Loading...

Kiat Mengendalikan Pengeluaran untuk Makanan Sehat

Penulis: Lailatul Ibadiyah Rubrik: Finansial

belanja-bulanan

TERUSKAN.COM – Mengonsumsi makanan sehat kini sedang menjadi tren yang berkembang di masyarakat Indonesia. Namun, untuk hal ini Anda diharuskan mengeluarkan uang berlebih untuk dapat membeli produk makanan sehat yang dijual di pasaran, baik bahan mentah maupun makanan jadi. Banyak cara untuk mengendalikan pengeluaran untuk makanan sehat yang Anda konsumsi.

Tiga cara umum yang dilakukan untuk menekan pengeluaran di antaranya adalah merencanakan apa saja yang perlu Anda beli, membeli barang yang Anda beli di toko tertentu yang menawarkan harga paling murah, dan memasak bahan makanan sendiri yang tentunya dapat menghemat pengeluaran Anda.

Loading...

Rencanakan

Sebelum Anda berbelanja, ada baiknya Anda merencanakan menu makanan apa saja yang Anda inginkan selama seminggu, seperti kukusan, gorengan, atau tumisan yang bisa memanfaatkan beberapa bahan makanan dengan harga mahal menjadi beberapa menu makanan berbeda.

Periksa juga bahan bahan apa saja yang telah Anda miliki di rumah, dan buat daftar apa saja yang Anda perlukan. Selain itu Anda dapat merencanakan bahan makanan tertentu untuk bisa disimpan beberapa lama dalam lemari es.

Cek Harga

Periksa koran, media online atau promo pada toko tertentu untuk mendapatkan harga murah, diskon untuk pembelian dengan jumlah tertentu, atau kupon mendapatkan bahan makanan dengan setengah harga.

Jika toko langganan Anda menyediakan kartu belanja tertentu, periksalah apakah Anda bisa mendapatkan bahan bahan makanan yang Anda butuhkan dengan harga lebih murah. Selain itu untuk bahan termahal di daftar belanjaan Anda, seperti makanan laut dan daging sapi, carilah toko yang menyediakan promo harga spesial.

Bandingkan

Bandingkan beberapa harga bahan yang sama dari beberapa toko, dan bandingkan beberapa bahan yang sama dari beberapa merk dan ukuran. Carilah bahan makanan dengan harga yang terjangkau, namun dengan kualitas yang baik.

Membeli Sebanyak Mungkin

Anda biasanya akan mendapat potongan harga tertentu jika membeli bahan makanan dengan jumlah lebih banyak. Biasanya bahan makanan dalam kemasan lebih besar juga memiliki harga lebih murah jika dibandingkan dengan bahan makanan dalam kemasan kecil.

Anda dapat membeli sekantong besar kentang, daging ayam dalam kemasan lebih besar, dan juga susu kaleng dalam ukuran lebih banyak. Perhatikan juga sisa tempat kosong di lemari es Anda untuk menampung barang belanjaan Anda.

Beli pada Musimnya

Membeli buah buahan di saat musim panen adalah cara mudah untuk mendapatkan harga lebih murah, dan Anda bisa mendapatkan buah yang segar masak pohon.

Misalnya Anda bisa mendapatkan mangga dengan harga enam ribu rupiah per kilogram hanya di saat musim panen, karena harganya akan melonjak dua kali lipat di luar musim panen. Selain itu, jika Anda ingin menyimpan buah buahan lebih lama, belilah buah yang belum masak betul agar tidak membusuk saat penyimpanan.

Hindari Makan di Luar

Jika Anda menginginkan untuk memakan makanan tertentu, sebisa mungkin Anda memasaknya sendiri. Memutuskan untuk makan di luar dapat menambah pengeluaran.

Jika Anda memang sangat ingin memakan makanan spesial yang tidak bisa Anda sajikan di rumah, hematlah biaya dengan hanya memesan minuman, daripada memesan hidangan penutup yang mahal.

Beli Bahan Dasar

Bahan makanan setengah jadi seperti santan, sayuran beku, bumbu jadi, sayuran potong, dan paket pembuat cake instan akan memakan biaya lebih banyak dibandingkan jika Anda membeli bahan dasar dan membuatnya sendiri di rumah.

Meskipun memakan waktu lebih lama untuk membuat santan sendiri, membuat bumbu masakan, atau memotong sayuran, Anda dapat menghemat pengeluaran Anda sedikit demi sedikit.