Loading...

Cara Mudah untuk Tetap Sehat dan Aktif di Kampus

Penulis: Lailatul Ibadiyah Rubrik: Kesehatan, Pendidikan

Tips Kuliah

TERUSKAN.COM – Dunia kuliah sangat jauh berbeda dengan sekolah, hal ini dikarenakan jadwal kuliah yang tidak sama setiap harinya, dan tidak ada kegiatan olahraga di kampus untuk jurusan kuliah tertentu.

Kesibukan kuliah juga dapat membuat kita lupa menjaga tubuh tetap sehat. Gaya hidup yang telah berubah seperti tidur larut dan harus bangun kembali di pagi hari, dapat memicu gangguan kesehatan dalam beberapa tahun ke depan.

Loading...

Lalu bagaimana cara agar tubuh tetap sehat di tengah kesibukan kuliah? Berikut tipsnya.

Berjalan atau Bersepeda ke Kampus

Jika anda tinggal cukup dekat dengan kampus, hindari mengendarai kendaraan bermotor. Pilihlah untuk berjalan kaki atau bersepeda.

Selain mengurangi polusi dan menghemat pengeluaran, hal ini akan membuat otot otot tubuh akan aktif setiap hari, sehingga peredaran darah lancar dan akan jarang sekali mengantuk selama perkuliahan berlangsung.

Pilih Tangga

Jika kampus anda memiliki lift, jangan gunakan terlalu sering. Pilihlah menaiki dan menuruni anak tangga setiap hari. Hal ini akan melatih tulang dan otot kaki tetap kuat dalam waktu bersamaan.

Ikut Kegiatan Olahraga

Pada umumnya kampus mewadahi mahasiswa yang memiliki minat dalam olahraga dalam suatu organisasi tertentu. Anda dapat mengikuti salah satu klub olahraga yang sesuai minat. Hal ini akan tetap membuat anda aktif selama waktu senggang.

Misalnya suka bermain bola basket selama sekolah, anda dapat melanjutkannya di jenjang perkuliahan ini. Anda juga dapat mengikuti klub pecinta alam, yang biasanya mengadakan penjelajahan alam bebas setiap liburan.

Kurangi Konsumsi Obat Tertentu

Masa kuliah memang bisa menjadi masa paling sibuk terutama saat menginjak semester akhir, yang menyebabkan kelelahan. Beberapa orang lebih memilih untuk mengkonsumsi obat tertentu setiap kali merasa pegal dan lelah setelah kegiatan kampus. Hal ini tentunya tidak baik untuk kerja ginjal.

Sebisa mungkin pilihlah menggunakan obat luar seperti koyo atau minyak urut untuk mengurangi pegal pegal tanpa resiko. Minumlah obat jika benar-benar sakit karena virus atau bakteri tertentu. Inipun tentu saja harus atas rekomendasi dokter.

Seimbangkan Makanan

Anda tentu saja harus memperhatikan apa saja yang kamu makan. Tetaplah menjaga dan memilih makanan sehat yang terjamin kebersihannya. Jika memang tidak ada makanan yang sesuai dengan kriteria sehat dan bersih, lebih baik masaklah sendiri makanan sebagai bekal makanan.

Kurangi konsumsi soda dan camilan tinggi garam, kedua hal itu akan menyumbang peranan penting kasus obesitas di dunia. Sesekali anda bisa makan di luar bersama teman teman, namun pilihlah makanan yang sehat, sebisa mungkin hindari makanan cepat saji.

Atur Pola Tidur

Tidurlah 7 jam setiap hari apapun yang terjadi. Kekurangan tidur selama 3 hari berturut turut dapat menyebabkan kulit kusam, jerawat, migrain, dan obesitas.

Jika memiliki tugas yang harus segera diselesaikan, tidurlah lebih awal dan bangunlah lebih pagi agar dapat menyelesaikan tugas tersebut dengan pikiran yang segar.

Jika ada waktu senggang di siang hari, gunakan sekitar 30 menit untuk tidur siang, hal ini berfungsi untuk menyegarkan pikiran dan memperlancar aliran darah.

Berpikirlah Positif

Tugas kampus dan deadline yang semakin dekat biasanya menjadi pemicu timbulnya stress, yang nantinya berdampak pada masalah kesehatan terutama sakit kepala. Di saat tertentu, anda membutuhkan konsultasi dengan orang tua atau teman, untuk mendapatkan pikiran positif dan melepas stress.

Jika memang benar benar tidak ada jalan keluar, menangislah. Menangis dapat melepas racun dan pikiran negatif. Kemudian tenangkan pikiran untuk dapat memecahkan masalah.