Loading...

Cara Membuat Infused Water

Penulis: melin Rubrik: Resep

TERUSKAN.COM – Air merupakan komponen terbesar dalam tubuh manusia, jumlahnya berkisar 2/3 atau dalam persentase berkisar 60 – 70% dari berat tubuh sedangkan jumlah tersebut akan semakin berkurang dengan bertambahnya usia. Hal ini tentu saja akan membuat tubuh kehilangan cairan, maka dari itu dianjurkan untuk minum air mineral sebanyak 8 hingga 12 gelas dalam satu hari untuk menjaga kondisi tubuh serta menghindarkan tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi.

Dengan mengkonsumsi air mineral yang cukup kita juga dapat terhindar dari penurunan konsentrasi otak dimana fungsi kognitif terganggu karena otak tidak cukup mendapatkan air.

Beberapa waktu ini tengah trend minuman kesehatan yang disebut infused water, minuman ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan jumlah konsumsi air, karena saat ini minum air mineral hanya dilakukan saat merasa haus saja sehingga jumlah konsumsi air untuk tubuh terkadang tidak dapat terpenuhi.

Loading...

Cara Membuat Infused Water

Infused water atau air infus adalah air mineral yang ditempatkan dalam botol/gelas bening dengan campuran buah atau sayur yang telah dipotong-potong di dalamnya. Tampilan dan rasanya yang segar membuat infused water juga dapat menjadi salah satu solusi untuk sebagian orang yang tidak terlalu menyukai air mineral.

Infused water menjadi minuman favorit karena minum air putih dapat dilakukan dengan cara yang berbeda. Bahan dan alat yang mudah ditemukanpun menjadikan minuman ini makin digemari.

Untuk membuat minuman sehat infused water ini ternyata juga cepat, cukup menyiapkan botol/gelas sebagai wadah, buah-buah segar seperti strawberry, lemon, dan kiwi, pilih salah satu atau dapat dikombinasikan dua atau tiga buah dalam satu minuman, dan bahan terakhir tentu saja air mineral.

Untuk cara membuatnya buah dipotong sesuai selera tapi jika ingin lebih cepat terasa buah dapat diris lebih tipis. Jumlah buah yang dipotong untuk ukuran 100 mL air dapat dibuat sebanyak 5 – 10 potong. Setelah itu masukan buah dalam wadah, tekan atau memarkan pada dinding wadah dengan menggunakan punggung sendok kemudian masukan air mineral, terakhir simpan dalam lemari es kurang lebih dua hingga empat jam. Infused water dapat langsung diminum atau dapat disimpan dalam waktu 3-5 hari.

Perlu diingat buah yang digunakan untuk infused water harus buah dalam keadaan segar dan matang optimal jangan buah mentah karena gizi buah belum terbentuk sempurna. Buah yang digunakan untuk membuat infused water umumnya menggunakan buah dengan rasa yang cenderung asam, serta hindari buah dengan tekstrur yang lembek.

Untuk rasa minuman ini tergantung dari bagaimana kita menggabungkan buah atau sayur ke dalam air mineral. Jadi dapat dipastikan keberagaman rasanya akan membuat kita tidak cepat bosan pada minuman yang satu ini.

Sehat tidak perlu membutuhkan biaya yang mahal, dimulai dari pola hidup yang sehat seperti makan makanan bergizi hindari rokok dan minuman keras dan perbanyak minum air putih atau bisa digantikan dengan infused water dapat membantu dan memperkuat daya tahan tubuh kita terhadap penyakit.

(image : iheartnaptime.net)