Loading...

6 Tips dan Cara Mengobati Jerawat Batu

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Kecantikan

Cara Mengobati Jerawat Batu

TERUSKAN.COM – Mengalami gangguan kulit seperti jerawat memang suatu hal menyebalkan, apalagi bagi seorang wanita. Terlebih, jika jerawat yang dialami merupakan jenis jerawat batu atau disebut cystic acne bercirikan jerawat yang besar-besar dengan peradangan hebat dan berkumpul di seluruh muka.

Penderita jerawat batu juga biasanya secara genetis memiliki keluarga dekat yang juga penderita. Secara umum penderita jerawat batu memiliki kelenjar minyak yang aktif berlebih hingga membanjiri pori-pori, regenerasi sel kulit baru yang lamban, dan memiliki respon berlebih terhadap peradangan hingga meninggalkan bekas di kulit.

Loading...

Berikut adalah beberapa tips untuk meringankan jerawat batu yang mengganggu.

Bersihkan wajah teratur

Tentu ini adalah tips paling pertama bagi kulit sensitif berjerawat. Pembersihan wajah paling tidak dilakukan minimal 2 kali sehari dengan air hangat dan bahan pembersih yang sifatnya ringan.

Gunakan sabun PH seimbang yang tidak mengandung bahan kimia terlalu banyak. Anda juga bisa mencoba jenis sabun alami, seperti sereh atau yang mengandung minyak zaitun. Sabun ini tentu lebih aman digunakan bagi kulit sensitif.

Masker alami

Kulit sensitif berjerawat juga dapat diminimalkan dengan menggunakan masker alami. Ada begitu banyak resep masker untuk wajah berjerawat, seperti bengkuang, lidah buaya, daun pepaya dan lainnya.

Nah, berikut adalah resep alami menggunakan lemon dan tomat. Iris tipis buah lemon dan aplikasikan di wajah yang berjerawat, lalu ditimpa dengan irisan buah tomat. Diamkan kira-kira 10 menit. Bilas dengan air dingin.

Kurangi pemakaian kosmetik

Penggunaan kosmetik berbahan kimia juga bisa memperparah kondisi jerawat. Upayakan gunakan kosmetik seminimal mungkin, atau gunakan kosmetik berbahan alami untuk lebih aman.

Hindari pula pemakaian kosmetik saat tidur. Pastikan anda telah membersihkan riasan wajah sebelum tidur di malam hari.

Konsumsi serat

Anjuran makan sehat dengan lebih banyak mengonsumsi bahan makanan serat, seperti sayuran dan buah tak hanya baik bagi kesehatan dalam tubuh, namun juga kulit.

Mencegah jerawat tak hanya bisa dilakukan dari perawatan luar saja, namun dari dalam. Dengan mengonsumsi makanan serat yang tepat, maka kulit anda pun akan mendapat nutrisi yang cukup.

Jangan lupa, selalu minum air putih secukupnya untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.Hindari pula makanan fast food, kafein terlalu tinggi, dan minuman berkarbonasi.

Hindari stres

Stres juga menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat lewat hormon yang dikeluarkannya. Untuk itu, anda bisa secara rutin berolahraga atau melakukan kegiatan positif menyenangkan lainnya untuk mengalihkan pikiran-pikiran negatif anda.

Jangan lupa untuk selalu cukup beristirahat dan mengonsumsi suplemen vitamin. Hindari pula memencet jerawat dengan tangan, karena akan menambah parah kondisi jerawat.

Konsultasi ke dokter ahli

Langkah terakhir, apabila berbagai upaya secara alami belum berhasil juga menyembuhkan atau meringankan gangguan jerawat batu anda, maka jangan sungkan untuk berkonsultasi ke dokter ahli.

Dengan demikian, anda bisa mendapat pengobatan medis yang tepat untuk jenis kulit anda. Meski tak semua pengobatan medis berhasil, teruslah mencoba hingga mendapat pengobatan yang cocok.