Loading...

6 Perlengkapan Kamar Mandi yang Sebaiknya Kamu Punya

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Desain, Keluarga

TERUSKAN.COM – Kamar mandi merupakan bagian yang tidak kalah penting dalam sebuah rumah selain ruang tidur, ruang tamu, teras, ataupun dapur. Sebagian besar kamar mandi tidak hanya dipakai untuk mandi semata, namun juga untuk keperluan lain seperti BAB.

Untuk itu, sebagai pendukung fungsi dan kenyamanan penggguna, maka sebuah kamar mandi terdiri atas beberapa jenis peralatan ataupun perlengkapan tertentu sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya masing-masing. Lalu, apa saja, peralatan kamar mandi yang disarankan ada dalam kamar mandi Anda? Ini dia ulasannya.

Perlengkapan Kamar Mandi yang Sebaiknya Kamu Punya

Loading...

Bathtub

Bathtub merupakan sebuah bak atau kolam berukuran sekitar 150 cm x 50 cm yang berfungsi sebagai tempat berendam. Orang cenderung menyukai fasilitas ini karena bisa membuat menjadi sarana relaksasi dan menenangkan pikiran. Apalagi banyak jenis bathtub dilengkapi dengan sandaran kepala dari busa.

Sebenarnya bathtub ini merupakan fasilitas mandi yang sering dipakai oleh orang barat namun sekarang sudah mulai berkembang pesat di Indonesia di samping bak mandi, ataupun pancuran. Ada dua jenis bathtub yang sering ditemui, yaitu bathtub yang ditanam atau ditenggelamkan di lantai kamar mandi (seperti bak mandi) dan model standing yang tidak harus ditanam karena biasanya dilengkapi kaki sehingga posisinya stabil.

Kloset

Kloset merupakan tempat pembuangan air seni ataupun kotoran, alasan inilah yang membuat kloset menjadi fasilitas penting dalam sebuah kamar mandi atau toilet.

Ada beberapa jenis kloset yang sering dipakai oleh masyarakat yaitu kloset jongkok dan kloset duduk. Jenis yang paling praktis tentu saja kloset duduk, karena Anda tidak perlu merasakan kaki Anda pegal karena kelamaan berjongkok.

Hanya saja, karena menjadi tempat pembuangan kotoran, maka memiliki resiko lebih besar untuk kotor atau bau. Karena itu, agar kamar mandi Anda tetap harum dan nyaman, maka ada baiknya Anda sering membersihkan kloset ini menggunakan sikat dan cairan pembersih kloset.

Shower

Shower merupakan salah satu alternatif bagi Anda yang memiliki kamar mandi mungil karena ia bisa menjadi pengganti bathtub dan bak mandi tanpa perlu menghabiskan banyak tempat. Hampir sama halnya dengan bathtub, shower ini juga disukai karena bisa sebagai media relaksasi lewat air yang dipancarkan shower yang terasa memijat tubuh Anda.

Namun, ada pula orang yang memilih kedua-duanya, yaitu shower sekaligus bak mandi atau bathtub. Jika Anda ingin berhemat air bersih, maka shower ini bisa membantu Anda mewujudkannya, karena dibandingkan bathtub, shower jauh lebih hemat air.

Sikat Toilet

Salah satu peralatan lain yang harus Anda miliki adalah sikat toilet. Sikat toilet ini berfungsi untuk membersihkan kloset, dinding sampai pada lantai kamar mandi. Jika sikat toilet tidak ada, maka Anda akan merasa kesusahan untuk membersihkan kamar mandi, sehingga kamar mandi menjadi bau dan kotor. Ada banyak sekali jenis sikat yang beredar di pasaran dan Anda bisa memilih jenis sikat yang Anda sukai.

Wastafel

Satu lagi peralatan yang sebaiknya ada dalam kamar mandi Anda adalah wastafel. Wastafel berguna untuk mencuci tangan, membasuh muka, menggosok gigi ataupun mencukur bagi pria. Untuk melengkapi fungsi wastafel, ada baiknya jika Anda menaruh cermin di dinding bagian atasnya dan sabun untuk mencuci tangan atau muka.

Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi jelas harus ada dalam sebuah kamar mandi. Lengkapi kamar mandi Anda dengan perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, sikat dan pasta gigi, lulur, dan perlengkapan kamar mandi lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing.

**

Nah, itulah beberapa perlengkapan dan peralatan kamar mandi yang seharusnya Anda miliki. Selain beberapa peralatan dan perlengkapan di atas, masih adalagi beberapa peralatan lain seperti gantungan handuk ataupun pot untuk bunga. Hanya saja, jika Anda tidak pintar merawat dan menjaga peralatan atau perlengkapan kamar mandi itu, maka kamar mandi bisa menjadi kotor, dan peralatannya pun banyak yang rusak.

Untuk itu, Anda perlu merawat segala peralatan dan perlengkapan kamar agar selalu bersih dan tidak cepat rusak. Jika Anda bisa merawatnya dengan baik, maka Anda tidak akan lagi menemukan kloset kotor ataupun bathtub menguning.

Semoga tips ini bermanfaat.