Loading...

6 Hal Sederhana untuk Menjaga Kesehatan

Penulis: Lailatul Ibadiyah Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai dari yang berbiaya murah sampai perawatan dokter yang sangat mahal. Idealnya, menjaga kesehatan dilakukan dengan mengatur pola hidup sehat dengan memakan makanan sehat, hidup aktif, dan berpikiran positif setiap saat.

Namun, terkadang ada hal hal sederhana yang sering disepelekan keberadaannya, yang faktanya turut menjaga kesehatan. Berikut ini hal-hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk tetap sehat.

6 Hal Sederhana untuk Menjaga Kesehatan

Loading...

Jangan Lupakan Sarapan

Sarapan adalah rutinitas yang harus dilakukan setiap pagi sebelum beraktifitas. Namun hal ini berbeda bagi orang orang yang sangat sibuk. Sarapan bisa dilewatkan asalkan perut masih kenyang.

Hal ini salah, karena dengan sarapan, daya tahan tubuh akan diperbarui setiap pagi sebelum beraktivitas, daya konsentrasi meningkat, menghindari rasa kantuk yang biasanya muncul setiap setelah pukul sepuluh pagi, dan tentunya akan menghindarkan tubuh dari resiko obesitas.

Sarapanlah dengan makanan sehat yang tidak memberatkan alat pencernaan, dengan protein, biji utuh, sayuran, dan buah. Cobalah sereal dan susu rendah lemak, kenari cincang dan pisang. Atau Anda dapat mencoba wafel dengan buah dan yogurt rendah lemak. Sarapan seperti telur, muffin buah, dan susu rendah lemak juga bisa menjadi pilihan.

Setengah Piring Buah dan Sayur

Biasakanlah untuk memakan makanan yang mengandung buah dan sayur dengan jumlah setengah dari porsi makanan Anda. Buah dan sayur selain menambah warna, rasa dan tekstur juga menyumbang asupan vitamin, mineral dan serat bagi tubuh Anda yang sangat disukai alat pencernaan.

Anda dapat mengkonsumsi sekitar 2 cangkir buah dan 2,5 cangkir sayuran setiap hari. Jangan lupa untuk selalu memilih buah dan sayuran segar setiap harinya untuk memastikan kandungan gizinya masih lengkap.

Makan Secukupnya

Hal sederhana lainnya adalah makanlah secukupnya. Jangan makan berlebihan atau terlalu sedikit makan. Porsi yang tepat sesuai kegiatan dan usia dapat menjaga ukuran tubuh tetap ideal. Konsultasikan kebutuhan gizi dan makanan yang tepat untuk Anda dengan dokter.

Idealnya manusia dewasa dapat memakan dengan ukuran setengah piring buah dan sayur, kemudian setengahnya adalah biji-bijian dan daging, makanan laut, atau hasil ternak lainnya. Tambahkan segelas susu rendah lemak atau yogurt rendah lemak untuk makanan penutup.

Jaga Kebersihan

The Centers for Disease Control and Prevention menyatakan bahwa satu dari enam orang Amerika menderita penyakit dan gangguan kesehatan diakibatkan oleh makanan yang tidak bersih.

Jagalah kebersihan dengan mencuci tangan setiap setelah melakukan aktifitas memasak, mencuci, maupun setelah dari toilet. Pisahkan daging mentah, hasil ternak, dan makanan laut dari sayuran dan makanan siap makan seperti roti dan buah untuk menghindari kontaminasi bakteri.

Gunakan termometer makanan untuk menjaga suhu memasak untuk bahan makanan tertentu. Simpanlah bahan makanan tertentu secepat mungkin dalam lemari es untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan pembusukan dan pembentukan racun.

Minum Cukup Air

Tubuh manusia membutuhkan air untuk menyeimbangkan suhu badan, menyalurkan zat zat penting termasuk oksigen ke seluruh tubuh, mengangkut bahan bahan sisa pencernaan, dan menjaga kulit tetap lembab.

Menurut The Dietary Reference Intakes from the Institute of Medicine, laki laki dewasa membutuhkan 13 cangkir air setiap hari, dan wanita dewasa membutuhkan 9 cangkir air setiap hari. Pastikan tubuh Anda tidak kekurangan air dan tidak mengalami dehidrasi.

Jadilah Aktif

Jagalah tubuh tetap aktif misalnya dengan berjalan kaki, bersepeda atau menggunakan tangga, semua ini akan melatih otot dan tulang kaki agar tetap kuat. Selain itu, kegiatan aktif dapat menurunkan tekanan darah dan mengontrol berat badan.

Anda dapat melakukan latihan minimal 10 menit setiap hari. Anak anak dan remaja harus melakukan latihan sekitar 1 jam setiap harinya, dan orang dewasa membutuhkan 2,5 jam untuk latihan setiap minggu.

Anda tidak harus pergi ke pusat kebugaran, hal sederhana yang dapat Anda lakukan adalah berjalan sebentar setiap setelah makan malam. Hal ini dapat menghindarkan diri dari obesitas dan membuat tidur lebih nyenyak.