Loading...

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Minyak Ikan

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

minyak-ikan

TERUSKAN.COM –  Minyak hati (dari ikan Cod/Cod liver oil) adalah salah satu jenis minyak ikan yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat luas sebagai multi fungsi (kesehatan dan kecantikan) sejak ratusan tahun yang silam.

Pertama kali diaplikasikan oleh masyarakat miskin di Inggris bagian utara, Skotlandia, Irlandia, Eropa bagian utara, Islandia dan Newfoundland, dimana minyak hati ikan Cod juga diberikan buat hewan ternak mereka.

Loading...

Setelah beberapa hari lewat, ternyata minyak hati ikan Cod membuat hewan ternak mereka menjadi sehat, akhirnya mulailah mereka mengonsumsi minyak ikan tersebut buat diri sendiri dan keluarga.

Kandungan Nutrisi Minyak Ikan

Minyak ikan berasal dari jaringan jenis – jenis ikan tertentu yang menghasilkan minyak. Minyak ikan kaya akan kandungan asam lemak omega-3, eicosapentaenoic acid (EPA), dan docosahexaenoic acid (DHA), merupakan prekursor untuk eicosanoids yang ampuh mengurangi peradangan pada seluruh tubuh.

Beberapa jenis ikan kecil dapat menghasilkan minyak ikan karena mereka gemar makan ganggang mikro (microalgae) yang memproduksi asam lemak sebagai faktor utama penghasil minyak ikan.

Selanjutnya ikan – ikan yang lebih besar akan memakan ikan – ikan kecil yang tubuhnya banyak mengandung minyak sehingga ikan besar inipun menjadi ikan yang kaya akan kandungan zat asam lemak.

Manfaat Minyak Ikan

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa kadar DHA dan EPA dalam ikan atau suplemen minyak ikan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Manfaat minyak ikan antara lain adalah :

  1. Menurunkan kadar trigliserida.
  2. Memperlambat pembentukan plak pada pembuluh darah.
  3. Menurunkan tekanan darah.
  4. Meningkatkan fungsi kerja otak.
  5. Mencegah dan menunda demensia.
  6. Anti peradangan.
  7. Melebarkan pembuluh arteri dan vena.
  8. Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke pada orang yang memiliki latarbelakang menderita penyakit jantung.

Manfaat minyak ikan yang lain bagi tubuh adalah sebagai pelumas sambungan tulang yang mengalami nyeri pada penderita arthritis tulang. Selain itu bisa mencegah para wanita terkena penyakit kanker payudara, mencegah pembengkakan pada usus dan membantu masalah selulit atau menjaga kemulusan dan kesehatan kulit cantik anda.

**

Sedemikian banyaknya manfaat ikan untuk kesehatan tubuh sehingga baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa.  Oleh karenanya konsumsilah minyak ikan sebagai pelengkap menu sehat keluarga tercinta di rumah.

Umumnya anak-anak tidak mau mengonsumsi minyak ikan secara langsung karena tidak suka dengan bau dan rasa minyak ikan tersebut. Anda bisa berkreasi dengan menambahkan minyak ikan pada menu masakan untuk mendapatkan manfaat sehat minyak ikan bagi anak.

Semoga artikel ini bermanfaat.