyak air guna mengatasi masalah kesehatan ini.

Konsumsi Rutin Ceri

Ceri adalah substansi yang ideal untuk serangan asam urat karena buah ini memiliki sifat anti-inflamasi. Ya, jadi masukkanlah ceri ke dalam diet harian Anda untuk mengontrol asam urat yang tinggi.

Idealnya, Anda harus mengkonsumsi 10 sampai 40 buah ceri dalam sehari secara teratur. Namun jangan langsung mengonsumsi semua ceri sekaligus, karena ini bisa saja menyebabkan masalah kesehatan lain.

Tingkatkan Asupan Vitamin C

Mengonsumsi suplemen atau makanan yang kaya akan vitamin C setiap harinya merupakan solusi yang baik dalam mengendalikan asam urat. Maka dari itu mulailah rutin mengkonsumsi vitamin C.