Loading...

Khasiat dan Manfaat dari Tanaman Obat Mengkudu

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Mengkudu atau dalam berbagai bahasa disebut dengan istilah Aceh : Keumeudee, Jawa : Pace, Kemudu, Kudu, Sunda : Cangkudu, Madura : Kodhuk, Bali : Tibah adalah merupakan tanaman obat yang aslinya berasal dari daerah Asia Tenggara, tergolong ke dalam famili Rubiaceae.

Nama lain untuk tanaman ini sesuai dengan negara penghasil terbanyak buah Mengkudu adalah Noni (bahasa Hawaii), Nono (bahasa Tahiti), Nonu (bahasa Tonga), Ungcoikan (bahasa Myanmar) dan Ach (bahasa Hindi).

Tanaman ini tumbuh subur di dataran rendah sampai pada ketinggian 1.500 m. Tinggi pohon Mengkudu rata – rata mencapai 3 – 8 m, mempunyai bunga bongkol berwarna putih dan buah muda berwarna hijau mengkilap, memiliki totol – totol hitam, namun saat sudah tua, buah mengkudu berwarna putih kekuning – kuningan dengan bintik – bintik hitam semakin jelas.

Loading...

Khasiat dan Manfaat dari Tanaman Obat Mengkudu

Adapun khasiat kesehatan dari sebutir buah mengkudu untuk tubuh anda dapat dijelaskan sebagai berikut :

1). Daya tahan tubuh

Buah mengkudu matang mempunyai keseimbangan sempurna dari kandungan vitamin, mineral, asam amino, peptida dan enzim. Nutrisi – nutrisi tersebut sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan rutin minum jus mengkudu bisa membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Dikarenakan buah mengkudu kaya akan antioksidan alami seperti vitamin E dan koenzim Q10 yang sangat diperlukan tubuh.

2). Anti inflamasi

Sari buah mengkudu mempunyai sifat anti inflamasi sudah terbukti mampu mencegah terjadinya berbagai sakit karena peradangan. Bagus juga dipakai untuk menurunkan resiko terkena serangan jantung.

3). Analgesik

Buah mengkudu berfungsi bagus sebagai obat penghilang rasa sakit, di samping daunnya dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala. Dari dahulu banyak orang memakai daun buah mengkudu sebagai obat alami dalam meredakan nyeri sendi. Mengkudu mempunyai kandungan analgesik paling tinggi yaitu 75 % efektif sebagai morfin sulfat dalam mengurangi nyeri sendi.

4). Melawan kuman

Kandungan senyawa seperti antrakuinon, skopoletin dan terpena pada buah mengkudu mempunyai sifat antibakteri, anti jamur dan antiparasit yang bagus untuk memelihara kesehatan kulit wajah dan tubuh.

5). Anti kanker

Penelitian kesehatan telah menyatakan bahwa adanya senyawa 2 – methoxy -1,3,6 – trihydroxyanthraquinone pada buah mengkudu matang yang berfungsi baik untuk mencegah kerusakan DNA dan kanker serta bagus digunakan untuk menjaga sel – sel sehat dalam tubuh.

6). Mengendalikan tekanan darah

Makan buah mengkudu terutama dalam bentuk jus, buah segar atau suplemen oleh dokter dan pakar kesehatan sangatlah dianjurkan, karena di dalamnya banyak kandungan nutrisi yang dapat mencegah anda terkena hipertensi. Tekanan darah akan menjadi lebih stabil.

7). Hipertensi

Dua buah mengkudu yang masak di pohon dan satu sendok makan madu dapat diolah menjadi jus yang memiliki manfaat selangit. Cara membuatnya, buah mengkudu diblender untuk diambil airnya, lalu campur dengan madu sampai merata dan saring kembali. Minum secara rutin dua hari sekali.

**

Demikianlah ulasan singkat dari sejuta manfaat yang diberikan oleh buah mengkudu untuk kesehatan tubuh anda, dimana manfaat mengkudu mempunyai khasiat utama sangat lengkap, bisa untuk kecantikan terutama sebagai penyubur rambut sehingga anda mempunyai rambut tidak hanya indah dilihat namun sehat.

Tanaman ini banyak dibudidayakan oleh petani dan juga orang – orang awam di rumah (dalam pekarangan atau halaman rumah) sebagai tanaman herbal dengan sejuta manfaat kesehatan.