Loading...

Cara Alami Pengobatan Batuk Berdarah

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

batuk berdarah

TERUSKAN.COM – Batuk berdarah menjadi hal yang menakutkan bagi setiap orang saat mengalaminya. Bahkan dalam beberapa kasus, batuk berdarah bisa menyebabkan kematian saat tidak dilakukan penanganan yang cepat dan tepat. Batuk berdarah tidak hanya dikategorikan sebagai masalah kesehatan, namun bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan lain.

Secara umum tuberkulosis adalah penyebab paling umum dari batuk darah. Namun, di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, batuk darah kemungkinan besar merupakan hasil dari bronkitis, yang tidak terlalu serius, atau kanker paru-paru. 

Loading...

Menurut studi 1991 dari Los Angeles Barat Veterans Affairs Medical Center, Wadsworth Divisi, CA dari 264 pasien yang diteliti, diketahui penyebab paling umum dari batuk darah adalah kanker paru-paru (29 persen), diikuti oleh bronkitis (23 persen) dan idiopatik (22 persen), yang sisanya tidak teridentifikasi. 

Mengatasi Batuk Berdarah Secara Alami

Untuk pengobatan, batuk berdarah bisa dilakukan secara medis dan non medis (alami). Nah, pada artikel berikut kami akan membagikan bagaimana cara penanganan batuk berdarah secara alami.

1. Minum Banyak Air

Cara alami dan bisa dikatakan sebagai penanganan utama saat Anda mengalami batuk berdarah yaitu sebanyak mungkin untuk meminum air putih yang akan mencegah dehidrasi dan membantu mengencerkan lendir di paru-paru.

2. Berhenti Merokok

Jika Anda seorang perokok aktif, segeralah berhenti. Merokok menjadi salah satu penyebab dari batuk berdarah karena paparan dari asap rokok bisa mengiritasi saluran udara dan menyebabkan kerusakan paru-paru.

3. Menjaga Suhu Tubuh

Saat mengalami batuk berdarah, pastikan Anda menjaga suhu tubuh tetap dalam keadaan hangat yang akan mencegah perkembangan lebih lanjut dari masalah paru-paru primer.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat 

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang sehat dan gizi akan menambah pasokan nutrisi yang seimbang untuk tubuh sehingga akan membantu perawatan dan mengurangi efek dari kondisi paru-paru.

Kurangi mengonsumsi makanan panas, pedas dan berminyak, karena dapat mengiritasi tenggorokan dan merangsang produksi sputum kental yang hanya akan memperparah batuk.

Sebaliknya cobalah untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti  buah kesemek dan pir, lobak Cina, bean curd, jamur, lilin labu dan akar teratai yang akan membantu membersihkan panas dari sistem paru-paru.

Resep Herbal Untuk Mengatasi Batu Berdarah

Nah, setelah mengetahui cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi batuk berdarah, sebagai tambahan berikut kami bagikan resep herbal dari China yang digunakan untuk mengobati batuk berdarah.

1. Akar teratai dan Pir

Siapkan akar teratai segar  (250g, cincang) dan dua buah pir (dikupas dan dibuang bijinya).Masukkan bahan dalam blender dan tuangkan secangkir air, blender dan saring. Minuman  ini membantu menyehatkan paru-paru dan meredakan batuk.

2. Jamur 

Siapkan jamur putih kering  sebanyak (3g), kering jamur hitam (3g), gula batu (25g), dan 2 telur burung merpati (rebus dan kupas). Rendam jamur dalam air selama 30 menit, bersihkan setiap bagian keras, bilas dan  potongan-potongan kecil. 

Masukkan jamur dan gula batu dalam panci dengan takaran air 1000ml, didihkan, kemudian gunakan api sedang dan didihkan selama sekitar satu jam atau sampai bahan lunak. Setelah itu tambahkan telur dan didihkan selama 10 menit. 

**

Demikian beberapa cara alami pengobatan dari batuk berdarah yang bisa Anda lakukan sebagai langkah awal untuk mengurangi kondisi agar tidak bertambah parah sebelum melakukan pengobatan medis lanjutan.