Loading...

7 Tips Pintar Membuat Salad Kaya Nutrisi

Penulis: Lailatul Ibadiyah Rubrik: Resep

TERUSKAN.COM – Salad merupakan makanan sehat yang sangat baik untuk tubuh. Selain enak,  sehat dan bahan-bahannya mudah didapatkan, cara membuatnya pun sangat mudah sehingga menjadi pilihan banyak orang untuk menjadi kudapan favorit.

Nah untuk Anda yang ingin membuat salad sendiri di rumah sebagai camilan sehat buat keluarga, berikut adalah tips membuat salad yang kaya nutrisi. Simak ulasannya ya.

7 Tips Pintar Membuat Salad Kaya Nutrisi

Loading...

Komposisi Salad

Buatlah salad yang memiliki sayuran, buah, protein, dan karbohidrat di dalamnya. Anda dapat menggunakan asparagus, brokoli, wortel, sawi putih, seledri, mentimun, kacang polong, bawang merah, jamur, paprika, kentang, tomat, atau zucchini untuk sayuran. Sedangkan untuk buah, Anda dapat memilih alpukat, apel, pisang, anggur, kiwi, melon, jeruk, pear, nanas, strawberry, peach atau aprikot.

Untuk menambah protein pada salad  gunakan yogurt, kalkun, tuna, ayam, daging, keju, biji bunga matahari atau telur. Tambahkan karbohidrat seperti, pasta, crouton, atau tortilla. Komposisi ini akan memperkaya rasa, warna dan tekstur salad buatan Anda.

Salad Musim

Untuk variasi salad, Anda dapat memberikan tema musim pada salad buatan Anda. Misalnya tambahkan asparagus, kubis, baby kailan, strawberry dan plum untuk kesan musim semi. Buatlah salad dengan apel, anggur, kiwi,jeruk, kacang polong, zucchini, dan alpukat untuk kesan musim gugur.

Anda dapat mengkombinasikan bahan bahan lain dengan warna tertentu untuk memberi kesan musim tertentu. Tambahkan mangga lebih banyak jika Anda sedang berada pada musim panen mangga.

Tambahkan Vitamin

Agar salad Anda kaya nutrisi, tambahkan bahan bahan yang mangandung vitamin ke dalam salad Anda. Misalnya Anda dapat menambahkan semangka, pepaya, dan labu untuk tambahan vitamin A. Tambahkan paprika hijau, taoge, jagung, dan nanas untuk tambahan vitamin C.

Anda juga dapat menambahkan zat besi dari bayam, kacang, dan tempe. Lengkapi dengan kalsium yang dapat Anda temukan pada pepaya mentah, kubis cina, dan lobak hijau.

Ketahui Kadar Nutrisi Tiap Bahan

Ada baiknya Anda mengenali kandungan apa saja yang ada dalam bahan bahan salad Anda, berkonsultasilah dengan ahli gizi mengenai kombinasi bahan makanan tertentu yang pas untuk salad Anda.

Misalnya sebuah wortel mentah berukuran sedang mengandung banyak vitamin A, dan sekitar 10 butir bawang merah mengandung serat yang tinggi.

Batasi Jumlah Bahan Tertentu

Anda juga perlu membatasi jumlah bahan tertentu dalam salad Anda agar salad buatan Anda tidak berubah menjadi salad jahat. Misalnya batasi daging hanya 2 ons saja, keju rendah lemak sekitar seperempat cangkir, dan setengah butir telur masak. Anda juga perlu membatasi yogurt sekitar secangkir saja dan setengah ons daging kalkun atau daging ayam.

Untuk bahan bahan seperti cracker dan crouton juga perlu Anda cek kandungan gizi pada kemasannya. Jangan sampai salad Anda terlalu banyak mengandung lemak. Gunakan krim asam tanpa lemak, keju tanpa lemak, dan mayonaise dalam porsi yang tidak berlebihan.

Kenali Bahan yang Tinggi Kalori

Salad dressing seperti mayonaise, zaitun, keju krim, dan margarin mengandung banyak kalori. Selain itu dressing untuk salad makaroni dan salad kentang juga tinggi kalori. Sebisa mungkin hindari bahan bahan ini untuk menjaga keseimbangan nutrisi dalam salad Anda. Hindari pudding atau susu biasa sebagai campuran dalam salad.

Buat Salad dengan Tema

Anda dapat menambahkan bahan bahan tertentu untuk memberi kesan salad khas dari negara lain. Dengan variasi ini, salad yang Anda buat tidak akan membosankan.

Untuk salad oriental, tambahkan taoge, baby kailan, terung, kelapa, dan tofu dalam salad. Anda juga dapat menggunakan tomat, cabai jalapeno, bawang merah cincang, saus salsa, cabai hijau cincang, dan alpukat untuk cita rasa Meksiko.