Loading...

Tips Pengobatan Keputihan Pada Wanita

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan, Wanita

keputihan

TERUSKAN.COM – Ketika hormon dalam tubuh Anda mengalami perubahan, maka hal itu cenderung akan membuat perubahan dalam perilaku tubuh Anda. Anda akan mendapati bahwa keputihan juga merupakan hasil dari perubahan hormon yang terjadi pada tubuh Anda.

Ketika alat kelamin melepaskan cairan putih, Anda mungkin tidak akan begitu cemas dan menganggap hal tersebut memang sesuatu yang normal terjadi pada wanita.

Loading...

Namun apa jadinya bila cairan putih itu mengeluarkan aroma busuk? Keputihan yang disertai dengan bau busuk merupakan sesuatu yang harus Anda atasi secepat mungkin. Apalagi bila gejala ini dilengkapi dengan sakit perut.

Anda akan menyadari bahwa setiap kali cairan putih keluar, perut Anda juga akan terasa sakit. Selain itu, keputihan juga dapat menyebabkan rasa gatal, dan ini bisa menjadi hal yang cukup sulit untuk ditangani.

Bagi beberapa wanita, keputihan adalah bagian dari siklus pra-menstruasi, ini dapat menjadi tanda awal periode menstruasi. Namun dalam beberapa kasus, banyak wanita yang mengalami keputihan akibat stres atau diet yang tidak tepat.

Kadang-kadang infeksi vagina tertentu juga bisa menyebabkan keputihan. Maka dari itu sangat penting untuk memahami fenomena keputihan dan apa penyebab dari masalah ini.

Periksa Keputihan Anda

Langkah pertama menuju mengatasi keputihan adalah dengan memahami jenis keputihan yang Anda derita.

Normalnya, keputihan tidak akan menimbulkan bau apapun dan ini hanya merupakan proses tubuh untuk menjaga vagina agar tetap bersih dan bebas dari kuman. Namun apabila keputihan disertai dengan bau dan rasa gatal, maka itu dapat menjadi pertanda yang cukup buruk.

Faktor Penyebab Keputihan

Coba Anda amati perubahan apa saja yang terjadi pada tubuh Anda. Ketika Anda akan berovulasi, tubuh Anda membebaskan cairan putih, hal ini bahkan sering terjadi ketika Anda menyusui, sedang berada di bawah kontrol obat, saat siklus menstruasi dan bahkan ketika Anda sedang hamil.

Apabila keputihan muncul dalam kondisi tersebut, maka itu adalah normal. Keputihan yang abnormal biasanya juga disebabkan karena penggunaan produk kecantikan pada vagina.

Bersihkan Dengan Tissu

Apabila Anda mengalami keputihan yang tidak normal, salah satu cara mengatasinya adalah dengan menghapus cairan keputihan berlebih dengan menggunakan tissue setiap kali Anda buang air kecil. Namun pastikan Anda hanya menghapus sisi luarnya saja.

Jangan memasukkan benda apapun ke dalam vagina karena hal seperti itu dapat membahayakan vagina dan meningkatkan jumlah cairan keputihan.

Rutin Berganti Pakaian Dalam

Mengenakan pakaian dalam yang sama sepanjang hari dapat menyebabkan suasana tidak higienis dan meningkatkan masalah yang terkait dengan organ vital tubuh.

Maka dari itu rutinlah mengganti pakaian dalam Anda setidaknya dua atau tiga kali dalam sehari. Ini akan membantu menjaga tubuh Anda agar tetap berada pada kondisi higienis.

Gunakan Pantyliner

Bilamana keputihan yang dilepaskan oleh tubuh tidak tidak terkendali, kenakan pantyliner, dan rutinlah menggantinya dengan yang baru setiap kali Anda merasa kurang nyaman. Namun ini seharusnya hanya digunakan dalam kasus keputihan yang paling ekstrim.

**

Keputihan pada wanita memang merupakan hal yang umum terjadi, namun Anda tetap harus memberi perhatian ekstra untuk menghindari hal-hal yang kurang menguntungkan bagi kesehatan tubuh Anda.