Loading...

6 Tips Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

Penulis: Lailatul Ibadiyah Rubrik: Kecantikan

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami

TERUSKAN.COM – Kulit adalah bagian tubuh yang paling sering mengalami dampak pergantian cuaca, polusi, dan stress, sehingga sering muncul masalah kulit terutama jerawat.

Banyak cara untuk mengobati jerawat mulai dari cara tradisional sampai cara modern. Namun, dari sekian banyak cara tersebut memang ampuh menghilangkan jerawat, namun masih menyisakan bekas jerawat atau bahkan mengakibatkan efek samping karena kandungan bahan kimia yang berlebihan seperti flek hitam yang sangat mengganggu penampilan.

Loading...

Berikut kami menyajikan tips alami untuk menghilangkan bekas jerawat yang mengganggu.

Makan Wortel

Konsumsilah wortel yang kaya betakaroten dan vitamin A yang baik untuk kulit dan menghambat pertumbuhan bakteri dalam kulit yang telah sembuh dari jerawat yang dapat mengembalikan warna kulit yang meradang menjadi seperti semula.

Anda bisa memakan wortel mentah atau mengolahnya menjadi jus wortel tanpa gula.

Hindari Beberapa Makanan

Setelah Anda mengobati jerawat, ada beberapa makanan yang harus dihindari agar tidak memicu produksi minyak dan memicu hormon tertentu yang menghambat regenerasi sel kulit yang telah rusak.

Hindari makanan seperti produk olahan susu termasuk keju dan yogurt, daging berlemak, dan bahan yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan produk olahannya.

Bahan bahan tersebut akan membentuk asam yang menghambat sistem transportasi dalam tubuh, sehingga tubuh akan lambat merespon keberadaan racun yang kemungkinan terbentuk pasca penyembuhan jerawat.

Berjemur di Pagi Hari

Sinar matahari adalah pembunuh bakteri terbaik. Namun, pilihlah sinar matahari di bawah pukul sembilan pagi. Efek sinar matahari mungkin akan membuat kulit Anda agak gelap, namun efek ini tidak akan bertahan lama dan kulit Anda akan kembali ke warna semula dalam beberapa waktu.

Jangan gunakan sabun pencuci wajah setelah berjemur, hal ini dapat membuat flek hitam lain terbentuk dan menjadi permanen. Cukup 15-30 menit berjemur untuk mendapatkan vitamin D yang dibutuhkan kulit untuk meregenerasi kulit.

Daun Sirih

Gunakan 10 helai daun sirih muda yang dicuci bersih kemudian dihaluskan. Gunakan tumbukan daun sirih ini pada bekas jerawat dan diamkan selama satu jam. Setelah itu cuci muka Anda sampai bersih dengan air biasa. Lakukan hal ini selama 3 kali seminggu sampai bekas jerawat hilang.

Masker Pepaya

Anda bisa mengkonsumsi pepaya langsung untuk mendapatkan zat papain yang dapat mengurangi peradangan kulit. Selain itu Anda juga dapat membuat sendiri masker pepaya dengan menghaluskan pepaya dan mengoleskannya ke muka dengan bekas jerawat selama 20 menit.

Setelah itu bilas muka dengan air biasa. Lakukan setiap minggu. Masker ini dapat menghilangkan sel sel kulit yang mati dan mempercepat regenerasi sel kulit.

Daun Zaitun

Selain minyak buah zaitun yang memiliki banyak manfaat, daun tanaman zaitun pun memiliki manfaat yang terkenal sebagai antibiotik alami yang membunuh bakteri dan mempercepat pergantian sel kulit mati.

Jika Anda dapat dengan mudah mendapatkan daun zaitun, rebus, dan minumlah 3 kali sehari. Selain itu kini sudah ada sabun daun zaitun yang memiliki manfaat bagi kulit. Atau Anda dapat membuat bubuk daun zaitun dari daun zaitun yang dikeringkan kemudian dihaluskan untuk kemudian dapat dikonsumsi.