Loading...

Memilih Lampu LED Yang Tepat Untuk Ruangan

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Desain

lampu led

TERUSKAN.COM – Anda mungkin sering melihat lampu yang ada di hotel berbintang dengan cahaya redup namun mewah. Yah, lampu jenis itu disebut dengan lampu LED (Light Emitting Diode).

Lampu LED dulunya jenis lampu yang digunakan di komputer atau handphone. Namun dengan perkembangan dan penelitian yang dilakukan, lampu LED sudah banyak ditemukan di rumah besar dan mewah untuk digunakan sebagai pengganti lampu biasa. Kualitas cahaya dari lampu LED memang berbeda dibandingkan dengan lampu ada umumnya.

Loading...

Ada banyak manfaat besar memasang lampu LED disamping menggunakan lampu biasa. Lampu LED lebih memiliki banyak manfaat dan keuntungan seperti cahaya yang lebih baik dan lebih mengurangi biaya energi.

Terlebih lagi, dengan kemajuan, teknologi, beberapa jenis lampu LED terbaru memberikan kehangatan dengan bonus pencahayaan untuk rumah Anda.

Nah, jika Anda tertarik menggunakan lampu LED, berikut kami bagikan pada Anda beberapa tips memilih lampu LED yang tepat untuk ruangan, yang dilansir dari ledified.com.

1. Watt

Jika Anda terbiasa membeli lampu standar, Anda pasti akan melihat jumlah watt untuk menentukan kecerahan. Namun, LED sedikit berbeda. Lampu LED hanya membutuhkan jumlah watt lebih sedikit daripada lampu pijar biasa.

Sebagai contoh, sebuah lampu LED dengan kecerahan yang sama setara dengan 60-watt bohlam standar hanya akan perlu 8 – 12 watt. Ketika mengukur kecerahan LED, Anda harus selalu memeriksa jumlah lumens bukan watt

2. Menentukan Warna

Lampu LED saat ini sudah menyediakan berbagai macam warna, yang paling populer adalah cool white dan warm. Warna-warna ini memiliki aplikasi yang berbeda untuk daerah yang berbeda di setiap ruang di rumah.

Warna cool white biasanya digunakan di dapur dan kamar mandi sedangkan warm sering digunakan dalam kamar tidur dan area lounge.

Untuk beberapa jenis lampu LED tertentu, bukan hanya cahaya yang diberikan tetapi memberikan kehangatan dari cahaya kekuningan yang dipancarkan sekitar 60-70 derajat untuk kedua jenis lampu LED ini.

Suhu warna cahaya diukur dalam kelvin, sehingga semakin tinggi angkanya, semakin terang cahaya lampu. Tidak hanya warna cool white atau warm, LED juga terdiri dari beberapa warna merah, putih, hijau, biru, kuning, dan sebagainya.

3. Dimmable Light

Dimmable light adalah, fitur modern dari LED untuk setiap rumah dan sempurna untuk diletakkan pada ruang makan, kamar tidur atau ruang lainnya.

4. Gunakan Jasa Profesional

Apapun pilihan Anda, penting untuk menyewa seorang profesional yang akan membantu memberikan solusi LED yang sempurna untuk rumah Anda.

**

Selain pencahayaan yang tidak terlalu terang, lampu LED juga membuat tampilan rumah Anda lebih mewah dan cantik. Lampu LED bahkan sering dijadikan sebagai aksesoris untuk mempercantik tampilan rumah Anda.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.