Loading...

Pengobatan Herbal Dengan Daun Pohon Sirsak

Penulis: Lailatul Ibadiyah Rubrik: Kesehatan

daun sirsak

TERUSKAN.COM – Sirsak adalah salah satu buah yang memiliki rasa yang lezat dan banyak dimanfaat menjadi berbagai olahan seperti jus sirsak, teh sirsak, selai sirsak, dan juga sebagai campuran bumbu masakan pengganti asam.

Buah sirsak mengandung vitamin C yang tinggi, karbohidrat, lemak baik, serat, zat besi, dan gula buah. Buah sirsak terkenal sebagai obat cacingan, penyakit liver, uretritis, diare, demam, anti racun dan menjaga kecantikan kulit.

Loading...

Namun tahukah Anda, daun pohon sirsak juga mengandung sejuta manfaat yang sejak jaman dahulu digunakan sebagai obat tradisional dan berkembang hingga pengobatan modern?

Berikut beberapa penyakit yang dapat diobati dengan daun pohon sirsak.

Kanker

Untuk mencegah kanker, Anda dapat memakan buah sirsak atau mengkonsumsi jus buah sirsak. Namun, untuk mengobati kanker, Anda dapat menggunakan daun pohon sirsak yang terkenal sebagai obat kemotrapi alami.

Hal ini dikarenakan zat dalam daun sirsak membunuh pertumbuhan sel yang tidak normal dan membuatnya tumbuh dengan semestinya. Perawatan dengan daun sirsak tidak mengakibatkan efek samping seperti nausea atau rambut rontok.

Caranya ambil 10 lembar daun sirsak, rebus dengan segelas air, kemudian minum air rebusan daun sirsak selama dua kali sehari. Meminum ramuan ini dapat menghangatkan tubuh seperti efek kemoterapi.

Dalam 2 minggu, ramuan ini akan menunjukkan efek positif dalam memerangi sel kanker. Zat annonacin dalam daun sirsak hanya membunuh sel kanker dan membiarkan sel tubuh yang lain dalam keadaan normal.

Nyeri Pinggang

Nyeri pinggang dapat terjadi karena kegiatan monoton setiap hari maupun karena latihan yang berlebihan. Menggunakan obat yang dijual di pasaran dapat menyebabkan efek samping.

Gunakan daun sirsak sebagai obat alami yang tidak memiliki efek samping. Rebus 20 lembar daun sirsak dalam 5 gelas air sampai tersisa hanya 3 gelas air. Minum tiga perempat gelas dari ramuan ini setiap hari untuk mengurangi nyeri pinggang.

Rematik

Rematik adalah penyakit yang umumnya menyerang orang yang menginjak usia lebih tua yang mengakibatkan nyeri yang hebat. Daun sirsak merupakan obat alami untuk perawatan rematik.

Caranya ambil beberapa lembar daun sirsak dan tumbuk hingga halus. Oleskan pada bagian tubuh yang nyeri karena rematik dua kali sehari.

Diabetes

Batasan kadar gula dalam tubuh adalah sekitar 70 sampai 120 miligram. Nutrisi yang terkandung dalam daun sirsak dapat membuat kadar gula dalam tubuh menjadi normal. Ekstrak daun sirsak sudah banyak dipasarkan dan digunakan sebagai perawatan alami untuk penderita diabetes.

Mengobati Tubuh dari Infeksi Kuman

Kandungan gizi dalam daun sirsak dapat memperkuat sistem imun dan menghindarkan tubuh dari infeksi.

Selain itu, Anda dapat merebut 4 sampai 5 lembar daun sirsak dalam 4 gelas air sampai tersisa 1 gelas, dan minum sehari sekali setiap hari untuk mengobati infeksi seperti flu, radang tenggorokan dan setelah mengalami luka yang membuat kulit terkelupas.

**

Sebagai tambahan, daun sirsak sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit dan tumor. Kemampuan mereka untuk melindungi tubuh membuat daun sirsak dipercaya sebagai penyembuh berbagai penyakit seperti penurun demam dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu daun sirsak juga memiliki zat anti inflamasi yang mengurangi rasa sakit. Daun sirsak juga dapat menambah nafsu makan, menambah stamina dan mempercepat penormalan keadaan tubuh setelah sakit.